Sponsors Link

Cara Mengatur Grafik PUBG Mobile Menjadi HDR

Sponsors Link

Perkembangan pesat yang dibuat oleh para vendor perusahaan merk HP terbaik membuat daya tarik sendiri untuk para developer game. Dengan berkembangan spesifikasi handphone atau HP smartphone, membuat banyak sekali game – game yang dibuat dengan spesifikasi grafik yang tinggi, memakan RAM dan internal memori yang besar. Game sendiri sebenarnya dibuat untuk menghilangkan stress, merefleksikan otak, menumbuhkan daya kreatifitas dan dapat meningkatkan kinerja otak kiri dan kanan.

Namun, akhir – akhir game sudah seperti hal yang tidak asing di masyarakat Indonesia. Bisa dibilang sedang naik daun, yang tadinya dibuat untuk menghilangkan stress, merefleksikan otak dan sebagainya. Kini game sudah seperti pekerjaan pokok. Banyak para gammer yang sudah mendapatkan ratusan bahkan miliar rupiah dari bermain game dengan cara membuat konten di Youtube dan mengikuti lomba – lomba yang telah disediakan. Game selain menjadi pekerjaan pokok kini sudah bisa disebut sebagai ‘olahraga’ atau yang biasa lebih dikenal eSport. Asian Games tahun lalu pun menyediakan kompetisi dibidang eSport seperti Clash Royale, PES dan masih banyak lagi. Pada tahun lalu pun ada salah satu game yang membuat kompetisi besar di Dubai.

Yaitu game yang sedang naik daun karena menjadi buah bibir di masyarakat Indonesia bahkan luar negeri adalah Player Unknown’s Battleground atau biasa di singkat PUBG. PUBG merupakan jenis game battle royale yang sudah mendunia. Tujuan game tersebut adalah kamu bertempur melawan 100 orang dan bertahan hidup hingga semua player kalah. Setelah sukses dan menjadi top 1 game terbanyak yang dimainkan di steam mengalahkan Dota 2 pada tahun 2017 yang lalu. Kini game yang awalnya dibuat untuk PC atau personal computer telah melebarkan sayapnya ke ponsel pintar atau smartphone.

Melihat banyak sekali minat gammer di smartphone membuat PUBG tertarik untuk membuat game sendiri berbasis mobile. Bekerja sama dengan perusahaan asal China yaitu Tencent. PUBG sukses membuat versi mobilenya dengan nama PUBG Mobile. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatur grafik PUGB Mobile ada baiknya mengetahui minimal spesifikasi untuk bermain PUBG Mobile.

Spesifikasi minimun OS Android untuk bermain PUBG Mobile :

  • OS Android versi 6.1
  • RAM : 2GB
  • Prosesor : Snapdragon 435, 400
  • Memori Internal : 6GB Free

Spesifikasi yang Direkomendasikan untuk bermain PUBG Mobile di Android:

  • Os Android Versi 6.1
  • RAM 4GB
  • Prosesor : Snapdragon 835,820,821
  • Memori Internal bebas 16GB

Spesifikasi yang direkomendasikan iOS untuk bermain PUBG Mobile :

  • OS : iOS 9
  • RAM : 2GB
  • Intel Dual Core @1.3 Ghz
  • Memori Internal : 2.5 GB Free

Mengetahui spesifikasi HP terbaik untuk Main PUBG itu sangat penting. Dengan mengetahui minimun dan recommended yang dipublish oleh developer game tersebut dapat membuat kita dapat mengatur grafik sesuka hati kita dan tentunya dengan grafik yang high atau ‘rata kanan’ pengalaman bermain pun menjadi lebih menyenangkan. Berikut cara mengatur grafik PUBG Mobile :

  • Setelah login dan berada di lobi game. Kamu bisa masuk ke settingan
  • Lalu, cari menu graphics
  • Didalam menu graphics, kamu bisa memilih graphics yang ingin digunakan, frame rate yang ingin digunakan dan style yang ingin digunakan. Tentu ini semua dipilih sesuai selera dan kemampuan HP smartphone

Pembahasan kita kali ini adalah graphics. Di dalam game PUBG Mobile terdapat 5 pilihan graphics yaitu smooth, balanced, HD, HDR, UltraHD. Untuk mereka yang menggunakan prosesor dibawah snapdragon 800 biasanya tidak akan bisa menggunakan grafik HDR dan UltraHD. Tentu dikarenakan HP smartphone kamu tidak akan kuat untuk bermain di grafik tersebut. Namun sekarang sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membuat kamu bisa bermain di grafik HDR dan UltraHD salah satunya adalah aplikasi GFX Tool. Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi GFX Tool ada baiknya kamu mengetahui resiko yang akan terjadi :

  • HP Kamu Akan Lebih Cepat Panas: Dengan menggunakan grafik HDR atau UltraHD. HP smartphone kamu akan panas 5x lebih cepat dari biasanya. Ini dikarenakan prosesor akan bekerja lebih cepat dari biasanya. HP kamu juga bisa merestart sendiri, force close, not responding dan lag
  • Baterai 5x Lebih Boros: Tentu dengan memaksa prosesor untuk meningkatkan grafik. Membutuhkan sumber daya yang banyak. Oleh sebab itu, tidak aneh rasanya jika baterai kamu jadi lebih boros 5x lebih cepat
  • Peluang Di Banned: Salah satu cara Tencent untuk mengurangi cheater yang merajalela adalah dengan membanned seseorang yang bermain PUBG Mobile menggunakan aplikasi tambahan atau biasa disebut aplikasi pihak ketiga di smartphone. Sehingga ada peluang akun kamu terkena Banned bila menggunakan GFX Tool ini.

Untuk kamu yang masih penasaran dan ingin merasakan bermain menggunakan grafik HDR bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi pihak ketiganya di Play Store berjudul GFX Tool
  2. Setelah selesai menginstall aplikasi tersebut. Silahkan buka aplikasinya.
  3. Untuk pilihan select version, kamu bisa memilih 0.7.5 (GP) mungkin sekarang akan berubah menjadi 0.11.1 (GP)
  4. Untuk pilihan resolusi. kamu bisa memilih 960 X 540
  5. Untuk pilihan Graphics. Kamu bisa memilih HDR
  6. Untuk pilihan FPS. Kamu bisa memilih 60fps. Sehingga nanti FPS kamu di dalam game pindah ke Extream
  7. Anti-Aliasing merupakan pilihan yang dapat memperhalus lekukan di tubuh karakter seperti sikut, sela jari. Kamu bisa memilih enable atau disable
  8. Untuk pilihan style silahkan pilih colorful (bebas)
  9. Kamu tinggal klik accept dan run game. Maka otomatis Grafik PUBG Mobile kamu akan pindah ke HDR.

Sebagai catatan, mungkin beberapa pilihan di atas tidak akan kamu temukan di HP smartphone. Karena OS Android kamu dibawah versi 7. Untuk mengembalikan ke versi default. Kamu harus masuk ke GFX Tool dan mengatur seperti biasanya atau kamu juga bisa menghapus cache dan data dari PUBG Mobile kamu sendiri. Jika HP smartphone kamu tidak support untuk graphics HD atau HDR tidak perlu memaksakannya. Cukup bermain aman di graphics smooth dengan frame rate medium atau high. Cara terbaik untuk mengatur grafik PUBG Mobile agar sesuai dengan keinginan kita adalah dengan membeli HP yang cocok untuk game berat dengan kemampuan sesuai seperti yang sudah direkomendasikan dari pihak PUBG Mobile.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick