Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Gagal Memindahkan File ke SD Card

Sponsors Link

Tak bisa dipungkiri, penggunaan hp pintar di masa sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Sulit rasanya untuk memisahkan diri kita dari hp pintar bersistem operasi android ataupun iOS. Hp pintar menawarkan beragam kemudahan bagi anda yang punya mobilitas tinggi dan kerap bergantung pada teknologi. Hampir semua hal dapat anda lakukan di hp pintar.

Saat pertama kali diperkenalkan, android sebagai raksasa sistem operasi saat ini berhasil mencuri perhatian berkat kemudahan-kemudahan yang ditawarkan kepada para penggunanya. Sifatnya yang open source alias bisa dimodifikasi sedemikian rupa dengan akses root membuat android begitu dicintai oleh hampir seluruh kalangan tidak seperti Apple yang punya sistem keamanan sangat kuat dimana anda tidak bisa sembarangan mengoprek perangkat Apple anda.

Salah satu kelebihan android ketimbang iOS adalah kemampuannya untuk memindahkan file dari memori telepon atau internal ke SD Card atau memori eksternal. Hal ini absen di perangkat Apple yang tidak menyematkan memori eksternal ke perangkat-perangkat mereka sehingga cukup merepotkan mereka-mereka yang mempunyai iPhone berkapasitas kecil seperti Apple iPhone 6 Plus 16 GB.

Ketersediannya memori eksternal lewat SD Card sangat bermanfaat bagi anda yang gemar menyimpan banyak sekali file baik file multimedia, dokumen, atau aplikasi di hp android anda. Anda dapat dengan mudah melakukan partisi jika dirasa memori internal anda sudah cukup sesak dengan satu catatan, anda harus mempunyai SD Card terlebih dahulu. SD Card sendiri dapat dengan mudah anda dapatkan di toko-toko aksesoris handphone. Baca juga mengenai cara agar Hp tidak cepat penuh memorinya.

Meski dinilai bermanfaat, para pengguna android kerap menemui masalah dimana file yang ada di memori internal hp mereka tidak bisa dipindahkan ke SD Card. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah:

  • Memori internal lebih baik dan stabil

Ada banyak sekali SD Card dengan harga dan kualitas bermacam-macam yang anda temui di berbagai toko aksesoris handphone. Jika anda menemui masalah dimana file tidak bisa dipindahkan ke SD Card, bisa jadi memori eksternal alias SD Card anda punya kualitas yang tidak begitu baik sehingga file tidak mau dipindahkan.

  • Aplikasi tersebut bawaan hp

Jika anda ingin memindahkan suatu aplikasi dari memori internal ke SD Card namun gagal, coba cek terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan hp yang secara default sudah terinstall di hp anda karena aplikasi bawaan hp memang tidak bisa dipindahkan ke SD Card. Baca juga mengenai cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root.

  • File hanya bisa bekerja di memori internal

Beberapa file memang punya fungsi penting terhadap sistem hp android anda. Hal inilah yang kemudian membuat file atau aplikasi-aplikasi tersebut tidak bisa dipindahkan ke SD Card karena jika dipindahkan, sistem hp android kita akan berubah. Jika salah, langkah ini bisa berakibat fatal.

Setelah mengetahui beberapa penyebab mengapa file tidak bisa dipindahkan ke SD Card, anda pasti mencari-cari bagaimana cara mengatasinya. Jika anda kebetulan sedang mengalami masalah serupa, berikut kami sajikan cara mengatasi gagal memindahkan file ke SD Card yang dapat dengan mudah anda terapkan. Ini dia beberapa caranya.

1. Partisi kartu SD Card anda

Menemui masalah dimana file atau aplikasi tidak bisa dipindahkan dari memori internal ke memori eksternal alias SD Card? Bisa jadi anda belum melakukan partisi terhadap kartu SD Card. Melakukan partisi berarti menjadikan memori eksternal sebagai memori internal sehingga aplikasi yang tidak bisa dipindahkan karena hanya dapat berjalan di memori internal bisa dipindahkan ke memori eksternal.

2. Gunakan aplikasi tambahan khusus memindahkan file

Sifatnya yang open-souce, membuat anda dapat melakukan berbagai kustomisasi terhadap hp android anda. Jika anda ingin memindahkan file ke SD Card namun gagal, kini saat anda menggunakan aplikasi tambahan khusus untuk memindahkan file yang bisa anda unduh dengan mudah di Google Play Store. Aplikasi pemindah file ada banyak sekali macamnya. Silakan pilih yang menurut anda terbaik. Baca juga mengenai cara memindahkan file dari Hp ke laptop tanpa kabel data.

3. Gunakan fitur “Adoptable Storage”

Jika dua langkah di atas belum berhasil untuk memindahkan file ke SD Card, mungkin Cara Mengatasi Gagal Memindahkan File ke SD Card yang satu ini bisa anda terapkan. Dengan menggunakan fitur bernama Adoptable Storage yang hanya bisa dicicipi oleh perangkat android dengan Android Marshmallow ke atas, anda bisa memindahkan file ke SD Card dengan mudah. Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan di hp Samsung.

4. Gunakan fitur USB Debugging di PC atau laptop

Buat anda yang gemar mengoprak-oprek hp android anda, mungkin anda sudah tak asing dengan fitur USB Debugging yang hanya bisa diakses saat perangkat android terhubung dengan PC atau Laptop. USB Debugging ini memungkinkan anda untuk mengotak-atik hp android anda layaknya developer atau pengembang android. Lewat fitur ini, anda dapat memindahkan file atau aplikasi dari memori internal yang sebelumnya gagal ke memori eksternal atau SD Card anda.

5. Gunakan OTG (USB On The Go)

Jika memori eksternal tidak bisa menyimpan file yang ingin anda pindahkan dari memori internal ke memori eksternal, opsi terakhir ini bisa anda terapkan jika anda hanya ingin memberikan ruang tambahan terhadap kapasitas memori internal anda. Dengan menggunakan USB On The Go aliast OTG yang bentuknya mirip flashdisk namun bisa dihubungkan ke hp lewat port micro USB atau Type C, anda bisa memindahkan file dari memori internal hp anda ke OTG yang biasanya datang dengan beragam kapasitas memori.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi gagal memindahkan file ke SD Card ini kami sajikan untuk anda yang sedang mengatasi masalah dimana file yang ada di memori internal anda tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal. Anda bisa menerapkan beberapa cara di atas untuk memindahkan file ke SD Card atau memori eksternal. Pastikan, anda menggunakan SD Card dengan kualitas terbaik. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick