Sponsors Link

2 Cara Mengaktifkan Wifi dan Hotspot Bersamaan di Android

Sponsors Link

Terdapat dua cara yang umum untuk mengakses internet, yaitu melalui kuota alias paket data atau pun menggunakan Wi-Fi. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi, untuk mengakses internet sekarang ini berbagi kuota bisa melalui ponsel atau yang lebih dikenal dengan nama hotspot Wi-Fi alias tethering. Penggunaan hotspot Wi-Fi alias tethering memang mempermudah berbagi jaringan internet baik itu dibagikan kepada jenis-jenis smartphone maupun dengan laptop atau komputer.

ads

Bagaimana bila kamu hendak menggunakan Wi-fi namun juga ingin memberikan hotspot ke ponsel lain atau pun laptop untuk dapat mengakses internet? Pertanyaan ini mungkin sering terlintas di benakmu. Hal ini ternyata juga menjadi kendala bagi para pengguna Android lantaran untuk mengaktifkan keduanya, Wi-Fi dan hotspot tidak bisa dilakukan secara bersamaan melalui pengaturan ponsel Android.

Untuk bisa menikmati fitur yang terdapat dalam ponsel tersebut, harus memilih salah satu. Misalnya bila ingin menggunakan Wi-Fi kamu harus mematikan hotspot, sedangkan bila ingin berbagi jaringan internet menggunakan hotspot kamu harus mematikan Wi-Fi yang ada dalam ponselmu.

Bagi kamu yang tetap ingin menggunakan kedua fitur tersebut tanpa harus mematikan salah satunya, ternyata ada cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga, berikut merupakan penjelasannya :

1. Menggunakan NetShare

NetShare merupakan salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan tanpa harus melakukan rooting. Aplikasi ini memungkinkan ponsel pintar yang kamu miliki untuk bisa menggunakan fitur Wi-Fi dan hotspot secara bersamaan. Tak perlu berlama-lama lagi berikut merupakan cara mengaktifkan wifi dan hotspot bersamaan di Android menggunakan aplikasi NetShare :

  • Kamu harus download aplikasi NetShare.
  • Tunggu hingga proses download berakhir, nampaknya saat proses ini kamu perlu bersabar. Bila ingin cepat selesai usahakan koneksi internetmu bagus ya.
  • Setelah aplikasi terinstal, kamu harus menyambungkan Wi-Fi yang hendak di bagikan.
  • Kemudian buka aplikasi NetShare. Lalu centang menu “Hidupkan Nirkabel”
  • Selamat, hotspot Wi-Fi alias tethering di ponsel mu sudah aktif dan bisa dibagikan kepada smartphone maupun komputer lain.

Saat kamu mengaktifkan hotspot Wi-Fi alias tethering di ponselmu melalui aplikasi NetShare akan muncul menu SSID Jaringan (nama jaringan Wi-Fi kamu) dan juga menu password Wi-Fi yang akan terisi secara otomatis. SSID Jaringan (nama jaringan Wi-Fi kamu) dan juga menu password Wi-Fi digunakan untuk menyambungkan ponsel lain ke hotspot yang ada di smartphone mu. Untuk menyambungkan ke hotspot Wi-Fi kamu, caranya tinggal memasukkan password Wi-Fi yang tertera pada aplikasi NetShare.

Selain harus memasukkan password Wi-Fi yang tertera pada aplikasi NetShare, ponsel atau perangkat lain yang hendak menyambung hotspot kamu perlu mengatur Proxy  yang ada pada aplikasi NetShare, biasanya berada di bawah. Bila kamu belum tahu cara mengatur proxy, berikut merupakan langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan Wi-Fi yang ada pada ponsel.
  • Kemudian tekan dengan durasi cukup lama pada jaringan Wi-Fi kamu, lalu pilih menu “Kelola pengaturan jaringan” atau “Modify network config”.
  • Setelah itu, centang saja menu “Tampilkan opsi lanjutan” atau “Show advanced options”, lalu ubah proxy menjadi manual.
  • Kemudian, isikan proxy host dan proxy port sesuai dengan yang tertera pada aplikasi NetShare tadi.
  • Langkah terakhir yaitu, tekan menu “Simpan” atau “Save”
  • Nah, ponsel lain atau perangkat lain yang sudah dapat menyambung hotspos Wi-Fi kamu.

