Sponsors Link

7 Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Sudah di Root

Sponsors Link

Tak sulit bagi anda untuk mengoperasikan android di era dengan kemajuan teknologi khususnya di perangkat hp pintar ini. Android adalah salah satu sistem operasi terbesar yang nyaris menguasai pasar ponsel dunia jika pesaingnya, iOS yang merupakan milik Apple tidak pernah ada. Android sudah diaplikasi ke dalam beragam perangkat hp pintar masa kini.

Menggunakan android sebagai sistem operasi susah-susah gampang. Android menawarkan anda berbagai kemudahan dalam melakukan kostumisasi berkat sifatnya yang open source dimana siapapun bisa menjadi developer dari sistem operasi ini. Yang sulit adalah bagaimana anda membuka akses untuk melakukan kostumisasi tersebut. Jika anda sudah terbiasa mengoprek perangkat android, maka anda sudah tidak asing lagi dengan istilah root.

Apa itu root? Root adalah sebuah metode yang bisa anda lakukan untuk membuka keseluruhan sistem hp android anda untuk kemudian anda modifikasi sesuka hati. Root memungkinkan anda untuk melakukan apapun yang anda inginkan terhadap hp android anda. Tak heran jika metode ini sangat disukai oleh mereka-mereka yang gemar melakukan kostumisasi terhadap hp android mereka seperti Xiaomi contohnya.

Root juga memungkinkan anda untuk mempercepat kinerja anda. Meskipun punya resiko yang cukup tinggi dimana hp android yang sudah di-root maka masa garansinya akan hangus begitu saja atau resiko lainnya yang paling fatal dimana hp anda bisa saja mati total saat proses root berlangsung, nyatanya banyak pengguna android yang menggunakan root di dalam hp android mereka. Tertarik untuk melakukan root di hp android anda? Maka, anda bisa ikuti langkah-langkahnya yang dapat dengan mudah anda dapatkan di berbagai forum.

Jika anda sudah berhasil melakukan proses root terhadap hp anda, maka kini saatnya bagi anda untuk meningkatkan performa hp android anda misal Samsung Galaxy A2 Core yang sudah di-root. Kinerja hp android yang menjadi ngebut adalah salah satu kelebihan hp android yang sudah di-root. Namun, untuk mendapatkan performa hp yang lebih cepat, anda harus menerapkan beberapa cara terlebih dahulu. Anda tak perlu cemas karena kami akan menyajikan bagaimana cara mempercepat kinerja android yang sudah di root sehingga anda bisa memaksimalkan peforma hp yang sudah di root. Ini dia cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat kinerja hp yang sudah di-root.

1. Lakukan Custom ROM

Secara default, setiap vendor hp pintar seperti Oppo dan Vivo pasti memasukkan ROM ke dalam hp android produksi mereka. ROM ini lah yang membedakan antar vendor hp android meskipun sistem operasi yang digunakan sama-sama android. Terkadang, para pengguna android menemukan bahwa ROM default terasa membosankan sehingga mereka pun melakukan root. Nah, jika anda sudah melakukan root, maka kini anda bisa melakukan kostumisasi terhadap ROM di hp android anda. Anda bisa mengubah keseluruhan interface hp dan juga sistemnya sesuai dengan selera anda. Pilih ROM yang menurut anda terbaik sehingga kinerja hp bisa menjadi ngebut.

2. Unduh aplikasi khusus root

Menemukan aplikasi dengan fitur yang keren namun sayangnya hp anda harus di-root terlebih dahulu? Kini anda tidak perlu cemas jika hp android anda seperti Huawei Enjoy 9 sudah di-root karena anda bisa mengundah aplikasi-aplikasi tersebut melalui Play Store. Anda bahkan bisa mengubah sistem melalui aplikasi-aplikasi khusus root tersebut seperti Root Explorer sehingga peforma hp android anda menjadi lebih ngebut.

3. Hapus aplikasi bawaan

Salah satu penyebab hp android menjadi lemot adalah banyaknya aplikasi yang terunduh di hp anda namun tidak bisa dihapus meskipun sangat jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Aplikasi tersebut biasanya merupakan aplikasi bawaan yang sudah terunduh secara default di hp anda. Kini, setelah hp berhasil di-root, anda bisa dengan mudah menghapus aplikasi-aplikasi bawaan sehingga peforma hp android menjadi ngebut setelahnya. Cari tahu juga cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root.

4. Blokir munculnya iklan

Salah satu hal yang menjengkelkan di sistem operasi android adalah munculnya iklan-iklan yang entah dari mana asalnya. Mungkin hal ini disebabkan oleh sifat android itu sendiri yang open source. Jelas sekali iklan-iklan yang muncul di hp android anda akan membuat hp menjadi tidak maksimal. Beruntungnya, melalui root, anda bisa memblokir iklan-iklan tersebut. Silakan hapus iklan-iklan yang mengganggu untuk mendapatkan performa ngebut.

5. Overclock hp

Salah satu cara mempercepat kinerja android yang sudah di root yang terbilang instan ini memungkinkan anda untuk memaksa kinerja hp android anda untuk menjadi lebih ngebut lagi. Lewat root, anda bisa melakukan metode overlock. Untuk melakukan metode ini, ada baiknya anda mempertimbangkannya terlebih dahulu karena melakukan overclock di hp android punya beberapa dampak negatif seperti hp menjadi cepat panas dan baterai menjadi boros.

6. Pindahkan aplikasi ke SD Card

Penyebab hp android menjadi lemot adalah disebabkan oleh sesaknya kapasitas penyimpanan memori internal anda. Para pengguna android tidak bisa memindahkan aplikasi-aplikasi dari memori internal ke SD Card. Hal ini tentu sangat menyulitkan para pengguna hp dengan kapasitas memori internal yang kecil. Namun, anda tidak perlu cemas karena melalui root, anda bisa memindahkan aplikasi yang memakan banyak ruang penyimpanan memori internal ke SD Card sehingga performa hp akan menjadi lebih ngebut karena space di memori internal sudah lega.

7. Optimalkan RAM dengan aplikasi RAM Manager Pro

RAM Manager Pro adalah salah satu aplikasi yang hanya bisa digunakan oleh hp yang sudah di-root. Lewat aplikasi ini, anda mampu mengoptimalkan kinerja RAM di hp android anda sehingga tentu saja kecepatan hp android anda akan menjadi lebih ngebut lagi. Cara ini dinilai cukup simpel karena anda hanya perlu mengunduh aplikasi tambahan saja tanpa melakukan overclock yang punya resiko besar.

Demikian artikel mengenai cara mempercepat kinerja android yang sudah di root ini kami sajikan untuk anda yang kebetulan baru saja melakukan root terhadap hp android anda dan ingin mempercepat kinerjanya. Silakan lakukan cara-cara yang sudah kami sebutkan di atas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick