Sponsors Link

4 Cara Agar Hp Tidak Disadap Pinjaman Online

Sponsors Link

Bagaimana cara agar hp tidak disadap pinjaman online? Saat ini perkembangan di dunia teknologi sudah sangat maju. Berbagai macam vendor hp seperti Xiaomi, Apple, Samsung, dan lain sebagainya seolah berlomba untuk bagaimana menciptakan sebuah smartphone yang canggih dengan berbagai fitur yang disematkan pada smartphone tersebut. Selain itu, pabrik smartphone tersebut juga berusaha mengembangkan sistem keamanan yang sulit untuk ditembus.

Hal ini bertujuan untuk melindungi data atau informasi penting pengguna agar supaya tidak sampai tersebar yang tentunya dapat merugikan pengguna smartphone tersebut. Meskipun begitu, terkadang sistem keamanan yang dibuat masih saja bisa ditembus. Memang ada banyak cara untuk menyadap dan mengambil data atau informasi penting si pengguna. Salah satunya adalah melalui aplikasi pinjaman online.

Terkadang ada saja aplikasi pinjaman online yang malah menyadap isi atau data yang ada di smartphone korban. Lalu bagaimana cara agar hp tidak disadap pinjaman online? Bagi anda yang ingin mengetahui jawabannya, maka simak penjelasan kami di bawah ini. Dengan memahami informasi ini diharapkan anda bisa lebih berhati-hati dan lebih menjaga data atau privasi anda akan tidak sampai disadap atau dibobol orang lain.

1. Gunakan aplikasi pinjaman online terpercaya

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk melindungi hp anda agar tidak disadap pinjaman online adalah dengan menggunakan aplikasi yang memang sudah terpercaya. Kita tahu bahwa ada banyak aplikasi pinjaman online yang tersebar di luar sana. Dengan banyaknya jumlah aplikasi tersebut, maka seharusnya anda tidak bisa secara sembarangan menggunakan aplikasi tersebut. Meskipun terkadang aplikasi pinjaman yang anda terlihat aman dari segi profilnya, namun bukan berarti ia aman digunakan.

Lalu apa yang harus anda lakukan? Pertama, coba anda gunakan aplikasi yang memang sudah banyak digunakan. Kemudian anda bisa mengecek sendiri apakah para pengguna aplikasi tersebut nyaman dan tidak pernah mengalami keluhan, khususnya mengenai data-data mereka. Jika tidak, maka cobalah anda menggunakan aplikasi tersebut untuk kebutuhan pinjaman online anda. Dengan begitu, maka resiko hp anda disadap bisa diminialisir.

2. Jangan sembarang memberikan izin ke aplikasi

Cara kedua yang juga harus anda lakukan agar supaya hp anda tidak sampai disadap oleh aplikasi pinjaman online adalah jangan sembarangan memberikan izin. Perlu anda tahu bahwa smartphone sudah memiliki sistem keamanannya masing-masing terhadap aplikasi yang hendak diinstall. Ketika anda selesai mengunduh aplikasi apapun, apakah itu aplikasi edit video vlog di Android, aplikasi Android penghasil uang, maupun juga aplikasi pinjaman online, pastikan bahwa anda memperhatikan izin yang anda berikan.

Izin yang diberikan bermacam-macam. Ada yang meminta izin untuk mengaktifkan GPS anda agar mengetahui lokasi anda, ada yang meminta agar bisa terhubung dengan kontak maupun galeri agar aplikasi tersebut bisa berjalan dengan baik. Yang perlu anda lakukan adalah dengan memperhatikan kebutuhan aplikasi tersebut dengan izin yang anda berikan.

Jika anda merasa bahwa aplikasi yang anda gunakan malah meminta untuk terhubung ke kontak, foto, maupun hal-hal yang lain padahal seharusnya tidak perlu, maka sudah tentu anda harus menolaknya alias tidak memberikan izin agar aplikasi tersebut bisa mengakses foto maupun juga kontak anda. Jika anda tetap memberikan akses terhadap foto, kontak, maupun hal-hal lain yang bersifat privasi, maka hal ini akan rawan terjadi pembobolan atau penyadapan. Maka dari itu, anda harus jeli dan benar-benar memperhatikan kebutuhan aplikasi yang anda gunakan. Jangan sampai anda memberikan semua akses terhadap aplikasi tersebut yang malah nanti akan merugikan diri anda sendiri.

3. Uninstall uplikasi tersebut

Untuk cara agar hp tidak disadap pinjaman online yang ketiga adalah jika anda merasa bahwa aplikasi pinjaman online tersebut mencurigakan. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah pada waktu itu hp kita sedang disadap atau tidak. Beberapa cara yang bisa diketahui tersebut ada yang memang bersifat umum dan juga khusus. Beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa smartphone anda sudah mulai disadap dengan menggunakan aplikasi antara lain:

  • Baterai anda tiba-tiba boros: Padahal pada waktu itu kondisi smartphone anda sedang tidak digunakan. Hal ini menunjukkan bahwasanya aplikasi tersebut sudah mulai bekerja untuk mengotak-atik informasi yang ada pada smartphone anda. Dengan kata lain, ketika anda merasa bahwa baterai smartphone anda boros padahal baterai tersebut tidak mengalami masalah apapun, maka anda sudah harus mulai waspada.
  • Kuota internet cepat habis: Smartphone yang sudah terindikasi terkena penyadapan akan membuat paket internetnya cepat habis. Hal ini dikarenakan aplikasi yang sudah menyadap anda tersebut membutuhkan koneksi internet untuk terhubung ke server.
  • Hp cepat panas: Hp yang cepat panas juga bisa menjadi salah satu tanda yang menunjukkan bahwa hp andas sudah mulai terkena sadap.
  • Hp lemot: Penyebab hp lemot saat membuka aplikasi bisa juga karena pada waktu itu hp anda sedang disadap.

Masih banyak tanda-tanda yang lainnya, tergantung seperti apa kondisi yang terjadi pada smartphone anda. Maka dari itu, anda tinggal menguninstall aplikasi tersebut. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengunstallnya tergantung jenis smartphone yang anda gunakan. Setelah anda copot aplikasi tersebut, maka cara selanjutnya yang harus anda lakukan adalah merestart hp anda.

Adapun tujuan dari melakukan restart ini adalah untuk menghilangkan kemungkinan bekas file yang mungkin masih ada ketika anda mengunstall aplikasi tersebut. Selain itu, anda juga bisa menggunakan aplikasi antivirus Android terbaik untuk mendeteksi apakah masih ada hal-hal yang mencurigakan yang ada pada smartphone anda.

4. Melakukan reset 

Cara agar hp tidak disadap pinjaman online yang terakhir adalah dengan melakukan reset. Namun sebelum itu, pastikan bahwa anda sudah memback-up data-data penting yang ada di smartphone anda. Tujuannya agar data anda tersebut tidak sampai hilang ketika anda selesai melakukan reset. Dengan mengembalikan kondisi smartphone anda seperti setelan pabrik, maka smartphone anda akan kembali aman.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kewaspadaan anda untuk menjaga data-data penting di smartphone agar tidak mudah disadap.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick