Sponsors Link

7 Cara Menghemat Kuota iPhone Agar Tidak Boros

Sponsors Link

Apa saja yang harus Anda lakukan sebagai cara menghemat kuota iPhone? Setiap pengguna smartphone sudah pasti tidak akan asing dengan yang namanya kuota internet. Kuota internet merupakan syarat penting yang harus dipenuhi jika seseorang ingin terhubung ke internet. Para provider SIM Card pun sudah menawarkan berbagai kuota internet dengan harga dan kelebihannya masing-masing.

Bagi Anda yang sekarang memakai kuota internet, Anda harus paham tentang bagaimana cara Anda menghematnya. Jika seseorang ternyata tidak pandai menghemat kuota dan malah menggunakannya untuk hal-hal yang tidak perlu, maka jangan kaget jika kuotanya tersebut akan cepat habis. Bagi para pengguna iPhone, permasalahan mengenai kuota internet yang cepat habis juga tidak dapat dihindari.

Maka dari itu, di bawah ini kamu sudah menyiapkan beberapa cara menghemat kuota iPhone yang bisa dicoba. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan hp keluaran Apple ini dengan nyaman dan tidak khawatir kuota internet akan cepat tersedot.

1. Matikan Paket Data Ketika Tidak Digunakan

Cara menghemat kuota iPhone yang pertama adalah Anda matikan paket data jika ternyata tidak digunakan. Cara ini sebenarnya bisa diterapkan bukan hanya untuk merk hp iPhone saja. Hp Samsung, Xiaomi, dan berbagai merk hp lainnya pun juga bisa menerapkan cara ini sebagai cara terbaik untuk menghemat kuota. Mengapa paket data tersebut harus dimatikan? Bukannya hanya cukup kita tidak membuka aplikasi saja?

Alasannya adalah karena ada beberapa aplikasi yang masih tetap berjalan bahkan meskipun smartphone dalam kondisi tidak digunakan. Aplikasi tersebut tentunya akan secara perlahan menyedot kuota internet dan jika dibiarkan mala bisa menyebabkan kuota internet iPhone Anda akan cepat habis.

Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri mematikan paket data smartphone Anda jika memang tidak sedang digunakan. Akan tetapi ingat, cara ini memang terjamin mampu menghemat kuota, namun Anda juga harus memperhatikan apakah nanti ada teman atau ada pemberitahuan penting yang malah membuat Anda ketinggalan ketika Anda mematikan paket datanya.

2. Mengatur Aplikasi

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur aplikasi mana saja yang menurut Anda memang harus terkoneksi ke internet dan tidak. Jika ternyata Anda tidak bisa menerapkan tips yang pertama dikarenakan ada banyak informasi penting yang masuk, Anda masih bisa menggunakan cara kedua yang akan kami bagikan di bawah ini.

Sederhananya Anda tinggal melakukan pengaturan aplikasi. Anda bisa mengatur dan memberikan izin terhadap aplikasi mana saja yang Anda izinkan untuk bisa beroperasi di iPhone Anda. Lalu bagaimana caranya? Simak informasi yang akan kami berikan di bawah ini:

  • Masuk ke pengaturan atau settings dan kemudian Anda pilih celluar.
  • Setelah itu, tinggal Anda scroll ke bawah  dan nanti tinggal menentukan mana saja aplikasi yang tetap diperbolehkan untuk beroperasi atau tidak.

3. Matikan Layanan Lokasi

Cara menghemat kuota iPhone yang ketiga adalah dengan mematikan layanan lokasi atau location service. Perlu dipahami bahwa aplikasi yang satu ini tidak jarang tiba-tiba membuat kuota kita tinggal sedikit. Mereka yang menggunakan iPhone dalam waktu yang lama sudah tahu perihal location service ini. Lalu bagaimana cara pengaturan location service agar supaya tidak sampai menyedot paket internet?

  • Pertama, Anda harus masuk ke menu pengaturan atau settings  dan kemudian barulah Anda memilih tuliasn privacy.
  • Kedua, Anda tinggal memilih location servises yang dari kemarin-kemarin telah menyebabkan kuota internet Anda banyak yang tersedot.

4. Matikan Background App Refresh

Cara yang juga bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota internet bagi pengguna iPhone adalah dengan mematikan fitur yang bernama backrgound app refresh. Apakah Anda tahu fitur ini? Mungkin pengguna iPhone yang lama masih belum tahu dan bahkan pengguna iPhone yang baru pun tidak menjamin faham tentang fitur yang disematkan ke hp mereka.

Namun apapun fungsnya yang jelas bahwa fitur ini sudah banyak menyedot paket data. Lalu bagaimana cara mematikannya? Di bawah ini kami sudah menyiapkan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Pertama Anda harus masuk ke pengaturan atau yang dinamakan sebagai settings.
  • Kedua dan yang terakhir, Anda tinggal langsung mematikan fitur tersebut. Kami menyaranka agar Anda merestart smartpone ketika selesai Anda atur pengaturannya.

5. Mematikan Fitur Auto Download

Mungkin fitur ini merupakan salah satu fitur yang tidak diprediksi bahkan membuat kuota cepat habis. Terkadang kita tidak diminati konfirmasi apakah hendak mendownload atau tidak. Namun memang fitur ini akan membuat konsumsi internet menjadi boros. Maka dari itu, Anda harus waspada dan jangan sampai membiarkan fitur ini terbengkalai yang malah nanti akan terus menyedot kuota internet sehingga membuat kuota cepat habis.

Lalu bagaimana cara mematikan fitur auto download pada iPhone? Di bawah ini kamu sudah menyiapkan beberapa langkah yang harus Anda ikuti.

  • Masuk ke pengaturan atau settings
  • Anda tinggal mematikan sebuah fitur bernama use celluar data yang merupakan sumber unuk menghemat penggunaan kuota.

Baca juga mengenai cara mengubah kuota maxstream menjadi kuota flash tanpa aplikasi.

6. Mematikan Koneksi untuk iCloud

Cara menghemat kuota iPhone yang keenam juga bisa Anda lakukan dengan cara mematikan koneksi internet yang ada untuk iCloud. Anda hanya perlu mengkoneksikan internet untuk iCloud hanya ketika terhubung ke WiFi saja agar supaya paket internet Anda tidak cepat habis. Lalu bagaimana cara melakukannya? Ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Pertama Anda harus masuk ke menu pengaturan atau settings.
  • Kedua Anda harus masuk ke iCloud.
  • Setelah itu, iCloud Drive dan Anda tinggal scroll ke bawah dan kemudian barulah Anda harus mematikan use cellular data.

7. Mematikan WiFi Assist

Cara terakhir yang juga berguna untuk menghemat kuota Anda adalah dengan mematikan WiFi Assist. WiFi Assist merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh iPhone dimana fitur ini akan bekerja ketika koneksi WiFi tidak terlalu stabil dan bahkan tiba-tiba menghilang. iPhone akan otomatis mencari paket data dan langsung terkoneksi dengannya.

Bayangkan ketika waktu itu Anda mendownload file besar menggunakan WiFi dan tiba-tiba langsung terkoneksi ke paket data Anda. Maka kuota internet dijamin akan langsung tinggal sedikit dan malah akan langsung habis.

  • Masuk ke menu pengaturan dan pilih cellular.
  • Scroll ke bawah dan matikan fitur WiFi Assist.

Demikian cara menghemat kuota iPhone agar bisa awet dan tidak boros. Bila Anda menggunakan provider Axis, mungkin Anda juga membutuhkan info cara menggunakan kuota lokal Axis di daerah lain.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick