Sponsors Link

4 Cara Menghubungkan Flashdisk ke iPhone dengan USB OTG

Sponsors Link

Kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara menghubungkan flashdisk ke iPhone yang mungkin sampai saat ini masih ada beberapa orang yang belum paham tentang hal tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak kemajuan dan fitur-fitur canggih terlahir dan salah satunya yakni smartphone yang bisa dihubungkan dengan flashdisk. Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan, mengingat anda tidak harus membutuhkan laptop atau komputer ketika anda membutuhkan data di dalam flashdisk secara mendadak. Lantas bagaimana cara anda melakukannya? Yang pasti, anda harus membutuhkan pihak ketika yang berfungsi sebagai perantara yakni sebuah USB atau Universal Serial Bus yang disebut dengan USB OTG.

Salah satu fungsi USB OTG atau On The Go adalah memang untuk mengubungkan flashdisk ke smartphone, baik anda yang menggunakan Andorod maupun juga iOS. Biasanya USB OTG bukan hanya digunakan untuk penghubung flashdisk, melainkan juga biasanya dikoneksikan dengan perangkat lain seperti joystick yang nantinya akan berguna ketika bermain game. Sekedar tambahan bahwa saat ini sudah banyak flashdisk yang beredar dengan berbagia merk dan harga. Pastikan anda memilih flashdisk yang memiliki kualitas baik meskipun harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal, dibandingkan dengan harus membeli flashdisk dengan harga murah, namun tidak bisa digunakan dalam jangka panjang.

Dan bagaimana cara menghubungkan flashdisk ke iPhone? Bagi anda yang penasaran, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan berikut ini. Namun sebelum itu, kami ingin mengajak anda mempelajari informasi lain seputar iPhone yaitu cara memperbaiki alarm di iPhone yang tidak berfungsi dan juga perihal cara mengatasi iPhone terjebak di model Headphone.

1. Siapkan beberapa perlengkapan

Sebelum anda mulai menyambungkan flashdisk ke iPhone dengan menggunakan USB OTG, maka anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan terlebih dahulu. Adapun perlengkapan yang harus anda siapkan yakni USB OTG itu sendiri dan juga sebuah smartphone yang memang mendukung fitur tersebut karena tidak sedikit smartphone keluaran lama yang masih belum mendukung fitur OTG.

Sekedar informasi bagi anda yang ingin membeli USB OTG. Anda bisa mendapatkan di toko elektronik terpercaya yang ada di sekitar rumah anda. Selain itu, anda juga bisa membelinya secara online meskipun memang anda harus memastikan bahwasanya barang yang akan anda beli tersebut benar-benar merupakan barang asli dan bisa dipercaya. Untuk harga dari USB OTG bermacam-macam. Minimal anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 50.000 untuk bisa mendapatkannya dan tentu saja bisa lebih mahal, tergantung merk apa yang anda beli.

2. Hubungkan USB OTG ke iPhone

Langkah kedua setelah adna selesai menyiapkan berbagai macam perlengkapan adalah mulai menghubungkan kabel USB OTG ke iPhone anda. Yang perlu anda lakukan yaitu dengan menghubungkan flashdisk ke konektor flashdsik yang ada pada USB OTG dan juga menghubungkan konektor USB smartphone pada OTG ke iPhone anda. Anda juga harus memastikan bahwa anda benar-benar telah menghubungkannya secara rapat dan jangan tidak rapat karena dikhawatirkan flashdisk anda atau kabel USB OTG tidak bisa terbaca. Selain itu, anda harus memastikan juga bahwasanya flashdisk anda sudah bersih dari virus agar tidak sampai menyerang iPhone anda. Dan bagi anda yang ingin berjaga-jaga, maka anda juga bisa mendownload antivirus iPhone di AppStore.

3. Menggunakan aplikasi file manager

Langkah ketiga yang harus mulai anda lakukan setelah dua konektor pada USB OTG sudah tersambung, baik ke iPhone maupun flashdisk adalah mulailah menggunakan aplikasi file manager. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah file manager karena memang aplikasi yang satu ini merupakan salah satu jalan yang bisa membuat anda melihat seluruh data yang ada pada smartphone maupun juga flashdisk yang terhubung ke iPhone anda.

Maka dari itu, anda harus membuka aplikasi tersebut dan mulailah mencari apa saja file yang mungkin sedang anda butuhkan untuk anda copy atau anda buka. Dan terkadang ada smartphone yang malah tidak memiliki file manager. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda masih bisa mendownloadnya di Google PlayStore atau juga AppStore. Adapun untuk lokasi flashdisk anda tergantung merk smartphone atau sistem operasi pada smartphone anda. Namun secara umum, flashdisk akan dibaca “Removable/USBdisk1″ pada smartphone anda. Kemudian anda hanya perlu membukanya untuk kemudian melakukan segala aktivitas yang anda perlukan.

4. Setelah anda selesai, maka jangan langsung eject flashdisk

Ketika anda selesai membuka, mengcopy, atau bahkan menghapus data yang ada pada flashdisk, maka anda tidak dianjurkan untuk langsung mencabut flashdisk anda tersebut. Salah satu tujuannya adalah untuk menghindarkan smartphone maupun flashdisk anda dari mengalami masalah, terlebih lagi ketika anda mencabutnya pada saat proses pengiriman data sedang berlangsung. Adapun cara yang harus anda lakukan jika memang ingin mencabut atau meng-eject flashdisk adalah seperti di bawah ini:

  • Langkah pertama yaitu masuk ke menu Setting atau pengaturan pada iPhone anda
  • Langkah kedua yaitu masuk ke penyimpanan atau Storage
  • Setelah itu, anda bisa mengklik Unmount External Storage atau yang dalam bahasa Indonesia berarti lepas penyimpanan eksternal
  • Dan yang terakhir, anda nanti bisa menemukan keterangan bahwa flashdsik sudah selesai dieject. Maka barulah anda bisa mencabut flashdisk tersebut

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai bagaimana cara menghubungkan flashdisk ke iPhone. Kesimpulannya, bagi anda yang ingin menghubungkan flashdisk ke iPhone maupun smartphone lainnya, maka ada dua hal penting yang harus anda pastikan, yaitu:

  • Smartphone anda harus support atau sudah mendukung teknologi USB OTG
  • Anda memiliki kabel USB OTG

Dan di dalam membeli kabel USB OTG pun anda jangan sampai tergiur dengan harga yang murah karena yang paling penting adalah kualitas.

Di bawah ini masih ada beberapa informasi lain yang juga perlu anda perhatikan:

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick