Sponsors Link

4 Cara Mengubah Video Potrait Menjadi Landscape

Sponsors Link

Di era digital sekarang ini, kita dituntut untuk selalu kreatif, baik bagi para generasi millennial maupun generasi sebelumnya. Salah satu bentuk kreatifitas ialah membuat karya dengan gambar bergerak alias video. Sekarang ini video menjadi salah satu daya tarik dikalangan para pengguna internet, ini dibuktikan dengan banyaknya konten video yang beredar didunia maya, baik itu berupa hiburan, tutorial, hingga komedi ada semua.

ads

Apalagi dengan mengunggah video di internet melalui portal tertentu bisa menghasilkan uang yang lumayan banyak, dengan persyaratan tentunya ya. Hal tersebut lantas menjadikan para pengiat videografi berbondong-bondong untuk memperoleh penghasilan dari aktifitas kratif.

Untuk menuju kesana, para konten kreator atau pembuat video kreatif selalu berusaha membuat gambar bergerak terbaik agar menarik perhatian banyak orang. Nah bagi yang sudah pro pastinya tak lagi kesusahan dalam proses editing atau produksi. Akan tetapi, bagi kamu yang masih merintis karir dan awam tentang dunia videografi pasti akan memiliki berbagai tantangan.

Salah satu tantangan yang mungkin terjadi ialah, tak sengaja merekam video bagus dengan bentuk alias format portrait alias vertical, dan kamu ingin merubahnya menjadi format landscape atau horizontal. Nah, kamu sudah tepat membaca ulusan ini, disini kamu akan memperoleh solusinya. Berikut merupakan cara mengubah video potrait menjadi landscape, antara lain :

1. Menggunakan Rotate Video

Cara mengubah video portrait menjadi landscape yang pertama ialah menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, yaitu Rotate Video. Aplikasi ini dapat kamu peroleh secara gratis dilayanan penyedia aplikasi pada ponselmu, selain itu tak ada watermark dari hasil videonya, dan yang terpenting sangat mudah digunakan.

Tak perlu panjang kali lebar lagi, berikut ini merupakan langkah-langkahnya :

  • Tak jauh berbeda dengan aplikasi pemotong video Android, jika kamu belum memiliki aplikasi Rotate Video, instal terlebih dahulu dengan cara download di penyedia layanan aplikasi. Bila sudah terpasang, buka dan jalankan aplikasinya ya.
  • Setelah terbuka, pada halaman awal, pilih menu “Select Video” kemudian pilih video yang hendak kamu ubah rotasinya.
  • Setelah video siap, tekan menu “Select Rotation” untuk mengubah video portrait menjadi landscape.
  • Lalu, simpan atau ekspor video. Caranya cukup menekan tombol “Save” kemudian centang pilihan Original Video bila mana kamu ingin menggunakan suara aslinya, jika ingin mematikan suara video kamu cukup menggunakan fitur “Mute Audio”. Selain itu kamu bisa mengubah file audio dengan cara menekan “Select From Library”.
  • Cara terakhir yang harus kamu lalukan adalah menunggu proses export video dan audio hingga usai, cepat atau lambatnya proses ini tergantung dengan ukuran video yang kamu rubah.

2. Menggunakan Aplikasi VLC Player

VLC Player merupakan sebuah aplikasi media player yang dapat memutar file audio-video. Umumnya alikasi satu ini menjadi idola bagi para pengguna komputer maupun laptop. Akan tetepi, dengan perkembangan jaman VLC Player saat ini sudah tersedia untuk mobile atau ponsel pintar.

VLC Player tak hanya bisa digunakan untuk memutar file audio-video secara offline saja, namun kamu bisa gunakan aplikasi ini dalam memutar audio-video secara online misalnya youtube, Wah keren. Selain itu kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengubah posisi orientasi layar video yang kamu tonton supaya bisa dinikmati dengan maksimal, atau juga bisa melakukan rekaman video dengan aplikasi itu.

