Sponsors Link

8 Cara Kalibrasi Baterai iPhone Lengkap dengan Tipsnya

Sponsors Link

Bagaimana cara kalibrasi baterai iPhone? Semua orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya iPhone. Smartphone yang terkenal sebagai salah satu satu merk kelas tinggi ini merupakan salah satu merk yang sudah ada sejak dahulu dan bahkan sampai sekarang masih menduduki peringkat atas sebagai salah satu smartphone terbaik yang ada di dunia. Bersama dengan merk hp Samsung, iPhone terus mengeluarkan berbagai versi terbaru mereka yang tentunya untuk menyaingi produk keluaran Samsung.

Meskipun harga untuk iPhone lebih mahal dibandingkan dengan merk hp Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lain sebagainya, namun tetap saja merk ponsel satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan seolah-olah para pengguna iPhone semakin meningkat. Dibuat dari bahan yang tahan lama membuat iPhone sepertinya berpotensi kecil mengalami kerusakan. Terlebih harganya yang mahal memang seharusnya menunjukkan seperti apa kualitas dari hp merk Apple yang satu ini.

Akan tetapi, jika iPhone digunakan dengan sembarangan dan tanpa memperhatikan bagaimana cara merawat dan menjaga kondisi smartphone, maka sudah tentu smartphone tersebut akan mengalami masalah. Salah satu masalah yang bisa saja terjadi adalah baterai iPhone yang cepat habis alias bocor. Kondisi ini tentu saja membuat Anda kesulitan karena Anda tidak bisa mengoperasikan iPhone dalam waktu yang lama.

Namun jangan khawatir karena sebenarnya ada beberapa cara kalibrasi baterai iPhone yang bisa Anda lakukan. Meskipun begitu, cara ini juga tergantung pada seberapa parah kerusakan yang dialami oleh ponsel pintar Anda tersebut.

1. Kuras Baterai 

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengosongkan daya atau kapasitas baterainya. Cara ini merupakan salah satu cara terbaik yang ketika Anda tidak menggunakan hp tersebut dalam waktu yang lama. Cara tercepat untuk menguras daya baterai adalah dengan menghidupkan lampu flash, menonton video, meningkatkan kecerahan layar, dan lain sebagainya. Bahkan Anda juga bisa sesekali membuka game agar baterainya cepat terkuras. Lalu apa tujuan melakukan tindakan ini? Tujuannya tidak lain adalah mengosongkan baterai karena proses kalibrasi memang membutuhkan baterai dalam kondisi yang kosong.

2. Diam Baterai Kosong Tersebut

Setelah baterai sudah benar-benar terkuras dan hp Anda mati total, maka jangan langsung mengisi dayanya kembali. Yang harus Anda lakukan adalah dengan membiarkannya terlebih dahulu selama beberapa jam. Ingat, jangan langsung mengisi daya baterai ketika selesai terkuras habis. Namun ada yang berpendapat bahwa langkah ini bisa dilewati jika memang Anda tidak bisa membiarkan smartphone Anda tidak digunakan karena mungkin ada banyak urusan kerja di sana.

3. Lakukan Pengisian iPhone

Cara kalibrasi baterai iPhone yang ketiga adalah dengan mulai proses pengisian baterainya. Tentu Anda harus benar-benar mengisi baterai tersebut sampai nanti indikator baterai mencapai 100%. Nanti smartphone Anda akan menyala secara otomatis ketika daya baterai memang dirasa sudah cukup untuk bisa kembali menghidupkan hp Anda.

Ketika proses start, jangan lupa untuk menekan tombol Wake/Sleep kemudian Anda harus menggesernya menggunakan jari Anda ke posisi off. Mengapa Anda harus menggesernya ke off? Hal ini tidak lain karena pada dasarnya smartphone akan lebih cepat pengisian dayanya ketika dalam kondisi mati dibandingkan ketika smartphone tersebut dalam kondisi menyala. Biasanya iPhone membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk bisa benar-benar terisi 100%.

4. Lakukan Reset

Cara keempat yang harus Anda lakukan yaitu dengan mereset iPhone Anda. Langkahnya dengan menekan tombol Wake/Sleep dan juga tombol Home dalam waktu yang bersamaan. Ingat, lepaskan kabel charger ketika Anda melakukan proses ini karena memang sebelumnya baterai sudah terisi penuh. Anda tinggal melakukan reset dan mengembalikan kondisi iPhone seperti kondisi awal.

Ada informasi penting yang tidak boleh Anda lupakan. Sebelum Anda mulai melakukan proses reset iPhone, pastikan Anda sudah memindah seluruh data Anda ke tempat yang aman. Anda bisa mem-backupnya agar supaya data-data Anda tidak sampai hilang. Dengan begitu, ketika proses reset selesai, Anda tinggal mengembalikan apa saja file atau aplikasi yang ingin Anda gunakan kembali.

Tips Agar Baterai iPhone Awet

Setelah mempelajari tentang bagaimana cara kalibrasi baterai iPhone, maka di bawah ini kami telah menyiapkan informasi penting tentang apa saja tindakan yang perlu Anda lakukan untuk menghemat baterai dan membuatnya tidak cepat habis alias boros.

1. Jangan sembarang menggunakan charger

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah jangan sembarangan dalam menggunakan charger. Smartphone yang kita gunakan sudah memiliki chargernya sendiri-sendiri sehingga Anda tidak mungkin secara sembarangan menggunakan charger orang lain meskipun memiliki konektor yang sama.

2. Colok adapter dulu baru ke iPhone

Tips yang kedua ini merupakan sebuah tips yang sangat sederhana. Anda hanya perlu membiasakan untuk mencolokkan adapter charger terlebih dahulu ke  sumber listrik. Kemudian barulah Anda mulai memasukkan kabel charger ke iPhone. Lalu apa tujuannya? Adapun tujuan melakukan tips ini adalah untuk menghindarkan smartphone dari terkena listrik kejut yang bahkan bisa menyebabkan hp tersebut malah mati total.

3. Jangan gunakan iPhone ketika dicharge 

Sebenarnya untuk tips yang ketiga ini tidak jauh berbeda dengan ketika Anda ingin merawat hp Anda. Kebiasaan kita adalah menggunakan hp padahal pada waktu itu kondisinya masih sedang diisi baterainya. Memang kebiasaan seperti ini terkesan biasa, namun jika dilakukan secara terus-menerus maka bukan tidak mungkin iPhone malah mengalami masalah, terlebih masalah tersebut jika berkaitan dengan baterai maupun komponen penting lainnya.

4. Jangan gunakan ketika panas

Perlu Anda tahu bahwa ketika iPhone terasa panas, maka jangan sekali-kali Anda menggunakannya. Mengapa? Karena seperti yang Anda tahu bahwa ketika smartphone mulia panas, maka bisa mengakibatkan konsumsi baterai menjadi meningkat. Tidak heran jika iPhone digunakan sekali saja malah mengalami masalah.

Maka dari itu, ketika Anda merasakan bahwa smartphone sudah mulai panas, Anda harus segera menghentikan penggunaannya. Jangan sampai nanti malah terlanjur dan malah smartphone Anda terkena berbagai masalah. Jadi, biarkan sampai nanti hp Anda dingin atau Anda bisa mematikannya beberapa saat agar supaya seluruh sistem bisa kembali seperti awal. Ketika sudah dingin, Anda bisa mulai menggunakannya namun tetap harus hati-hari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick