Sponsors Link

6 Cara Mempercepat Jaringan HP Oppo Paling Jitu

Sponsors Link

Bagaimana cara mempercepat jaringan hp Oppo? Koneksi jaringan merupakan salah satu hal yang kita butuhkan ketika melakukan aktivitas di smartphone. Beragam akitivitas seperti menggunakan aplikasi chat terbaik, streaming, atau menelpon pun juga harus memperhatikan apakah jaringan hp yang kita miliki stabil atau tidak. Jika tidak, maka semua aktivitas tersebut akan terganggu dan bahkan mungkin tidak bisa dilaksanakan.

Maka dari itu, sebuah cara yang akan kami bagikan kali ini akan sangat membantu Anda untuk membantu mempercepat koneksi jaringan di smartphone. Namun, cara yang akan kami jelaskan bukan hanya berlaku bagi Anda yang menggunakan Oppo. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk semua merk smartphone yang umum, seperti Vivo, Samsung, Xiaomi, dan lain-lain.

Diharapkan setelah mempelajari cara ini dan menerapkannya, Anda bisa dengan nyaman melakukan aktivitas-aktivitas seperti yang telah disebutkan di atas tanpa ada kendala apapun.

1. Blokir iklan

Cara memperfcepat koneksi jaringan hp Oppo yang pertama adalah Anda harus memblokir iklan. Keberadaan iklan ketika Anda mengakses suatu web akan menyebabkan kuota internet Anda tersedot. Bukan hanya itu, keberadaan iklan ini juga menjadi salah satu penyebab koneksi internet lambat di Android, kecuali ketika Anda menggunakan jaringan Wi-Fi yang memiliki koneksi cepat.

Iklan akan membuat jaringan hp bekerja lebih keras karena akan ada banyak data yang perlu diproses. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya permasalahan ini bisa diatasi dengan mudah. Anda cukup menginstal aplikasi Ad Blocker pada browser yang Anda gunakan. Aplikasi inilah yang akan bekerja untuk memblokir iklan agar tidak mengganggu Anda ketika berselancar di internet.

Selain itu, ketika Anda hendak memblokir semua iklan (tanpa terkecuali), Anda mungkin bisa menginstal aplikasi bernama AdAway. Aplikasi ini juga sudah terkenal akan fungsinya untuk mengatasi iklan yang sering muncul di browser ketika mengakses suatu web.

2. Menghapus cache

Pernah terpikir bahwa menghapus cache ternyata bisa menjadi suatu cara yang efektif untuk mengatasi koneksi internet yang lemot? Cache di sini sebenarnya merupakan penyimpanan sementara yang memang pada dasarnya bermanfaat bagi Anda. Akan tetapi, ketika cache sudah terlalu banyak alias menumpuk dan tidak kunjung dibersihkan. Maka smartphone Anda akan lemot, bukan hanya jaringan hpnya saja melainkan ketika Anda membuka atau mengakses aplikasi di hp tersebut juga akan mengalami hal yang sama.

Solusinya bagaimana? Solusi yang harus Anda lakukan sekarang yaitu menghapus cache yang menganggu tersebut. Anda bisa menghapus dengan cara manual, yaitu masuk ke pengaturan – aplikasi – pilih aplikasi – hapus cache. Anda juga bisa melakukan cara yang lainnya yakni dengan menggunakan aplikasi bawaan yang sudah terinstal secara default di ponsel Anda. Jika handphone Anda tidak dilengkapi dengan aplikasi tersebut. Anda bisa mendownload aplikasi untuk membersihkan cache di Play Store maupun toko aplikasi android selain Play Store.

3. Menggunakan VPN

Pernah mendengar VPN? VPN memang merupakan cara mempercepat jaringan hp Oppo maupun semua tipe hp yang terbukti ampuh. VPN waktu lalu sempat viral dikarenakan pemerintah membuat beberapa medsos menjadi lemot. Dengan menggunakan VPN, mereka bisa kembali mendapatkan koneksi stabil untuk menggunakan WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain.

Anda bisa mendownload aplikasi VPN di toko aplikasi yang ada di smartphone Anda. Setelah mendownload, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan beberapa pengaturan agar supaya VPN bisa digunakan. Cara ini memang sudah terbukit ampuh dan sudah banyak yang menggunakannya.

Meskipun begitu, ada yang berpendapat bahwa penggunaan VPN juga beresiko terhadap keamanan data Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak menyimpan informasi yang sangat rahasia seperti nomor rekening, akun tertentu, atau sejenisnya di smartphone Anda agar tidak sampai dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Memilih provider yang sesuai

Untuk cara keempat yang akan kami jelaskan ini lebih berfokus pada kartu atau SIM Card yang Anda gunakan. Sebenarnya semua SIM Card memiliki koneksi yang stabil. Hanya saja permasalahannya tidak semua tempat atau daerah mampu memberikan sinyal yang stabil untuk semua kartu SIM yang ada. Artinya, SIM Card yang Anda gunakan sekarang mungkin memiliki koneksi yang cepat di rumah Anda.

Namun ketika Anda bermain atau pergi ke suatu tempat, belum tentu kartu SIM tersebut akan memiliki kekuatan sinyal yang sama. Oleh karena itu, ketika Anda hendak pergi ke suatu tempat yang agar terpencil. Pastikan bahwa di sana sinyal hp Anda tidak akan terganggu. Jika ternyata kartu SIM Anda di sana sinyalnya lemah, mungkin sementara Anda bisa menggunakan kartu SIM yang lainnya yang memang terkenal memiliki koneksi stabil. Jadi, Anda tidak akan mengalami gangguan ketika berkomunikasi atau mengakses informasi di internet. Ketika sudah pulang, baru Anda bisa menggantinya dengan kartu Anda sebelumnya.

5. Melakukan pengaturan pada user agent

Untuk cara yang kelima mungkin masih belum banyak yang menerapkannya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan koneksi internet yang cepat, cara yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengubah user agent menjadi mobile. Tujuan perubahan pengaturan ini agar supaya data bisa di kompres agar memiliki tampilan seperti pada mobile atau hp.

Jadi, ketika biasanya Anda mengakses web sesuai dengan ukuran web tersebut. Sekarang Anda menurunkan ukurannya agar sesuai dengan smartphone. Jadi, jaringan Anda tidak akan bekerja keras untuk memproses semua data yang ada sehingga Anda bisa dengan cepat mengakses web tersebut dan memperoleh informasi yang Anda inginkan.

6. Menggunakan aplikasi mempercepat koneksi internet

Cara mempercepat jaringan Oppo yang terakhir adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi mempercepat koneksi internet yang bisa digunakan. Beberapa aplikasi tersebut seperti Accelerator Plus, Internet Speed Master, Network Speed Booster, dan lain-lain.

Anda tinggal mendownloadnya di toko aplikasi yang terdapat pada smartphone Anda. Setelah itu, Anda tinggal membukanya dan mungkin melakukan beberapa pengaturan jika diperlukan. Setelah itu, Anda baru akan mendapatkan kenyamanan ketika membuka aplikasi atau mengakses informasi di dunia maya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick