Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Tablet Lemot

Sponsors Link

Dengan majunya teknologi saat ini, tak sulit bagi kita untuk mengandalkan hp pintar sebagai penunjang aktivitas kita sehari-hari. Kita dapat dengan mudah mengakses berbagai macam fitur lewat hp pintar yang kita miliki. Hp pintar masa kini pun terbagi menjadi dua kubu: kubu android dan kubu iOS. Keduanya merupakan sistem operasi terbesar saat ini yang sudah mengotaki berbagai macam seri hp pintar.

Android berhasil mencuri perhatian saat pertama kali diperkenalkan ke hadapan publik. Sifatnya yang fleksibel dan open source sungguh memudahkan para user hp pintar dimana anda dapat menggunakan hp android anda nyaris tanpa batas berkat sifatnya yang open source tadi. Tak heran jika banyak developer yang meraih sukses lewat android karena mereka bebas mengembangkan aplikasi untuk kemudian mereka ajukan ke Google Play Store sehingga bisa diunduh oleh user android.

Tak hanya diaplikasikan pada hp pintar, android mengekspansi dirinya lebih jauh lagi. Kini, sistem operasi yang identik dengan maskot robot berwarna hijaunya ini bisa disematkan di berbagai perangkat elektronik. Tak perlu jauh-jauh, tablet adalah salah satu contohnya. Tablet adalah versi minimalis dari PC dimana semua fungsi yang biasa anda temui di dalam PC dapat anda rasakan secara lebih ringkas karena tablet bersifat portable dan untuk mengoperasikannya, anda tidak perlu menggunakan mouse atau keyboard tambahan lagi. Semuanya bisa anda operasikan lewat sentuhan jari di atas layar.

Tablet dengan sistem operasi android sudah bukan hal baru lagi. Samsung adalah salah satu vendor hp pintar yang terjun ke dalam trend tablet pintar ini. Anda dapat menemukan berbagai varian tablet yang ditawarkan Samsung. Umumunya, tablet-tablet buatan Samsung dipersenjatai dengan spesifikasi yang wah, nyaris bak PC sungguhan sehingga tak heran jika dibanderol dengan harga tinggi.

Tak mau kalah, Xiaomi selaku vendor asal China yang identik dengan hp-hp android super murah namun dengan spesifikasi yang menggiurkan, juga punya jagoan tablet milik mereka sendiri. Dengan nama seri Mi Pad, Xiaomi memberanikan diri merilis tablet yang secara fisik mirip sekali dengan iPad buatan Apple.

Menggunakan tablet memang sangat bermanfaat bagi mereka-mereka yang punya mobilitas tinggi. Namun, layaknya hp pintar dengan sistem operasi android di dalamnya, tablet juga tak luput dari masalah lemot dan lag. Hal ini lah yang kemudian cukup membuat jengkel para pengguna tablet android.

Menemui masalah dimana tablet tablet anda lemot? Anda tidak perlu cemas dan khawatir karena kami akan memberikan beberapa cara mengatasi tablet lemot yang bisa anda terapkan pada tablet android anda yang kebetulan sudah lemot. Setelah membahas tentang cara setting hp android agar tidak lemot, berikut adalah cara mengatasi tablet lemot yang harus anda ketahui.

1. Hapus aplikasi yang jarang dan tidak digunakan

Sebaik-baiknya manajemen RAM, anda tetap harus memonitor bagaimana RAM anda berjalan agar terhindar dari tablet menjadi lemot. Aplikasi-aplikasi yang anda akses dan gunakan saat menggunakan tablet sangat berpengaruh terhadap kinerja RAM. Jika RAM tablet anda sudah mumpuni, tentu membuka banyak aplikasi sekaligus tidak akan bermasalah. Namun, apa jadinya jika RAM tablet anda hanya sebesar 2 GB?

Untuk mengatasi tablet yang lemot, anda bisa coba menghapus beberapa aplikasi yang jarang anda gunakan atau bahkan tidak pernah digunakan di tablet anda. Menghapus aplikasi seperti game yang tidak digunakan akan membuat kapasitas RAM menjadi lega sehingga kinerja tablet akan lebih ngebut. Hindari juga game dengan ukuran file yang sangat besar karena akan berpengaruh terhadap tablet anda jika tablet tidak didukung oleh prosesor dan RAM yang mumpuni. Cari tahu prosesor terbaik untuk game android disini.

2. Hapus cache aplikasi

Aplikasi yang anda gunakan di tablet android punya fungsi untuk menyimpan data-data. Data-data ini lah yang kemudian dinamakan cache. Keberadaan cache sendiri cukup menganggu karena ukuran cache akan bertambah seiring berjalannya waktu dan seberapa intensif anda menggunakan aplikasi tersebut. Cache ini lah yang kemudian memakan space memori tablet anda sehingga tablet anda menjadi lemot.

Untuk mengatasinya, anda bisa pergi ke menu Pengaturan atau Setting di tablet anda. Kemudian pergi ke opsi manajemen aplikasi, pilih aplikasi mana saja kah yang ingin anda hapus cache-nya. Umumnya, kinerja tablet akan terasa lebih ngebut setelah anda membersihkan cache di beberapa aplikasi yang anda unduh di tablet anda.

3. Hindari penggunaan Widget yang terlalu banyak

Meskipun terlihat keren, Widget yang anda tampilkan di homescreen tablet anda rupanya punya dampak yang besar terhadap kinerja tablet android anda. Memasang Widget yang terlalu banyak akan membuat tablet android anda menjadi lemot jika tablet tidak didukung dengan chipset dan RAM yang mumpuni. Usahakan untuk menghapus beberapa Widget yang sekiranya tidak terlalu anda butuhkan.

4. Hindar penggunaan Live Wallpaper

Salah satu kelebihan tablet android adalah ia memungkinkan anda untuk melakukan berbagai kostumisasi terhadap tablet android anda. Salah satunya adalah menjadikan animasi atau gambar bergerak sebagai Wallpaper. Meskipun kelihatannya keren dan menarik, nyatanya penggunaan Live Wallpaper cukup berpengaruh terhadap kecepatan tablet android anda. Jika tidak terlalu dibutuhkan, kami menyarankan anda untuk mengubah Live Wallpaper yang sudah anda gunakan ke Wallpaper biasa saja untuk menghindari tablet menjadi lemot.

5. Jangan gunakan Task Killer terlalu banyak, cukup 1 aplikasi aja

Task Killer merupakan aplikasi yang memungkinkan anda untuk membersihkan data-data seperti cache di tablet android anda secara instan. Aplikasi Task Killer ada banyak macamnya dan bisa anda unduh sesuka hati di Google Play Store. Menggunakan Task Killer memang sangat berguna bagi anda yang ingin membersihkan file-file terselubung di tablet anda namun dengan satu catatan: gunakan 1 aplikasi Task Killer saja. Jika anda menggunakan aplikasi Task Killer yang terlalu banyak, maka akan berpengaruh terhadap tablet android anda.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi tablet lemot ini kami sajikan kepada anda yang kebetulan sedang mengalami masalah dimana tablet android anda menjadi lemot dan membuat anda jengkel. Anda bisa menerapkan cara-cara seperti yang sudah kami sebutkan diatas untuk mengatasi masalah tablet yang menjadi lemot. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick