Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Hp Kena Air dengan Beras yang Terbukti Berhasil

Sponsors Link

Seperti apa cara mengatasi hp kena air dengan beras? Dewasa ini, sudah banyak smartphone keluaran terbaru yang sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur ketahanan terhadap air alias waterproof alias tahan air. Beberapa smartphone tersebut antara lain hp yang dikeluarkan oleh Samsung maupun Apple. Akan tetapi, terkadang hp yang memiliki fitur tersebut dijual dengan harga yang cukup mahal.

Sekedar informasi bahwa fitur ketahanan air ini memungkinan smartphone anda berada di dalam air dengan kedalaman tertentu. Dengan adanya fitur ini, maka anda bisa menggunakan smartphone anda tersebut untuk berfoto di bawah air. Akan tetapi, tentu saja masih ada batasan kedalaman air yang harus diperhatikan. Jika anda tidak memperhatikan, maka yang ada hp anda akan kemasukan air.

Jika smartphone kesayangan anda kemasukan air, maka anda sudah tidak bisa menggunakannya sebagaimana mestinya dan bahkan bisa membuat hp mati total. Lalu bagaimana cara mengatasi hp kena air tersebut? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda gunakan. Cara-cara tersebut ada yang mulai dari menggunakan cara-cara tradisional sampai dengan menggunakan cara pintas yakni langsung membawanya ke tempat servis hp. Padahal, sebenarnya anda masih bisa mencoba mengatasinya dengan cara anda sendiri. Salah satunya adalah dengan menggunakan beras.

Kita tahu bahwa beras merupakan salah satu jenis makanan pokok masyarakat Indonesia (setelah dimasak menjadi beras). Beras sendiri  bahkan ada yang bermacam-macam. Ada beras putih seperti yang sering kita temukan, ada beras merah, dan bahkan ada beras hitam. Namun, siapa sangka beras malah bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengatasi hp anda yang terkena air.

Memang tidak banyak yang tahu bahwa beras mampu membantu membuat smartphone anda menyala kembali. Lalu timbul pertanyaan, kenapa mengunakan beras? Karena beras memang termasuk benda yang mampu menghilangkan kelembaban. Artinya, jika smartphone anda dimasukkan ke dalam beras maka kelembapan yang ada di smartphone anda tersebut bisa hilang. Namun, anda harus melakukan beberapa cara terlebih dahulu sebelum mulai memasukkan ke dalam beras. Adapun cara-cara yang harus anda lakukan tersebut antara lain seperti apa yang kami jelaskan di bawah ini:

1. Pastikan smartphone dalam kondisi mati

Cara mengatasi handphone mati total yang pertama adalah anda harus memastikan smartphone anda tersebut dalam kondisi mati. Meskipun sebenarnya hp anda masih bisa hidup meskipun sudah terkena atau kemasukan banyak air, namun kami tetap menyarankan anda harus mematikan hp anda. Perlu anda tahu bahwa ketika hp anda dalam kondisi hidup sementara di dalamnya sudah banyak air yang masuk, maka bisa menyebabkan terjadinya konsleting.

Ketika kondisi smartphone yang sudah terkena konsleting, maka kemungkinan akan lebih sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu, setelah anda mengangkat hp anda yang kemasukan air, baik dari dalam kolam atau wadah, maka anda harus segera mematikannya. Dengan begitu, anda bisa mencegah dari terjadinya konsleting hp.

2. Lepaskan baterai

Sebenarnya bukan hanya baterai yang harus anda lepaskan. Komponen lain yang harus segera anda lepaskan dari hp anda adalah SIM Card dan juga kartu memori. Melepaskan ketiga komponen ini juga membantu mencegah agar suapay ia juga tidak sampai terkena dampak yang terlalu parah dari air yang masuk ke dalam hp. Untuk melepaskannya tentu kami yakin anda semuanya sudah bisa.

Lalu bagaimana jika ternyata hp anda termasuk hp yang menggunakan baterai tanam? Apakah baterai tanam bisa diganti? Tentu jawabannya adalah bisa. Baterai tanam yang ada di smartphone anda bisa diganti. Namun, anda juga harus memiliki peralatan dan sudah tahu bagaimana cara membongkarnya. Selain itu, anda juga harus memiliki pengalaman sebelumnya. Untuk melepaskan baterai tanam memang tidak terlalu sulit. Yang terpenting adalah anda membutuhkan ketelitian dan agar tidak sampai malah menyebabkan kerusakan pada casing maupun koneksi pada baterai anda.

3. Keringkan dengan pengering rambut

Cara mengatasi hp kena air dengan beras yang ketiga adalah anda harus mengeringkannya. Bagaimana caranya? Mengeringkan hp bisa dilakukan dengan menggunakan pengering rambut atau hair dryer. Ingat, anda tidak boleh mengeringkan dengan cara meniupnya karena dikhawatirkan malah menyebabkan air semakin masuk dan malah menyebar ke komponen yang lainnya. Anda bisa mengeringkan smartphone dengan pengering rambut secara merata.

4. Keringkan dengan beras

Nah, untuk cara yang keempat ini mulailah anda memasukkan hp anda ke dalam beras. Bagiamana caranya? Yang harus anda lakukan sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal memasukkan hp anda dan juga baterai yang sudah anda lepas ke dalam kantung nasi. Tidak perlu sampai menguburnya terlalu dalam karena dikhawatirkan anda bagian yang malah masuk ke hp anda.

Setelah anda memasukkan ke dalam sekantong nasi, maka anda harus mendiamkannya selama kurang lebih 2 hari. Tujuannya adalah agar beras bisa bekerja secara maksimal di dalam menghilangkan kelembaban pada hp anda. Dengan begitu, hp anda bisa kering secara sempurna dan bisa terbebas dari air yang sangat mengganggu.

5. Pasang kembali komponen hp

Cara yang selanjutnya anda lakukan setelah dirasa hp anda sudah kering, maka tinggal pasang kembali komponennya. Untuk memasangnya tidak terlalu sulit seperti yang mungkin biasa anda lakukan. Pastikan semua komponen sudah terpasang dengan benar dan tidak ada yang melenceng. Kemudian, mulailah anda menghidupkan smartphone anda.

Tunggu beberapa saat sampai nanti smartphone menyala. Pada tahap ini, anda sudah bisa mengetahui apakah cara ini berhasil atau tidak. Jika berhasil dan hp anda menyala sampai ke menu. Mana anda harus memeriksa berbagai aplikasi dan kondisi smartphone apakah bisa digunakan sebagaimana kondisi awalnya. Jika tidak, maka cara terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan membawanya ke tempat servis hp untuk segera ditangani.

Kami menyarankan anda membawa ke tempat servis yang sudah terpercaya. Anda juga bisa membawanya ke service center agar supaya hp anda segera diperbaiki sehingga bisa kembali ke kondisi awal. Demikian penjelasan dari kami tentang bagaimana cara mengatasi hp kena air dengan beras. Semoga informasi ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick