Sponsors Link

25 Cara Menghemat Baterai Android yang Ampuh dan Tepat

Sponsors Link

Jika diibaratkan baterai pada ponsel Anda adalah nyawa, sehingga ketika baterai sudah habis dayanya maka secara otomatis ponsel Anda tidak dapat digunakan. Banyak dari kita yang mengabaikan baterai pada ponsel, contoh kecilnya adalah melakukan pengisian baterai semalam suntuk. Perlu diketahui bahwa baterai mempunyai lapisan-lapisan tersendiri, jika kita melakukan pengisian secara berlebih maka akan mengakibatkan penurunan kerja pada baterai tersebut.

ads

Sebelum kita membahas tentang cara menghemat baterai Android, maka penulis akan sedikit membahas tentang baterai pada ponsel. Termasuk komponen apa saja yang ada pada baterai ponsel, macam dan jenisnya, serta kapasitas dari masing-masing baterai dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Agar Hp Tidak Lemot.

Kutub Baterai Hp Android

Pada umumnya baterai pada ponsel Android mempunyai tegangan sebesar 4,8 Volt dengan kapasitas sebanyak 1200 mAh. Memiliki empat kutub yaitu Ground, Bid, BSI/ Btemp, kutub positif untuk VCC baterai. Dimana keempat kutub ini mempunyai sistem kerja sendiri-sendiri, kutub positif mengalirkan arus listrik positif sedangkan kutub negatif tempat mengalirnya arus listrik menuju ground. Bid atau disebut dengan Battery Indication merupakan jalur ponsel untuk mengidentifikasi jenis baterai yang digunakan, kutub Bid ini berhubungan dengan kutub negatif. Sehingga hal ini dapat mendeteksi secara dini jika kita menggunakan baterai yang bukan original dengan cara ada pemberitahuan pada layar ponsel kita jika terdapat kesalahan pada baterai.

Baca juga:

Untuk BSI atau disebut dengan Battery Size Indicator merupakan alat untuk mengukur batas kapasitas tegangan yang diperbolehkan untuk disimpan oleh baterai tersebut. Sehingga pada baterai pada ponsel sudah dipasang suatu alat yang namanya regulator dimana mempunyai fungsi untuk menyesuaikan kebutuhan rangkaian lainnya jadi aman jika kita melakukan pengisian baterai secara berlebihan, namun ingat regulator ini mempunyai kekuatan yang maksimal jadi jika kita terlalu sering melakukan pengisian baterai secara berlebih maka regulator akan cepat rusak, jika rusak sistem kerja baterai menjadi tidak maksimal dan ditandai dengan baterai yang bergelembung.

Jenis Baterai Hp Android

Jika kita sudah membahas tentang kutub pada baterai, maka penulis akan membahas tentang macam-macam dari baterai pada ponsel Android. Berdasarkan bahan dasarnya baterai pada ponsel Android dibagi menjadi dua yaitu :

  • Li-Ion
Sponsors Link

Li-ion merupakan baterai ponsel Android yang berbahan dasar Litium Ion, baterai ini biasa digunakan untuk baterai jenis removable (dapat dilepas), Li-Ion sangat reaktif jika terjadi kebocoran mengakibatkan karat ada perangkat, sehingga baterai jenis ini ditempatkan pada cassing berbahan logam dengan tujuan agar lebih kuat, mampu menyimpan energi sebanyak tiga kali lipat, baterai ini tidak mempunyai lazy battery sehingga baterai tidak perlu dikosongkan sebelum dilakukan pengisian.

Kekurangan dari baterai jenis ini adalah self discharging lebih kecil yaitu sekitar 10%, cepat panas dan mudah drop jika diberi beban terlalu banyak, sangat reaktif sehingga bahan kimia yang ada di dalamnya mudah terurai dengan sendirinya setelah dua tahun tidak dapat terpakai meskipun baterai tersebut hanya disimpan saja.

  • Li-Po

Li-Po merupakan baterai yang terbuat dari Litium Polimer, baterai jenis ini banyak digunakan untuk baterai non-removable (tidak dapat dilepas). Kelebihan dari baterai Li-Po adalah beratnya yang lebih ringan sekitar 10-15% sehingga sangat cocok untuk peralatan mini. Mengapa baterai jenis ini sangat ringan? Dikarenakan komponen pembentuknya adalah polymer, seperti yang kita ketahui polymer adalah seyawa pembentuk plastik, sifat dasar dari plastik itu sendiri ringan dan tidak mudah reaktif, hal ini lah yang mengakibatkan untuk menyederhanakan cassing pada baterai. Kekurangan dari baterai jenis Li-Po adalah mudah kehilangan kapasitasnya.

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Setelah kita mengetahui komponen apa saja yang terdapat pada baterai beserta kutub dan macamnya, penulis akan membahas tentang penyebab baterai pada ponsel kita mudah habis dan berikut adalah penyebabnya :

  • Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi

Perlu anda ketahui bahwa penggunaan aplikasi yang terlalu banyak pada ponsel anda dapat menghabiskan baterai, hal ini dikarenakan aplikasi tersebut melakukan update secara otomatis. Aplikasi yang banyak menghabiskan baterai adalah semacam sosial media seperti Facebook, BBM, Twitter, Instagram, Snapchat dan lainnya. Selain sosial media aplikasi yang juga menghabiskan baterai adalah game dan aplikasi berbau mapping (pemetaan). Anda bisa mengetahui jenis aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan baterai pada ponsel Anda dengan cara masuk ke pengaturan kemudian penggunaan baterai maka disana akan ada riwayat aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan daya baterai.

  • Terlalu Banyak Widget

Ingat terlalu banyak menampilkan widget pada homescreen pada ponsel Anda dapat menghabiskan daya pada baterai, meskipun fungsi dari widget ini untuk memudahkan kita membuka aplikasi yang kita butuhkan secara cepat namun pemasangan widget ini perlu dipikirkan ulang. Sehingga saran dari penulis adalah pasang widget yang benar-benar penting dan selalu digunakan setiap saat. Dengan tujuan supaya daya pada baterai ponsel kita lebih hemat dan tidak boros.

Baca juga: Penyebab Hp Bootloop.

  • Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Mungkin untuk sebagian orang kecerahan pada layar di setting secara maksimal dengan tujuan memudahkan dalam menggunakan ponselnya, terutama bagi mereka yang sudah berumur. Keterbatasan pada penglihatan menyebabkan pengaturan untuk kecerahan layar dimaksimalkan, namun dampak yang diakibatkan adalah daya pada baterai mudah habis. Jadi saran penulis adalah sebaiknya lakukan pengaturan untuk kecerahan layar setengah dari batas maksimal, dengan tujuan mengurangi penghematan daya pada ponsel anda.

  • Baterai Sering Panas

Sering kita mengalami baterai pada ponsel kita terasa panas mungkin saat dilakukan pengisian ulang, digunakan saat memainkan suatu game, telepon, dan masih banyak yang lainnya. Ada baiknya jika baterai sudah terasa panas, sebaiknya lakukan penghentian penggunaan ponsel (diistirahatkan). Cobalah untuk mengistirahatkan ponsel anda beberapa saat, tunggu sampai dalam temperatur normal. Langkah ini mampu mengurangi penggunaan daya pada ponsel anda.

Itulah beberapa penyebab dari borosnya daya pada baterai di ponsel kita. Pastinya kita pernah mengalami hal-hal diatas, maka mulai dari sekarang cobalah untuk merubah kebiasaan buruk itu dengan maksud agar baterai pada ponsel kita dapat awet dan tahan lama.

Tips Menghemat Baterai Hp Android

Berikut penulis akan memberikan 25 tips cara melakukan penghematan daya pada baterai di ponsel Anda, adapun tips tersebut adalah sebagai berikut :

1. Disiplin dalam Melakukan Pengisian Ulang

Langkah ini adalah langkah awal yang wajib Anda terapkan jika ingin hp baterai awet. Segera lakukan pengisian daya jika dirasa daya pada baterai sudah dibawah 15% dan segera hentikan pengisian baterai jika sudah mencapai 100%. Jangan lakukan pengisian baterai semalam suntuk, baterai mempunyai kapasitas maksimal meskipun sudah dilengkapi dengan regulator. Selain itu penulis sarankan untuk mematikan jika melakukan pengisian baterai. Namun alangkah lebih baiknya jika kita membiasakan untuk disiplin dalam melakukan pengisian daya pada baterai.

2. Mematikan Ponsel

Mematikan ponsel tidak ada salahnya jika posisi kita sedang istirahat, semisal sedang di rumah dan tidur malam. Ingat kebersamaan dengan keluarga dan orang tercinta itu juga lebih penting dibandingkan dengan ponsel kita. Menurut data dari WHO bahwa radiasi pada ponsel bersifat karsinogenik yang mampu mempengaruhi susunan saraf manusia sehingga mengakibatkan kanker dan tumor. Maka alangkah lebih baik jika saat sedang tidur malam, matikan ponsel Anda dengan tujuan kesehatan dan pastinya menghemat daya pada baterai di ponsel kita.

3. Menurunkan Kecerahan pada Layar

Menurunkan kecerahan layar memang sangat penting untuk menghemat daya baterai, sehingga penulis sarankan untuk mengatur kecerahan layar dibawah 50% saja. Jika Anda memiliki kekurangan pada penglihatan, Anda bisa mengatur kecerahan layar pada posisi 50%. Sedangkan bagi Anda yang masih memiliki tingkat penglihatan yang baik aturlah kecerahan layar pada posisi 20-30%. Hal ini dapat menghemat penggunaan daya pada baterai.

4. Membersihkan Baterai

Membersihkan baterai bisa Anda lakukan dengan cara membersihkan pada bagian kutub-kutubnya, pastinya dengan tisu kering. Jangan sekali-kali membersihkan kutub baterai dengan tisu basah atau kain basah karena mengakibatkan karat pada kutub tersebut.

5. Menghilangkan Widget pada Homescreen

Sama seperti yang sudah disebutkan di atas, dimana beberapa penyebab baterai cepat habis salah satunya adalah pemasangan widget yang terlalu banyak pada homescreen. Sekali lagi penulis sarankan untuk memasang widget seperlunya saja. Pasanglah widget yang sekiranya benar-benar dibutuhkan semisal SMS, Whatsapp, Telp, dan kamera. Karena keempat komponen itu menurut penulis sangat dibutuhkan. Pada intinya menyesuaikan kebutuhan dari masing-masing pengguna.

6. Mengatur Lalu Lintas Data Internet

Langkah ini juga sangat efektif untuk menghemat daya pada baterai, selain itu juga mampu menghemat kuota internet Anda. Jika Anda ingin mengatur lalu lintas data internet, Anda bisa mendownload aplikasi pengatur lalu lintas data semisal Droidwall.

7. Mematikan Koneksi Wifi

Tanpa kita duga dan disadari bahwa penggunaan wifi juga mampu mengakibatkan pemborosan daya pada baterai di ponsel Anda. Sehingga penulis sarankan gunakan layanan internet 3G dan 4G pada ponsel Anda. Mungkin jika ada hal yang mendesak, mengaktifkan wifi bisa dilakukan. Jika wifi dalam keadaan on maka dia akan bekerja secara otomatis untuk mencari signal wifi di lingkungan yang ada.

Sponsors Link

8. Mematikan GPS

Mematikan GPS juga salah satu cara untuk melakukan penghematan daya pada ponsel Anda. Gunakan GPS pada hal-hal tertentu saja semisal jika Anda sedang melakukan perjalanan yang mana anda belum hafal dengan jalan tersebut maka anda bisa menggunakan GPS. Jika dirasa sudah selesai menggunakan GPS segera matikan GPS tersebut. Selain cepat menghabiskan daya baterai, GPS ini juga cepat menghabiskan kuota Anda.

9. Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Langkah ini juga efektif untuk menghemat daya pada baterai di ponsel Anda, mungkin bagi sebagian orang tua yang mempunyai anak dan anak tersebut sangat senang dengan permainan di ponsel orang tuanya, mengakibatkan hampir semua permainan dipasang. Hal ini dapat mempengaruhi daya baterai pada ponsel Anda, jadi penulis sarankan agar bagi orang tua untuk jangan memberikan akses secara bebas kepada anak Anda untuk mendownload permainan yang tersedia pada Google Play. Selain untuk menghemat daya baterai langkah ini juga untuk melindungi anak Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan semisal kekerasan dan pornografi. Karena tidak semua permainan yang tersedia pada Google Play sesuai dengan usia anak Anda, maka berhati-hatilah bagi semua orang tua. Sedangkan bagi Anda yang masing lajang jangan terlalu banyak mendownload aplikasi yang dirasa tidak penting.

10. Penggunaan Antivirus yang Berlebihan

Mungkin bagi sebagian orang penggunaan antivirus yang berlebihan mampu untuk menangkal virus yang dapat merusak dari sistem operasi pada ponsel, namun kenyataannya hal ini salah. Penggunaan antivirus yang berlebihan dapat membuat boros pada daya baterai di ponsel Anda. Hal ini dikarenakan aplikasi anti virus ini selalu siap siaga untuk menangkal virus yang akan masuk pada ponsel anda. Sehingga penulis sarankan untuk menggunakan anti virus cukup satu jenis saja.

11. Memanfaatkan Aplikasi Pembersih Sampah

Aplikasi yang umumnya digunakan untuk membersihkan sampah adalah CCleaner, sama seperti pada PC jika tong sampah kita penuh maka akan mempengaruhi kinerja dari PC dan ponsel Anda. Sehingga alangkah lebih baiknya jika lakukan pembersihan sampah dengan CClener pada ponsel Anda. Selain untuk memperbaiki performa kerja ponsel juga mampu menghemat penggunaan daya pada baterai.

12. Nonaktifkan Aplikasi

Jika pada point di atas kita menghapus aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting, maka langkah ini juga bisa anda lakukan dimana jika anda sekiranya pada waktu tertentu membutuhkan aplikasi tersebut anda bisa melakukan aktifasi pada aplikasi tersebut. Jika sudah selesai menggunakan aplikasi tersebut maka anda bisa melakukan non aktifasi. Sehingga dengan langkah ini anda bisa menghemat daya pada baterai di ponsel anda.

13. Jangan Menggunakan Charger Palsu

Mungkin hal ini sering kita sepelekan, dimana melakukan pengisian baterai yang mana tidak menggunakan charger aslinya. Ternyata menurut beberapa pengalaman penulis dan teman-teman penulis langkah ini bisa merusak sistem kerja pada baterai Anda. Apalagi jika adaptor pada charger tegangannya tidak sama dengan tegangan yang terpasang pada baterai di ponsel kita. Jadi alangkah lebih baiknya jika kita mengunakan charger yang asli. Selain itu hindari melakukan pengisian di mobil, komputer dan laptop, langkah ini juga mampu merusak sistem kerja pada baterai di ponsel Anda.

14. Mengatur pada Mode Diam atau Getar

Langkah ini bisa Anda terapkan pada saat Anda dalam perjalanan dan daya baterai tinggal 50%. Tindakan yang perlu Anda ambil adalah dengan mengatur ponsel Anda pada mode diam atau getar. Menurut penulis mengatur mode diam atau getar pada ponsel Anda dapat menghemat daya.

15. Jangan Melakukan Streaming

Mendengarkan musik apalagi jika sembari melihat video klipnya pasti terasa berbeda dan lebih puas. Sedangkan bagi Anda yang senang menonton film pasti tidak mau tertinggal satu adegan pada film yang Anda sukai. Saat ini sangat banyak aplikasi yang menyediakan streaming film secara gratis, sehingga memudahkan Anda untuk mengupdate referensi perfilman Anda. Namun ingat kita jangan terlalu terlena dengan aplikasi yang ditawarkan mengingat melakukan streaming pada ponsel secara berlebihan apalagi dilakukan setiap hari dapat menghabiskan daya baterai Anda.

Selain baterai menjadi boros dampak lainnya adalah baterai menjadi cepat panas. Jika kita masih sering melakukan streaming tanpa batasan waktu, dapat penulis pastikan ponsel Anda akan cepat rusak mengingat baterai cepat panas yang nantinya akan memacu kerusakan pada komponen lain yang ada pada ponsel Anda. Boleh kita melakukan streaming film, video klip, vlog, atau serial drama Turki, Korea, atau India namun ingat kita harus punya batasan waktu yang tepat sehingga baterai kita tidak cepat habis dan panas.

16. Mengurangi Volume Dering

Bagi Anda yang aktif di dunia sosial media dan mempunyai teman atau relasi kerja yang banyak, aktivitas notifikasi pasti kerap anda dengar pada ponsel Anda. Baik itu notifikasi dari FB, Twitter, Instagram, BBM, WA, SMS dan lainnya, jika notifikasi tersebut kita atur pada posisi nada dering yang tinggi maka dapat dipastikan baterai pada ponsel Anda akan cepat habis. Jangan khawatir, Anda bisa mengatur volume nada dering dan notifikasi yang sewajarnya, mungkin 50% sudah cukup terdengar, selain itu Anda bisa memilih nada dering yang cukup pendek saja. Sehingga aktivitas Anda dalam berkomunikasi tetap lancar namun Anda juga bisa menghemat daya baterai pada ponsel Anda.

ads

17. Mematikan Live Wallpaper

Memiliki wallpaper yang lucu dan bisa berganti-ganti pasti menyenangkan, bahkan banyak dari kita mengatur live wallpaper pada ponsel kita. Namun ternyata live wallpaper tersebut sedikit banyak dapat membuat baterai kita cepat habis. Sehingga penulis sarankan untuk jangan mengatur live wallpaper pada ponsel Anda, jika baterai Anda masih ingin awet dan tidak boros.

18. Gunakan Hibernate atau Freeze Aplikasi

Cara menghemat baterai Android, selain dengan CCleaner dan antivirus, aplikasi lain yang wajib Anda download adalah hibernate atau freeze. Fungsi dari aplikasi ini tidak sama seperti antivirus dan CCleaner, namun lebih pada memantau atau mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan di background Anda. Dengan anda memasang hibernate atau freeze, Anda dapat mematikan secara otomatis aplikasi yang tidak terpakai tersebut. Dikarenakan jika semakin banyak aplikasi yang berjalan pada ponsel Anda maka akan cepat menghabiskan daya pada baterai. Dengan aplikasi hibernate atau freeze dapat menghemat daya baterai.

19. Gunakan Mode Power Saving

Perlu Anda ketahui bagi pengguna Android keluaran terbaru, banyak vendor yang menerapkan power saving. Dimana fungsi dari power saving adalah mengatur secara otomatis jika baterai pada ponsel Anda sudah berada pada level terendah. Semua sistem yang ada pada ponsel Anda termasuk kecerahan layar akan meredup secara otomatis. Power saving sangat membantu Anda untuk menghemat daya pada baterai, apalagi jika Anda dalam perjalanan. Sehingga penulis sarankan untuk memasang power saving yang ada pada ponsel Anda karena hal ini sangat bermanfaat.

20. Gunakan Aplikasi Penghemat Daya

Solusi ini bisa diterapkan bagi Anda pengguna Android keluaran awal dimana belum terpasang power saving. Aplikasi penghemat daya dapat Anda unduh untuk menghemat daya pada baterai Anda. Saat ini banyak sekali aplikasi penghemat daya baterai yang ada di Google Play semisal Super Battery Saver, Boost Battery Saver Free, Droid Battery Saver, Battery Optimizer, Battery Doctor, Battery Save Booster, dan Avast Battery Saver. Namun ingat sama halnya dengan antivirus, jangan sampai menginstal lebih dari satu jenis aplikasi. Bukannya Anda akan menghemat baterai, namun akan cepat menghabiskan baterai.

21. Mengatur Waktu Tidur Android

Langkah lain yang bisa membuat baterai Anda tetap awet adalah dengan cara mengatur waktu tidur Android. Maksud dari waktu tidur Android adalah mengatur berapa lama ponsel Anda akan mati secara otomatis layarnya ketika Anda sehabis membukanya. Ingat semakin lama layar pada ponsel menyala maka akan semakin banyak menghabiskan daya baterai. Jika sebelumnya waktu tidur pada ponsel Anda selama 30 detik dengan adanya penjelasan ini Anda bisa mengganti waktu tidurnya menjadi 15 detik saja.

22. Mengaktifkan Airplane Mode

Mengaktifkan airplane mode bisa Anda gunakan jika dirasa Anda sedang sibuk atau sedang berada di perjalanan dan Anda merasa notifikasi yang tidak penting di group WA atau BBM menganggu Anda. Selain notifikasi ini mengganggu juga dapat menghabiskan baterai pada ponsel Anda. Maka penulis sarankan untuk melakukan aktivasi airplane mode jika Anda menginginkan konsentrasi tinggi dan jika tidak ini diganggu.

23. Mematikan Fitur Sync

Fitur sync berfungsi untuk memberitahukan notifikasi email, FB, BBM, WA dan lainnya. Namun jika Anda merasa notifikasi ini tidak terasa penting Anda bisa mematikan fitur sync tersebut, mengingat fitur ini dapat menghabiskan daya baterai, apalagi jika sang pengguna sangat aktif di dunia sosial media. Jika fitur ini dimatikan, bagaimana cara kita mengetahui notifikasi pada email yang biasanya berkaitan dengan pekerjaan, maka Anda bisa melihatnya melalui aplikasinya secara langsung. Jika Anda merasa ragu untuk mematikan fitur sync ini, maka Anda bisa mengambil langkah lain untuk menghemat daya baterai.

24. Sering Merestart Ponsel

Kebiasan kita jika ponsel sedang tidak merespon apapun yang kita perintahkan, maka langkah yang akan kita ambil adalah merestart ponsel. Sebenarnya langkah ini sangat berbahaya mengingat sama saja kita memutuskan program secara mendadak pada ponsel. Efek yang ditimbulkan adalah cepat merusak ponsel dan baterai menjadi cepat habis. Maka penulis sarankan agar jangan sering melakukan restart pada ponsel Anda, bersabarlah untuk menunggu beberapa saat jika ponsel Anda sedang trouble.

25. Jangan Menggunakan Ponsel Ketika Sedang Dilakukan Pengisian Baterai

Cara menghemat baterai Android terakhir pada artikel ini adalah jangan menggunakan ponsel Anda ketika ponsel Anda sedang dilakukan pengisian karena dapat mengakibatkan kerusakan dan daya pada baterai akan cepat habis. Sehingga penulis sarankan untuk mematikan ponsel Anda ketika sedang dilakukan pengisian baterai.

Itulah 25 tips yang penulis bagikan kepada Anda jika baterai pada ponsel Anda ingin awet dan tidak mudah cepat rusak. Semoga bermanfaat, ingatlah bijak dalam menggunakan ponsel termasuk dalam penghematan baterai.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi