Sponsors Link

6 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android yang Tidak Berfungsi

Sponsors Link

Ketika anda sedang bermain game, atau sedang menggunakan hp anda namun tiba-tiba layarnya sebagian tidak bisa berjalan lancar, anda pasti kesal dan ingin cepat-cepat mematikan fungsi dari semua hp anda. Namun, itu bukanlah cara yang tepat. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan, jika anda mengalami layar sentuh android yang tidak berfungsi sebagian. Berikut caranya :

ads

1. Bersihkan RAM

Sebenarnya cara yang satu ini, bisa di bilang paling ampuh di bandingkan dengan yang lainnya. Karena biasanya, layar hp yang tidak bisa di sentuh sebagian itu terjadi karena, RAM yang di jalankan tidak berjalan dengan baik. Untuk itu anda bisa gunakan Clener atau TuneUp, yang memang di sediakan di android. Jika anda mendownload aplikasi Cleaner, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi yang sudah anda download. Maka secara otomatis, aplikasi akan menjalankan dengan baik. Misalnya, scan seluruh perangkat android anda, dan akan menampilkan secara lengkap berapa jumlah junk file atau file sampah, dan berapa banyak RAM yang anda gunakan saat itu. Anda juga bisa lihat cara mengatasi RAM Hp yang penuh untuk membantu anda melihat dengan baik, prosesnya.
  • Pilih pada menu pengoptimal memori yang tujuannya untuk memberhentikan aplikasi yang tidak berguna, yang terlalu banyak anda gunakan. Inilah yang biasanya masih berjalan di balik layar, sehingga membuat RAM pada android anda jadi penuh dan berat. Yang bisa juga memberikan pengaruh pada layar hp anda.
  • Baru langkah yang terakhir, anda bisa menghapus semua file sampah. Anda mungkin juga bisa melihat cara mengatasi Hp Xiaomi Redmi 4X lemot Dengan kembali ke menu HOME pada aplikasi yang anda jalankan, lalu pilih junk file, setelah itu pilih bersihkan.

2. Menggunakan aplikasi MultiTouch Tester

JIka layar android anda tiba-tiba tidak dapat berjalan dengan baik sebagian, itu mungkin bukan berarti hp anda rusak dan harus di ganti sistemnya. Itu bisa berarti juga, memiliki masalah pada multitouch nya yang membuat layar pada androidmu rusak, atau tiba-tiba tidak bisa berfungsi dengan baik. Kalau itu yang kamu alami, berikut caranya yang bisa kamu lakukan :

  • Anda bisa mendownload MultiTouch Tester. Yang membantumu mengetahui, apakah android mu rusak pada layar atau tidak.
  • Setelah selesai mendownloadnya, buka aplikasinya dan selanjutnya anda harus menempelkan semua jari-jari anda pada layar. Aplikasi ini biasanya meminta 5 jari atau 10 jari anda. Untuk benar-benar memastikan, apakah layar pada android anda akan berjalan dengan lancar atau tidak.
  • Setelah itu, biasanya aplikasinya akan memberi tahu, apakah layar android anda memang benar-benar rusak atau tidak. Anda juga bisa melihat penyebab layar android tidak sensitif yang bisa menjadi rekomendasi untuk pengetahuan kita.

3. Jangan gunakan charger yang tidak sesuai dengan android anda

Kadang, karena panik anda cenderung akan langsung menggunakan charger hp tapi merk yang lain. Yang justru bukannya membuat hp jadi lebih baik layarnya, justru membuat android anda jadi hilang kendali, karena di paksa terhubung dengan saluran lain, yang bukan tipe nya. Karena biasanya, layar hp yang tidak bisa di gunakan sebagian, itu karena anda memasukkan daya yang tidak sesuai dengan kemampuan hp. Maka dari itu, jangan gunakan charger lain yang bukan charger asli dari android tersebut. Karena itu bisa berakibat sangat tidak baik untuk android anda.

4. Restrat ponsel android

Jika banyak cara sudah di lakukan namun, layar pada android anda tetap saja tidak bisa di gunakan dengan baik, cara yang terakhir mungkin menjadi cara yang ampuh. Apabila touchscreen anda tidak berfungsi dengan baik, anda bisa juga melihat cara memperbaiki touchscreen Android yang error yang bisa jadi bisa membantu. Jadi, ketika nadroid anda benar-benar tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya lakukan restrat pada android anda. Kemudian lepas SIM, Micro SD, dan batrey. Anda juga bisa gunakan langkah-langkah berikut :

  • Gunakan tombol power untuk merestrat ulang android anda. Di tekan penh, namun jangan terlalu kencang, sehingga membuat hp anda menjadikan fungsi nya yang kurang baik.
  • Lepas batrey, SIM, Micro SD, jika android benar-benar mati. Ini bertujuan agar, android anda benar-benar istirahat dalam waktu sebentar.
  • Jika anda merasa bahwa layarnya kurang baik, anda bisa membersihkan layar android anda menggunakan tisu yang di campur dengan alkohol isopropyl. Ini mungkin bisa jadi, memberikan pengaruh yang baik untuk layar hp anda, yang tiba-tiba tidak bisa di gunakan.
  • Jika semua sudah di lakukan, dan hp anda sudah beristirahat lumayan lama, anda bisa memasang kembali batrey, SIM, Micro SD yang tadi anda lepas.
  • Kemudian anda bisa menyalakan kembali hp anda.

5. Coba aktifkan GPU 2D Rendering

Cara ini mungkin juga bisa anda gunakan. Kemungkinan besar, layar pada android anda tidak bekerja dengan baik karena mengalami transisi yang buruk. Jadi, dengan mengaktifkan force GPU Rendering, mungkin akan membuat sistem pada android anda akan lebih ringan. Sehingga, membuat layar pada hp anda pun akan berjalan normal atau baik kembali. Cara mengaktifkannya :

  • Buka menu setting
  • Pilih Developer Option
  • Pilih Force GPU Rendering

Tapi, jika menu ini tidak ada dalam perangkat anda, anda bisa coba gunakan cara berikut :

  • Buka setting
  • About Phone
  • Build Number
  • Klik sampai 7 kali untuk mengaktifkan Developer Option

6. Masuk ke menu Safe Mode

Bisa di bilang ini adalah cara yang paling sederhana, karena sudah pasti semua orang bisa melakukan ini. Mungkin karena terlalu banyak menginstal banyak aplikasi, anda membuat layar pada hp anda tidak bisa berjalan lagi dengan baik. Faktor inilah yang membuat. layar pada android anda tidak bisa berfungsi dengan baik sebagian. Untuk itu anda bisa lakukan cara berikut :

  • Tekan tombol power
  • Pilih dan tahan lebih lama tombol power dengan hati-hati
  • Kemudian muncul Reboot to safe mode
  • Lalu klik OK.

Jika anda masuk pada menu safe mode, maka platform hanya akan menjalankan aplikasi bawaan saja sehingga sistem operasi yang berjalan lancar akan menjadi lebih ringan. Jadi cara ini juga bisa sangat efektif.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kita lakukan, jika layar pada android kita tidak bisa di gunakan sebagian. Semoga bermanfaat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trick