Sponsors Link

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus di iPhone

Sponsors Link

Anda tentu sudah tidak asing dengan iPhone. iPhone adalah lini hp pintar buatan Apple, salah satu vendor hp pintar paling laris di pasaran. Apple sendiri dikenal dengan produk-produknya yang premium dan diperuntukkan bagi kalangan kelas atas. Tak heran. jika iPhone punya harga selangit yang relatif jauh lebih mahal dari hp sekelasnya. Misalnya, Samsung dan Xiaomi.

ads

Apple juga secara ekslusif menghadirkan sistem operasi buatan mereka sendiri yang bernama iOS. iOS lah kemudian mengotaki produk-produk Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod. Sampai hari ini, Apple secara rutin melakukan pembaharuan terhadap iOS yang kini menginjak iOS versi 12.3. Jika anda salah satu pengguna produk Apple, sudah kah anda melakukan update? Update iOS sendiri sangat penting untuk dilakukan karena akan ada banyak pembaharuan fitur ataupun perbaikan bug di dalamnya. Sama halnya dengan Xiaomi dengan ROM MIUI berbasis Android mereka yang kerap melakukan pembagian update software untuk para penggunanya.

Punya sistem operasi milik sendiri tentu menjadi kelebihan utama bagi Apple. Pesaing berat android yang merupakan sistem operasi buatan Google yang kemudian mengotaki seluruh seri hp android seperti Oppo dan Vivo ini digadang-gadang punya sistem keamanan yang lebih susah untuk dibuka celahnya ketimbang android. Hal ini berkaitan dengan sistem iOS yang tidak memungkinkan anda untuk melakukan kustomisasi macam-macam tak seperti android yang sifatnya open-source yang mana anda bisa melakukan berbagai perubahan pada bagian sistemnya.

Disamping itu, sistem keamanan yang super kuat itu juga lah yang menjadi kekurangan iOS. Contohnya adalah anda tidak dapat dengan mudah menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di iPhone, iPod, maupun iPad. Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan jika aplikasi tersebut jarang anda gunakan dan memakan banyak space di storage iPhone anda apalagi jika anda menggunakan iPhone dengan varian storage paling kecil, 16 GB.

Jika anda merupakan pengguna iPhone XR 256 GB, hal ini bukan masalah besar karena anda dapat mengabaikan aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut. Umumnya, aplikasi yang tidak bisa dihapus adalah aplikasi bawaan sistem seperti Contact, Facetime, Health, dan lain-lain.

Akibat Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus di iPhone

Aplikasi yang tidak bisa dihapus tentu akan merugikan kamu para pengguna iPhone yang punya storage kecil. Berikut ini adalah beberapa akibat yang ditimbukan dari aplikasi yang tidak bisa dihapus di perangkat iPhone milik anda.

  • Memakan banyak memori. Salah satu kekurangan iPhone adalah kapasitas penyimpanan datanya yang kecil. Jika anda kebetulan memiliki varian iPhone dengan kapasitas 16 GB atau 32 GB, kami yakin storage anda akan penuh dalam hitungan bulan. Aplikasi yang tidak bisa dihapus ini lah yang menyebakan storage menjadi cepat penuh.
  • Merusak Estetika. Aplikasi bawaan milik Apple yang tidak bisa dihapus ada banyak jumlahnya. Akan sangat merepotkan bukan jika jumlahnya ada banyak dan memenuhi springboard atau layar homescreen anda?
  • Lemot. Meski iOS disinyalir sebagai sistem operasi yang paling stabil ketimbang android, tetap saja ada saat dimana iPhone anda menjadi lemot. Beberapa faktor menjadi penyebab utama mengapa iPhone lemot tak terkecuali, aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Untuk anda pengguna android, anda bisa mencari tahu artikel mengenai penyebab hp lemot saat membuka aplikasi.

Setelah mengetahui beberapa akibat dari aplikasi yang tidak bisa dihapus di iPhone, sekarang anda bertanya-tanya bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di iPhone. Anda tak perlu cemas karena kami akan memberikan anda langkah yang harus dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus di hp iPhone anda. Berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa anda coba.

Langkah 1

  1. Buka iPhone anda. Pastikan anda menemukan ikon Setting, kemudian buka.
  2. Nah, di bagian Setting ini, anda akan menemukan berbagai opsi untuk melakukan perubahan pada iPhone anda.
  3. Klik General kemudian pilih Retrictions.
  4. Kemudian aktifkan Deleting App.
  5. Setelah itu, anda bisa melakukan penghapusan aplikasi yang tidak anda inginkan di iPhone anda. Langkah ini bisa anda lakukan pada semua seri iPhone contohnya adalah iPhone 5c yang merupakan generasi kelima milik iPhone

Untuk anda yang masih bingung apa itu Retrictions dan apa hubungannya dengan aplikasi yang tidak bisa dihapus di Iphone, Retrictions adalah salah satu fitur khusus buat iOS yang memungkinkan anda untuk melindungi data-data yang ada di iPhone anda. Ini lah yang kemudian menjadikan iOS lebih aman ketimbang android karena ia menghadirkan fitur seperti ini.


Yang harus diketahui adalah Retrictions secara default tidak aktif saat pertama kali iPhone dinyalakan. Jika anda membeli iPhone dalam kondisi second dan tidak bisa menghapus aplikasi, boleh jadi pemilik iPhone sebelumnya belum melakukan setting sehingga untuk mengaktifkan setting pada bagian Retrictions, anda akan dimintai password. Solusinya adalah, anda bisa menghubungi pemilik iPhone sebelumnya.

Langkah 2

Langkah kedua ini terbilang simpel. Bagi anda yang ingin menghapus aplikasi yang tak hanya aplikasi bawaan saja namun tidak bisa dihapus, anda bisa mengikuti langkah di bawah ini tanpa perlu melakukan setting tambahan.

  1. Lakukan restart pada iPhone anda. Anda bisa melakukan hard reset dengan menekan tombol home dan lock secara bersama-sama. Diamkan selama beberapa detik hingga layar mati dan logo Apple muncul. Setelah itu lepaskan kedua tombol yang anda tekan tersebut.
  2. Setelah springboard terbuka, silakan lihat apakah aplikasi yang ingin anda hapus misal Whatsapp yang merupakan salah satu aplikasi chat terbaik sudah terhapus atau belum.
  3. Jika belum berhasil, anda bisa mengunduh ulang Whastapp lewat App Store dan ulangi proses penghapusan aplikasi.

Demikian cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di iPhone yang bisa anda terapkan melalui langkah-langkah yang sudah kami sebutkan diatas. Perlu diketahui, langkah diatas hanya berlaku untuk perangkat bersistem operasi iOS baik itu iPhone, iPad, ataupun iPhone. Jika anda pengguna android dan kebetulan ingin membuat aplikasi di hp android anda tidak bisa dihapus, anda bisa lakukan cara agar aplikasi android tidak bisa dihapus dengan aman dan mudah.

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trick