Adapun cara mengubah video portrait menjadi landscape pada VLC Player di Android, berikut merupakan langkah-langkahnya :

  • Bila kamu belum memiliki aplikasi VLC Player, install terlebih dahulu dengan cara download di penyedia layanan aplikasi. Jika sudah terpasang, buka aplikasinya ya.
  • Setelah itu, tekan garis tiga yang letaknya di bagian pojok kiri atas, kemudian klik “settings”.
  • Selanjutnya, klik Video screen orientation.
  • Kemudian kamu pilih tipe video screen orientation sesuai dengan keinginanmu. Setelahnya, tekan menu “Back” pada ponselmu.
  • Pilihlah video yang hendak kamu putar, lalu lihat posisi layar video kamu, apa sudah ada perbedaan.

3. Menggunakan VideoShow

Hampir sama dengan aplikasi edit video vlog di Android, VideoShow merupakan salah satu aplikasi untuk keperluan editing video terbaik bagi pengguna ponsel pintar, khususnya Android. Memiliki banyak filter, mulai dari menambahkan lagu sendiri, fitur filter, menambahkan tema, hingga menjadi cara mengubah rotasi video menjadi landscape, membuat VideoShow ini cocok dijadikan sebagai cara mengubah video portrait menjadi landscape. Berikut merupakan langkah-langkahnya :

  • Pasang aplikasi VideoShow terlebih dahulu, bila belum punya langsung saja download di penyedia layanan aplikasi sesuai ponsel pintar yang kamu gunakan.
  • Setelah aplikasi sudah terpasang, langkah yang harus kamu lakukan adalah membukanya lalu klik menu “Edit Video”.
  • Pilih video yang hendak kamu rubah rotasinya, jika sudah ketemu kemudian klik “Start”.
  • Setelah video sudah masuk kedalam editor, langsung tekan “Pro Edit”.
  • Kemudian klik menu “Clip Edit”. Dalam menu ini akan muncul beberapa tools pilihan, tak perlu memilih yang lain, langsung saja klik “Rotate” untuk mengubah video potrait menjadi landscape.
  • Bila proses rotate berhasil, langsung saja centang tanda yang berada disudut kanan bagian atas untuk menyimpan file video.
  • Selamat, video kamu sudah berhasil dirotasi sesuai dengan keinginan.

4. Menggunakan DU Screen Recorder

Selain dapat menjadi cara mengubah video potrait menjadi landscape, DU Screen Recorder juga bisa digunakan untuk mengubah background video yang sedang diedit menggunakan gambar sesuai dengan keinginan kamu. Bukan itu saja, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur lain misalnya menambahkan musik, efek serta lainnya, wah menarik sekali bukan.

Adapun langkah-langkah untuk merubah video dari potrait menjadi landscape akan dijelaskan sebagai berikut :

  • Download dulu aplikasi DU Screen Recorder di smartphone kamu ya.
  • Setelah proses pengunduhan berhasil dilakukan, langsung saja untuk membuka aplikasi, kemudian pilih video yang hendak dirubah rotasinya.
  • Selanjutnya, klik menu titik tiga yang berada disebalah kanan video, lalu pilih menu edit.
  • Bila sudah, langsung saja rubah posisi video potrait menjadi landscape.
  • Jangan lupa, agar videomu lebih menarik gunakan background sesuai selera kamu. Kamu bisa memilih latar video dari gambar galeri maupun warna yang sudah tersedia pada aplikasi DU Screen Recorder.
  • Jika sudah, langsung simpan video dan selamat kamu berhasil merubah rotasi gambar gerak dari potrait menjadi landscape.
  • Bila ruang penyimpananmu terbatas, kamu bisa memanfaatkan macam-macam cloud storage.

Itulah beberapa cara untuk mengubah video potrait menjadi landscape. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Aplikasi