Sponsors Link

6 Aplikasi yang Jarang Digunakan Tapi Bermanfaat

Sponsors Link

Mencari informasi yang berkaitan dengan aplikasi Android yang berguna untuk sehari-hari merupakan hal yang sangat mudah. Namun apakah terpikirkan oleh Anda untuk mencoba mengetahui apa saja aplikasi yang jarang digunakan tapi bermanfaat? Siapa yang menyangka bahwa ternyata ada beberapa aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan orang lain tidak mengetahui aplikasi ini padahal aplikasi tersebut sudah terinstall di smartphonenya. Bahkan beberapa diantara aplikasi tersebut sama sekali tidak pernah digunakan.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang enggan menggunakan aplikasi ini. Ada yang memang tidak mengetahui jika smartphone yang mereka gunakan sudah memiliki aplikasi bawaan. Ada juga yang tidak menggunakan aplikasi tersebut karena memang ia tidak memerlukannya. Lalu apa saja aplikasi yang jarang digunakan tapi bermanfaat? Di bawah ini akan kami berikan penjelasannya khusus untuk Anda.

1. Quick Reboot

Aplikasi yang jarang digunakan tapi bermanfaat yang akan kami jelaskan pertama adalah Quick Reboot. Dari namanya Anda sudah bisa menebaknya bahwa aplikasi ini nanti akan membuat proses restart atau reboot menjadi lebih cepat. Aplikasi ini nanti akan benar-benar memaksimalkan penggunaan tombol power. Dengan menggunakan Quick Reboot, Anda bukan hanya sekedar menyalakan maupun mematikan smartphone Anda.

Aplikasi ini nanti juga bisa membuat Anda masuk ke recovery modedownload mode, dan bahkan screenshot. Dengan semua fungsi yang dimilikinya, ternyata Quick Reboot jarang digunakan. Mungkin alasan mengapa orang tidak menggunakannya karena sudah ada aplikasi lain yang lebih populer atau karena memang tidak tahu bahwa ada sebuah aplikasi canggih yang akan membantu pekerjaan Anda karena lebih cepat dalam melaksanakan tugas-tugas tadi.

Alasan lain mengapa orang enggan menggunakan Quick Reboot adalah karena aplikasi ini meminta ponsel Anda untuk di-root terlebih dahulu. Otomatis, Anda harus mendownload aplikasi root atau bisa membawanya ke tempat servis untuk di-root dan barulah Anda bisa menginstall aplikasi ini.

2. Dashlane

Aplikasi kedua yang juga jarang sekali digunakan atau bahkan hampir tidak pernah adalah Dashlane. Keunggulan dari aplikasi ini adalah Anda bisa langsung menyimpan beberapa password yang Anda miliki secara aman. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir apakah password yang sudah Anda simpan tadi akan mudah untuk diretas orang atau tidak.

Keunggulan lain yang mungkin hanya dimiliki oleh Dashlane adalah aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk mengetahui aplikasi apa saja yang pernah kita gunakan dengan menggunakan password. Jadi, ketika Anda ingin login pada aplikasi tersebut bisa langsung terisi otomatis alias autofill. Kecanggihan yang dimiliki oleh aplikasi ini nampaknya tidak membuat para pengguna android maupun iOS terkesima.

Padahal dengan memanfaatkan Dashlane maka Anda bisa memperoleh semua kemudahan dalam menyimpan password Anda. Jika Anda ingin mencoba menggunakan Dashlane, silahkan Anda download di Play Store maupun juga toko aplikasi Android selain Play Store. Anda tinggal mengetikkan nama ‘Dashlane’ di kolom pencarian dan install aplikasi ini seperti Anda menginstal aplikasi yang lainnya.

3. Google Play Music

Aplikasi yang jarang digunakan tapi bermanfaat diurutan ketiga adalah Google Play Music. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi musik yang ada di android. Memiliki tampilan yang berbeda dengan aplikasi yang memiliki fungsi sejenis seharusnya membuat banyak orang lebih menggunakan Google Play Music dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.

Akan tetapi, Google Play Music masuk ke dalam aplikasi yang memang jarang digunakan. Untuk alasan mengapa para pengguna enggan menggunakan aplikasi buatan Google ini karena mungkin mereka tidak tahu jika di smartphonenya terinstall aplikasi ini. Selain itu, hp yang mereka gunakan seperti Xiaomi, Samsung, Vivo, dan lain-lain sudah memiliki aplikasi pemutar musik bawaan.

Maka dari itu, para pengguna hp pintar lebih memilih menggunakan aplikasi pemutar musik bawaan dibandingkan harus menggunakan Google Play Music. Namun sesekali Anda bisa mendengarkan lagu melalui aplikasi ini dan Anda bisa melihat sendiri beberapa perbedaan yang dimilikinya dibandingkan dengan aplikasi sistem yang ada di smartphone Anda.

4. Blackberry Hub

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini hanya diperuntukkan oleh para pengguna Blackberry. Beberapa tahun yang lalu para pengguna Blackberry memang semakin banyak. Bahkan jika seseorang memiliki hp yang bukan Blackberry masih belum dikatakan orang tersebut memiliki selera hp yang baik. Blackberry sendiri telah menyediakan sebuah aplikasi yang bernama Blackberry Hub.

Apa keunggulan dari aplikasi ini? Blackberry Hub akan membuat Anda bisa langsung menyimpan seluruh notifikasi atau pemberitahuan pada satu tempat. Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya diperuntukkan oleh para pengguna Blackberry. Dan ternyata aplikasi yang satu ini juga sudah tersedia untuk aplikasi BBM untuk Anda yang menggunakann android meskipun aplikasi BBM sendiri sudah mulai banyak ditinggalkan karena masih kalah dengan WhatsApp maupun juga Instagram dan aplikasi sejenis.

5. Disa

Apakah Anda tahu bahwa ada sebuah aplikasi yang bernama Disa? Perlu dipahami bahwa sebenarnya Disa memiliki fungsi yang sama dengan Blackberry Hub yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Hanya saja, aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk menyimpan berbagai pemberitahuan yang berasal dari Facebook, SMS, atau juga WhatsApp. Untuk Anda yang tertarik mencoba menggunakan Disa, silahkan dapatkan di toko aplikasi yang ada di smartphone Anda.

6. Parallel Space

Aplikasi yang keenam dan juga jarang digunakan adalah Parallel Space. Meskipun begitu, di awal kemunculannya membuat aplikasi ini memiliki banyak pengguna. Hal ini karena fungsi dari Parallel Space adalah untuk membuat aplikasi ganda. Jadi, Anda bisa memiliki dua aplikasi WhatsApp dalam satu hp dengan nomor yang berbeda.

Dengan alasan inilah mengapa banyak orang yang tertarik terhadap aplikasi tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, para vendor smartphone juga sudah menyematkan fitur untuk menggandakan aplikasi yang bahkan jauh lebih mudah karena Anda tinggal mengklik dan menentukan aplikasi mana yang ingin digandakan. Pada akhirnya, Parallel Space sudah ditinggalkan dan mungkin sekarang sudah tidak ada orang yang menggunakannya ketika membeli smartphone keluaran terbaru.

Demikian informasi terkait aplikasi yang jarang digunakan tapi bermanfaat. Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi lainnya yaitu:

  • MacroDroid
  • Screenshot Corp and Share
  • Zenly
  • KLWP
  • Stich and Share
  • FooView, dan lain sebagainya
, , , ,
Oleh :
Kategori : Aplikasi