Sponsors Link

5 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android

Sponsors Link

Apakah anda tahu bagaimana cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di android? Untuk permasalahan yang satu ini mungkin tidak sedikit yang mengalaminya. Seringkali video yang sudah kita download menggunakan berbagai macam aplikasi browser malah tidak bisa dibuka. Padahal video tersebut sudah kita download menggunakan kuota internet dan memiliki kapasitas yang besar.

ads

Hal ini sudah pasti akan memberikan rasa jengkel dan frustasi. Selain itu, permasalahan video yang tidak bisa diputar juga terkadang dialami oleh mereka yang baru saja menggunakan aplikasi edit video terbaik android. Ketika susah payah mengeditnya untuk bisa menghasilkan video yang berkualitas baik, malah tidak bisa diputar di smartphone kita.

Lalu bagaimana cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di android tersebut? Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum mulai memperbaikinya. Ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan video anda tidak bisa diputar. Beberapa masalah tersebut antara lain:

  • File yang terkena virus
  • File yang sudah corrupt
  • Memori internal yang sudah penuh
  • Format video yang tidak sesuai, dan lain sebagainya

Berangkat dari permasalahan seperti ini, maka anda akan bisa mengetahui bagaimana langkah-langkah yang harus anda lakukan agar supaya video yang sudah anda unduh atau sudah anda edit bisa diputar kembali. Namun sebelum itu, silahkan anda simak penjelasan dari kami tentang aplikasi edit video vlog iPhone terbaik yang mungkin juga bisa menjadi informasi tambahan untuk anda.

1. Scan video anda

Cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di android adalah dengan menscan video anda tersebut. Mungkin anda belum tahu bahwa virus bisa menyerang bukan hanya sistem yang ada di android anda, virus juga bisa menyerang file-file anda yang menjadi salah satu sebab video tidak bisa dibuka atau diputar. Bayangkan saja jika virus sudah mulai menyerang ke file-file penting anda sehingga tidak bisa dibuka.

Lalu apa yang harus anda lakukan? Cobalah untuk melakukan scan atau pembersihan terhadap virus dengan cara mendownload aplikasi antivirus android terbaik yang bisa anda dapatkan di Play Store. Anda hanya perlu mengunduhnya dan kemudian akan secara otomatis tersimpan. Setelah itu, anda bisa melakukan scan terhadap seluruh file-file anda termasuk juga video anda tersebut.

Dengan begitu, jika memang video anda mengalami masalah karena virus, maka setelah discan maka akan langsung bisa dibuka. Namun, jika ternyata video anda masih tidak bisa dipakai. Maka kemungkinan permasalahan tersebut bukan disebabkan oleh virus sehingga anda harus mulai memikirkan cara lain.

2. Membersihkan memori internal

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa salah satu penyebab mengapa video tidak bisa dibuka adalah karena memori internal penuh. Biasanya, orang tanpa sadar ketika menggunakan smartphone mereka tanpa memikirkan kapasitas memori internal dan dengan santai mendownload berbagai aplikasi dan file. Kemudian, mereka tidak menyimpannya di memori eksternal atau tidak menghapus beberapa file yang memang sudah tidak digunakan.

Kondisi ini akan membuat memori internal semakin lama akan semakin penuh meskipun pada dasarnya smartphone anda memiliki kapasitas RAM yang besar. Selain itu, file-file sampah atau bug juga bisa menyebabkan memori internal anda penuh. Jika sudah seperti ini, maka anda tidak bisa mengoperasikan smartphone anda sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah anda tidak bisa membuka video.

Yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi penghemat memori internal yang sudah tersedia bebas di Play Store. Anda tinggal mengunduh aplikasi yang banyak digunakan atau aplikasi yang memang sudah terpercaya dengan melihat rating yang diberikan oleh pengguna terhadap aplikasi tersebut. Selain itu, anda juga harus memindahkan atau menghapus file-file dan aplikasi yang tidak penting dan sudah tidak pernah anda gunakan.

3. Mengubah format video

Perlu anda ketahui bahwa permasalahan yang ketiga ini kerap kali dialami oleh mereka yang bukan hanya pengguna android, melainkan juga dialami oleh para pengguna komputer atau laptop. Video yang format ekstensinya tidak sesuai dengan aplikasi pemutar video atau smartphone anda, sudah tentu ia tidak bisa diputar. Biasanya, salah satu format video yang jarang bisa diputar adalah format mkv maupun juga wmv.


Jika video berformat ekstensi kedua ini, maka kemungkinan besar video tersebut tidak bisa dibuka. Namun, tidak semua smartphone mengalami permasalahan yang sama karena dengan kemajuan teknologi membuat smartphone tersebut bisa memutar video dengan berbagai format ekstensi. Untuk anda yang mengalami masalah ini, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mengubah format video.

Artinya, anda harus mendownload aplikasi di Play Store yang berfungsi untuk mengubah format video yang menjadi format yang sesuai dengan smartphone anda. Dengan begitu, maka anda bisa memutar video anda dan bisa menikmati menontonnya yang mungkin sudah menjadi video favorit anda yang sudah lama ingin anda unduh.

4. Download aplikasi player

Cara keempat yang juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi video yang tidak bisa diputar adalah dengan mendownload aplikasi player. Maksudnya, anda harus mendownload aplikasi pemutar video di Play Store dan tidak menggunakan aplikasi player bawaan smartphone anda yang sudah jelas tidak bisa memutar video. Sudah banyak aplikasi yang tersedia dan tinggal anda download kemudian secara otomatis terinstall di smartphone anda.

5. Update aplikasi player

Cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar yang terakhir adalah dengan mengupdate aplikasi player yang anda miliki. Kemungkinan aplikasi player versi lama belum mendukung format video yang anda miliki sehingga anda harus mengupdatenya di Play Store. Dengan melakukan pembaruan, maka otomatis aplikasi player anda akan mendapatkan berbagai fitur baru dan juga telah dilakukan perbaikan terhadap performa aplikasi anda tersebut.

Dengan begitu, maka anda bisa memutar video tersebut. Namun ingat, pastikan anda melakukan update secara rutin meskipun tidak harus sesering mungkin. Jika cara ini masih saja belum bisa, mungkin anda harus menghapus video tersebut karena file sudah corrupt dan download video baru dari website terpercaya agar video anda bisa dibuka atau diputar.

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trick