Sponsors Link

2 Cara Mengubah Jaringan E ke H+ agar Internetan Lancar

Sponsors Link

Internet dan hp pintar adalah dua hal yang sulit untuk dipisahkan di jaman yang serbat cepat dan canggih seperti saat ini. Setelah membahas penyebab hp lemot saat membuka aplikasi, ada satu hal lagi yang kerap dikeluhkan para pengguna hp pintar khususnya hp pintar bersistem operasi android seperti Samsung, LG, Lenovo, dan lain-lain. Para pengguna hp android dari seluruh penjuru dunia pasti pernah mengalami keadaan dimana hp mereka menjadi lemot. Lemot disini tak melulu karena software maupun hardware yang disematkan di hp android tersebut melainkan jaringannya.

Jaringan atau sinyal pada sebuah hp android keberadaannya sangat lah penting. Bayangkan bagaimana jadinya jika hp android flagship seharga belasan juta seperti Samsung tidak terkoneksi dengan sinyal? Pastinya ia akan terasa seperti mati suri karena fungsi jaringan di dalam hp android sendiri memungkinkan anda untuk menghubungan hp dengan internet sehingga berbagai aplikasi yang membutuhkan koneksi internet dapat dijalankan dengan baik. Hp pun kemudian akan berkinerja secara maksimal berkat jaringan yang terhubung dengan internet. Sebelumnya, pastikan anda sudah memiliki paket data, ya.

Perkembangan jaringan pun kian canggih seiring perkembangan jaman. Jika dulu hp-hp yang dirilis di pasaran umumnya hanya mendukung jaringan sekelas E atau Edge atau bisa juga disebut 2G, perlahan namun pasti tingkat kecepatannya pun ditingkatnya menjadi H+ atau 3G, kemudian 4G, dan yang baru-baru ini sedang dipersiapkan, 5G. Semakin besar angkanya, maka kecepatannya pun akan semakin cepat pula. Dengan kecepatan 4G yang umumnya sudah didukung hampir di tiap hp android masa kini, anda bisa mengakses internet lewat hp anda dengan sangat cepat. Berbagai aktivitas yang mengharuskan adanya koneksi intenet pun dapat dengan mudah dilakukan dan memberikan rasa puas pada setiap penggunanya.

Namun, bukan teknologi namanya kalau tidak ada kekurangan di dalamnya. Kecepatan internet setara 4G pada hp android tak selalu dirasakan penggunanya. Ada saat dimana anda sebagai pengguna hp android merasakan lemotnya kecepatan internet di hp anda. Hal ini disebabkan oleh stuck-nya sinyal pada jaringan E atau Edge. Edge sendiri merupakan jenis kecepatan internet setara GPRS yang dulunya disematkan pada hp-hp non sistem operasi. Tentu, jika dibandingkan dengan hp pintar masa kini, menggunakan jaringan Edge akan sangat menyusahkan.

Tercatat, ada beberapa penyebab mengapa jaringan hp anda terus menerus stuck di Edge. Masalah ini bisa disebabkan oleh lokasi tempat anda berada yang buruk sehingga sinyal hp menjadi buruk atau bisa juga disebabkan oleh masalah software ataupun hardware di hp android anda sehingga penangkapan sinyal sangat sulit untuk dilakukan.

Mengalami masalah dimana jaringan hanya mentok di Edge saja tentu saja sangat menjengkelkan terlebih jika anda merupakan tipikal pengguna hp dengan mobilitas yang tinggi. Sinyal yang lemot akan membuat aktivitas anda terganggu. Namun, anda tidak perlu cemas karena hanya dengan melakukan beberapa trik mudah saja anda dapat memulihkan kekuatan sinyal di hp android anda yang stuck di jaringan E saja sehingga baik hp android low-end seperti Xiaomi Redmi 6 atau seri flagship seperti Huawei P30 akan mendapatkan sinyal H+ yang satu tingkat lebih cepat daripada Edge.

Mau tahu cara mengubah jaringan E ke H+? Anda bisa menyimak beberapa cara di bawah ini yang kami sajikan untuk anda yang sedang mengalami gejalan jaringan hp lemot dan stuck di indikator sinyal sebesar Edge saja. Silakan aplikasikan cara di bawah ini untuk memperbaiki kekuatan sinyal di hp anda.

Cara Pertama

Sebelum melakukan trik untuk mengubah sinyal E ke H+ pada hp anda, pastikan terlebih dahulu jika hp yang anda gunakan merupakan hp dengan sistem operasi karena cara di bawah ini hanya dapat bekerja di hp android bukan di hp non sistem operasi seperti Nokia symbian. Berikut adalah caranya.

  1.  Buka hp android anda. Pergi ke menu utama kemudian buka ikon Setting.
  2. Di bagian Setting yang merupakan aplikasi bawaan di tiap hp android seperti Xiaomi ini anda akan menemukan banyak sekali opsi. Silakan pilih Wireless atau Network dan more.
  3. Silakan cari menu bertuliskan Mobile Network.
  4. Di menu Mobile Network ini akan disuguhkan beberapa pilihan untuk menentukan kecepatan internet seperti apa yang ingin anda gunakan di hp android anda. Silakan pilih WCDMA Only atau WCDMA Preffered. Kedua opsi ini memungkinkan anda untuk mengubah jaringan Edge ke H+.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pengubahan sinyal selesai.
  6. Jika behasil, indikator sinyal di status bar hp android anda akan berubah dari E ke H+. Untuk melihat indikator sinyal pada hp android sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu melihat bagian paling atas dari hp android anda.

Cara di atas berfungsi untuk mengunci sinyal 3G alias H+ di hp android anda sehingga hp anda akan terus berjalan di sinyal H+. Cara ini dinilai sangat cepat dan efektif untuk dilakukan.

Cara Kedua

Jika cara pertama belum berhasil untuk mengunci sinyal H+ secara permanen di hp android anda, maka anda dapat melakukan cara kedua ini. Tanpa memerlukan aplikasi tambahan, hanya bermodalkan trik kecil saja, anda dapat mengubah sinyal anda ke H+. Berikut adalah cara mengubah jaringan E ke H+ lainnya yang bisa anda terapkan.

  1. Siapkan hp android anda
  2. Lakukan panggilan melalui aplikasi telepon dengan mengetik *#*#4636#*#* terlebih dahulu.
  3. Tunggu hingga proses panggilan menampilkan pop up bertuliskan Phone Information.
  4. Geser pop up tersebut ke bawah, kemudian cari dan pilih set preffered network type.
  5. Ubah opsi menjadi WCDMA Only
  6. Tunggu hingga proses pengubahan sinyal selesai dan indikator sinyal menunjukkan H+ yang berarti sinyal H+ sudah terkunci permanen.

Demikian artikel mengenai cara mengubah jaringan E ke H+ ini kami sajikan. Kedua cara di atas terbukti aman untuk dilakukan karena anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan ataupun melakukan root pada hp android.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick