Sponsors Link

Catat! 5 Cara Agar Hp Bekas Laku Dijual dengan Cepat

Sponsors Link

Siapa yang sering ganti hp? Saat ini, kemajuan smartphone sudah bisa dikatakan tidak bisa diprediksi. Setiap tahun selalu ada saja berbagai jenis-jenis smartphone yang muncul lengkap dengan berbagai teknologi dan fitur yang ditawarkan. Banyak pabrikan smartphone seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, dan lain sebagainya berlomba agar bagaimana caranya bisa mengeluarkan smartphone terbaik mereka untuk memikat hati para konsumen.

ads

Bahkan, beberapa pabrik smartphone seperti Xiaomi tidak ragu mengeluarkan hp canggih dengan harga yang murah. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu hp termurah di Indonesia dengan teknologi yang canggih. Akan tetapi, tetap saja semua pabrik smartphone akan terus melakukan inovasi untuk semakin meningkatkan kualitas dan memiat para konsumen.

Dengan sering munculnya produk baru, maka menuntut kita untuk sebisa mungkin ganti  hp minimal 3 sampai 5 tahun sekali. Nah, bagi anda yang ingin menjual hp anda, maka kami sarankan untuk mempelajari tips seputar cara agar hp bekas laku dijual. Tips yang akan kami bagikan kali ini akan sangat bermanfaat agar supaya hp bekas anda tersebut tetap dibayar dengan harga yang cukup tinggi meskipun tidak sampai benar-benar mendekati harga asli.

1. Bersihkan hp anda

Cara agar hp bekas laku dijual yang pertama kali harus anda lakukan yaitu bersihkan hp anda. Ini merupakan sebuah langkah awal dan tidak boleh anda lewatkan. Seseorang yang akan membeli hp anda tentu pertama kali yang akan mereka lihat adalah seberapa bersih hp anda tersebut. Hp yang bersih akan berpengaruh terhadap minat pembeli karena mereka bisa menilai seberapa menarik dan bagus hp anda untuk dibeli.

Selain itu, cara dasar ini juga bisa berpengaruh terhadap harga yang akan anda dapatkan. Maka dari itu, sebelum anda memutuskan untuk menjual hp bekas anda tersebut, maka bersihkan terlebih dahulu agar supaya pembeli merasa tenang dan yakin bahwa kondisi hp anda masih bagus dan layak untuk ditawar.

Bagian yang harus anda bersihkan seperti body, layar, dan juga baterai meskipun tidak harus benar-benar melepas baterai jika ia baterai tanam. Anda harus memastikan tidak ada kotoran atau debu yang masih menempel di layar maupun casing hp. Jika anda menggunakan pelindung hp seperti silikon atau sejenisnya, anda bisa melepasnya agar pembeli bisa langsung melihat sendiri kondisi asli smartphone anda. Untuk semakin menigkatkan nilai jual, anda bisa mengganti kaca anti gores jika memang kondisinya sudah banyak yang baret.

2. Lengkapi perlengkapan bawaan hp

Untuk tips kedua ini juga memiliki pengaruh terhadap nilai jual dari hp anda. Bahkan, ia memiliki pengaruh yang cukup signifikan yang akan menentukan seberapa mahal hp anda nantinya. Kebanyakan atau semua orang yang membeli hp sudah barang kali ingin mendapatkan hp dengan segala kelengkapannya. Mereka menginginkan hp tersebut lengkap dengan charger ori, USB, buku panduan asli, dan juga bungkus atau biasa orang menyebutnya dosbook.

Terlebih lagi jika hp anda sudah dilengkapi dengan aksesoris hp yang paling laris di pasaran, maka nilai jualnya pun akan semakin tinggi. Jika ternyata perlengkapan hp anda tidak lengkap, khususnya perlengkapan utama ketika anda membeli hp tersebut, maka nilai jualnya bisa turun dan bahkan turun secara drastis. Maka yang harus anda lakukan adalah dengan mengumpulkan semua perlengkapan yang dimiliki hp anda ketika pertama kali anda membelinya. Dengan begitu, pembeli bisa langsung menilai bahwa memang hp anda masih dalam kondisi lengkap. Selain itu, pembeli juga bisa meyimpulkan bahwa kemungkinan besar anda membeli hp tersebut dalam kondisi baru dan bukan membeli hp bekas lalu menjualnya kembali.

3. Kemas dengan rapi

Setelah anda selesai membersihkan dan mengumpulkan semua perlengkapan yang ada, maka cara agar hp bekas laku dijual selanjutnya adalah mulailah proses pengemasan. Anda harus mengemas hp anda tersebut dengan baik dan rapi. Bahkan anda bisa mengemasnya seperti kondisi awal ketika anda membeli hp tersebut. Anda harus mengikat kabel, seperti charger dan USB maupun headsat. Pastikan juga bahwa kemasan yang ada dalam dus masih dalam kondisi rapi. Dengan membawa dalam kondisi kemasan yang rapi, pembeli akan langsung terkesan ketika pertama kali membukanya. Cara ketiga ini kemungkinan besar juga bisa meningkatkan daya jual hp anda tersebut sehingga bisa memberikan keuntungan kepada anda.


4. Hapus semua data

Tips keempat yang tidak kalah penting yaitu anda harus menghapus semua data anda. Tujuan anda adalah menjual hp dan bukan menggadaikannya, jadi anda harus benar-benar menghapus seluruh data anda secara permanen. Artinya, anda harus melakukan reset dan mengembalikan kondisi hp seperti ketika pertama kali membelinya. Jangan lupa sebelumya anda harus memindah data anda terlebih dahulu di memori eksternal atau bisa memindahkannya ke Google Drive.

Menghapus data pada hp juga menjadi salah satu cara setting hp android agar tidak lemot. Ruang penyimpanan pada hp juga longgar. Ketika pembeli memeriksa hp anda, ia akan merasakan bahwa hp anda tidak lemot dan nyaman ketika digunakan untuk membuka aplikasi.

5. Pasang harga yang sesuai

Cara yang kali  ini harus anda lakukan juga berdampak signifikan terhadap harga jual hp anda. Penting untuk mematok harga yang sesuai dan wajar agar pembeli juga tidak berpikiran bahwa harga tersebut kemahalan. Anda bisa mematok harga lebih mahal sedikit dibandingkan harga biasa. Nanti, sudah pasti pembeli akan melakukan penawaran dan anda juga harus terbuka terhadap penawaran yang anda.

Sebelumnya, carilah informasi di internet mengenai harga terbaru dari hp anda tersebut. Nanti anda bisa memperoleh informasi tentang harga baru dan harga bekas dari hp anda. Dengan begitu, anda bisa menentukan sendiri kira-kira berapa harga yang anda patok. Jangan sampai  anda memasang harga terlalu tinggi meskipun anda sebenarnya baru menggunakan hp anda tersebut beberapa bulan. Yang terpenting jangan lupa untuk  selalu berpatokan pada harga hp baru dan bekas yang anda miliki.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara agar hp bekas laku dijual. Semoga informasi ini bermanfaat.

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trick