Jika kamu menggunakan laptop windows, berikut merupakan langkah-langkah mengatur proxy, antara lain:

  • Buka Control Panel, lalu pilih Network and Internet, kemudian pilih Internet options.
  • Selanjutnya pilih menu Connections, dilanjutkan dengan menekan pilihan menu LAN Settings.
  • Kemudian centang saja menu “Use proxy server for your LAN”.
  • Setelah berhasil, kamu tinggal memasukkan Addres dan Port sesuai yang tercantum pada aplikasi NetShare, kemudian tekan OK dan OK, dua kali ya.

2. Menggunakan Fqrouter2

Berbeda dengan penyebab hp bootloop dan aplikasi NetShare, bila ingin menggunakan aplikasi fqrouter2 diwajibkan untuk melakukan rooting smartphone android kamu terlebih dahulu. Sebelum memutuskan untuk melakukan rooting ada baiknya mengetahui kekurangan dan kelebihan Hp Android setelah di root. Bila kamu sudah yakin untuk menggunakan aplikasi ini, berikut merupakan cara mengaktifkan wifi dan hotspot bersamaan di Android menggunakan aplikasi fqrouter2, diantaranya:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengunduh alias download aplikasi bernama fqrouter2 ini. Kamu bisa memperoleh aplikasi ini secara gratis melalui pencarian google.com maupun mencari secara langsung melalui Google Play Store di ponsel Android milik mu.
  • Jika sudah menemukan aplikasinya, kamu langsung saja download apikasi fqrouter2, bukan yang lain ya. Jika proses pengunduhan usai, lakukan pemasangan alias penginstalan.
  • Setelah penginstalan sukses, kamu harus membuka aplikasi fqrouter2. Saat kamu membuka aplikasi ini, akan muncul menu awal pada aplikasi tersebut, yang harus kamu lakukan yaitu tekan menu “ Full Power” yang letaknya berada pada bagian tengah-tengah layar ponsel kamu.
  • Setelah itu, aktifkan aplikasi fqrouter2 dengan cara mengeser menu kebawah guna menemukan pilihan menu “Wifi Repeater”. Setelah menemukannya, kamu harus pilih menu “Config”, kemudian ubah dari posisi “off” menjadi “on”. Caranya hanya cukup dengan mengetuk dengan satu kali ketukan saja.
  • Nah, bila proses yang kamu lakukan tadi berhasil, maka ponsel Android kamu sudah bisa digunakan untuk mengaktifkan wifi dan hotspot bersamaan.
  • Namun, kamu tak bisa begitu saja menyambungkan ponsel lain, sebab dibutuhkan pengaturan konfigurasi lanjutan sebelum dapat digunakan secara sempurna. Konfigurasi ini bertujuan untuk memberikan SSID sekaligus password pada smartphone berbasis Android kamu yang fungsinya untuk mengaktifkan wifi dan hotspot bersamaan. Pengaturan ini sama halnya dengan mengatur Proxy pada aplikasi NetShare.
  • Setelah konfigurasi sudah berhasil diatur sesuai dengan ketentuan yang ada, seperti mengisi nama SSID dan password maka kamu sudah bisa menggunakan aplikasi fqrouter2 untuk disambungkan ke ponsel lain atau pun laptop lain.
  • Untuk dapat menggunakan aplikasi fqrouter2 agar wifi dan hotspot aktif bersamaan, kamu harus menyambung aplikasi dengan Wi-Fi yang ada di sekitarmu. Setelah itu sambungkan ponsel lain atau laptop lain pada ponsel yang sudah kamu install aplikasi fqrouter2 tadi.

Selamat mencoba. Ketahui juga tentang tips membeli Hp Android dan daftar hp kamera terbaik.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick