Sponsors Link

4 Cara Agar Silikon Hp Tidak Berubah Warna dan Kusam

Sponsors Link

Semua orang saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Namun, penggunaan hp tersebut juga harus dipikirkan mengenai kegunaan jangka panjang. Jangan sampai menggunakan hp tanpa melakukan perawatan dan penanganan yang terbaik agar hp tersebut tidak mengalami masalah. Salah satu akibat dari penggunaan hp yang sembarangan adalah menyebabkan hp lemot. Selain itu, terkadang seseorang juga membiarkan silikon hpnya berubah warna atau terlebih kusam.

ads

Kita tahu bahwa silikon hp bukan hanya sekedar untuk menghiasi hp anda agar tampilannya lebih menarik. Silikon hp dibuat untuk melindungi hp anda ketika tanpa sengaja terjatuh. Semua merk hp seperti Samsung, Apple, Xiaomi, dan lain sebagainya pun terkadang menyelipkan silikon hp pada produk mereka. Jadi, ketika anda membeli salah satu dari produk mereka, maka anda akan sekaligus mendapatkan silikon hp.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis casing hp yang saat ini beredar di pasaran. Jika anda ingin mengetahui apa saja jenis dari casing hp tersebut, maka silahkan akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Hardcase

Hardcase adalah jenis case hp yang memiliki struktur atau material yang keras. Biasanya, hardcase ini lebih dikenal dengan casing hp yang langsung menjadi satu dengan bodi hp.

Memang, ada beberapa aksesoris hp yang berguna untuk melindungi anda, seperti penggunaan tempered. Namun, penggunaan silikon juga tidak bisa anda abaikan karena ketika hp anda jatuh, maka silikon inilah yang akan melindungi hp anda dengan meminimalisir benturan yang terjadi. Selain itu, hardcase juga merupakan jenis casing atau pelindung hp yang ringan.

Bahkan, ada beberapa orang yang berpendapat jika mereka serasa tidak menggunakan hardcase sama sekali karena saking ringannya hardcase tersebut. Jadi, penggunaan hardcase sangat disarankan bagi anda yang ingin melinduni hp anda namun masih ingin tampilan hp yang tetap terjaga. Penggunan jenis casing ini juga sering dipakai oleh mereka yang memiliki smartphone dengan body yang tipis.

  • Softcase

Untuk softcase, ia merupakan jenis casing hp yang paling sering digunakan. Bahkan beberapa perusahaan smartphone sudah memberikannya secara cuma-cuma alias gratis ketika anda membeli produk mereka. Pemasangannya pun tidak sulit karena anda hanya perlu memasangkannya seperti biasa. Hal ini karena softcase dibuat dari bahan seperti jelly.

Sementara itu untuk silikon, ia masuk ke dalam kategori softcase. Silikon memiliki tekstur yang lentur dan elastis sehingga bisa menyesuaikan dengan ukuran hp. Namun, penggunaan softcase ini juga harus diperhatikan karena malah bisa menjadi kusam. Bahkan, softcase atau silikon bisa berubah warna dan menjadi sarang kuman atau bakteri.

Lalu bagaimana cara agar silikon hp tidak berubah warna? Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah dengan membiasakan merawat silikon hp anda tersebut. Cara merawatnya bisa anda bersihkan setiap saat dan juga bisa anda cuci ketika sudah mulai terasa agak kusam. Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara yang harus anda lakukan agar silikon hp tidak berubah warna.

1. Siapkan bahan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan. Ingat, bahan yang anda siapkan tersebut disarankan agar sesuai dengan apa yang kami jelaskan. Dengan begitu, maka penanganan silikon agar tidak berubah warna bisa benar-benar anda laksanakan. Apa saja barang tersebut? Berikut ini jawabannya.

  • Siapkan air secukupnya
  • Siapkan mangkuk berukuran kecil. Namun anda bisa menggantinya dengan berukuran besar, tergantung kebutuhan anda.
  • Siapkan cairan pemutih baju. Jika anda tidak menemukan, maka bisa anda ganti dengan cairan pembersih perkakas.
  • Siapkan kanebo atau kain kering. Pastikan kain atau kabeno yang anda siapkan dalam kondisi bersih dan tidak ada bekas kotoran yang masih basah.
  • Yang terakhir, anda harus menyiapkan sikat kecil. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas.

2. Masukkan cairan pemutih pada air

Setelah anda siapkan bahan-bahan yang sudah kami sebutkan, maka mulailah proses pembersihan silikon. Yang harus anda lakukan adalah dengan menuangkan air ke dalam mangkuk secukupnya. Disarankan untuk menggunakan air kran dan pastikan air tersebut bersih. Setelah itu, anda masukkan cairan pemutih yang sudah anda siapkan. Ingat, jangan terlalu banyak memasukkan cairan tersebut. Anda harus menyesuaikan takarannya dengan kapasitas air yang ada pada mangkuk. Kemudian, anda aduk secara perlahan-lahan sampai cairan dan air tercampur merata. Anda bisa mengaduknya dengan menggunakan ujung sikat yang sudah anda siapakan tadi.


3. Gosok silikon dengan sikat

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mulailah menggosok silikon. Anda harus menggosoknya dengan menggunakan sikat gigi. Namun sebelum itu, anda siram silikon dengan air bersih dan lalu anda celupkan sikat ke air yang sudah tercampur dengan cairan pemutih. Kemudian, mulailah menggosok silikon secara perlahan-lahan.

Pastikan anda sudah menjangkau seluruh bagian silikon. Anda juga harus membersihkan jika anda noda yang menempel pada silikon anda yang terkadang tidak bisa hilang hanya dengan air biasa. Gosok secara perlahan-lahan dan tidak perlu terlalu kuat. Jika anda rasa sudah bersih, maka anda bisa membilasnya dengan air bersih. Namun, jika anda merasa bahwa masih ada noda atau warnanya masih belum seperti yang anda inginkan, maka anda bisa mengulangi dengan menggosoknya kembali.

4. Proses pengeringan silikon

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah masuk ke proses pengeringan silikon. Dikarenakan silikon dibuat dari bahan yang tipis, maka anda tidak perlu menjemurnya di bawah sinar matahari. Yang perlu anda lakukan adalah cukup mengelapnya dengan kanebo. Anda juga bisa mengelapnya dengan kain kering. Namun pastikan kain kering tersebut memiliki penyerapan air yang baik.

Anda tinggal mengelapnya sampai seluruh bagian pada silikon sudah kering atau minimal sedikit lembab. Setelah itu anda tunggu beberapa menit sampai benar-benar kering. Barulah kemudian anda bisa memasangkannya kembali ke hp anda.

Demikian penjelasan mengenai apa saja cara agar silikon hp tidak berubah warna. Di bawah ini ada informasi penting lainnya yang juga harus anda ketahui, yaitu:

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trick