Sponsors Link

4 Cara Mengurangi Storage System iPhone yang Sudah Penuh

Sponsors Link

Android dan iOS adalah dua sistem operasi yang saat ini menguasi pasar hp dunia. Kedua sistem operasi tersebut punya banyak hal yang membedakan satu sama lain. Terlepas dari perbedaan tersebut, baik android maupun iOS sama-sama menawarkan kemudahan bagi para penggunanya.

Android adalah sistem operasi yang bersifat open source dimana anda dapat melakukan berbagai kustomisasi di dalamnya. Karena sifatnya yang open source, android dapat dengan mudah disematkan di berbagai tipe hp dengan beragam kelas mulai dari kelas low-end yang bisa anda dapatkan hanya dengan merogeh kocek ratusan ribu rupiah saja, kelas mid-end yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, hingga kelas high-end atau flagship yang ditujukan untuk golongan atas sehingga tak heran jika hp android flagship seperti Samsung atau OnePlus dihargai dengan harga yang mahal.

Berbeda dengan android yang dapat dengan mudah diaplikasikan di berbagai merek dan tipe hp, iOS tampil dengan sistem keamanan yang sulit untuk dicelah. Hal ini kemudian menjadi perbedaan besar antara android dan iOS. Selain perbedaan itu, iOS tidak bisa sembarangan di aplikasi ke berbagai hp pintar. iOS mutlak milik Apple yang dihadirkan secara eksklusif untuk mendukung jajaran iPhone, iPad, dan iPod. Dengan keistimewaan ini, produk-produk Apple kemudian dihargai dengan harga selangit namun dengan kualitas yang tentu saja tidak main-main.

Saat ini, android sedang bersiap-siap untuk merilis versi terbaru mereka yaitu Android Q. Sedangkan Apple dalam waktu dekat akan merilis iOS 13 yang sudah lama ditunggu-tunggu karena hadirnya fitur Dark Mode. Tentu hal ini sangat dinantikan para Apple Fanboy. Andakah salah satunya?

Jika anda pengguna iOS, tentu anda sudah paham betul dengan salah satu masalah yang dirasakan oleh para pengguna iPhone yaitu kapasitas memorinya. iPhone dengan kapasitas memori yang kecil tentu akan menyulitkan para penggunanya. Memori atau storage akan lebih cepat penuh. Terlebih, kebanyakan aplikasi di iOS punya ukuran file yang sangat besar belum lagi jika ditambah dengan koleksi foto dan video anda. Lebih parahnya lagi, di iOS 12, storage system file atau cache dari sistem iOS besar sekali ukurannya bahkan bisa mencapai 5 GB lebih. Tentu hal ini akan membuat storage anda cepat tergerus.

Mengalami masalah dimana storage system iPhone anda cepat penuh? Maka, mungkin ini saat yang tepat bagi anda untuk mengurangi storage system iPhone anda. Mengurangi storage system di iPhone anda terbilang cukup sulit untuk dilakukan namun bukan berarti mustahil. Berikut ini kami sajikan cara mengurangi storage system iPhone yang dapat anda terapkan dengan mudah sehingga memori iPhone anda akan terasa lebih lega nantinya. Ini dia cara mengurangi storage system iPhone yang dapat dengan mudah anda lakukan.

1. Hapus History dan Website Data di Safari

Safari adalah browser bawaan yang sudah pasti ada di tiap perangkat Apple dengan iOS versi berapa pun di dalamnya. Meski merupakan aplikasi bawaan, rupanya Safari menyimpan banyak cache. Cache ini dihasilkan dari aktivitas yang anda lakukan dengan menggunakan Safari seperti browsing atau melakukan login akun yang kemudian tersimpan otomatis. Website-website yang anda telusuri ini lah yang kemudian dinamakan History. History biasanya menyimpan banyak cache di dalamnya.

Salah satu cara untuk mengurangi storage system di iPhone adalah dengan menghapus history dan website data di Safari. Untuk menghapus history dan website data Safari anda bisa pergi ke menu Setting di perangkat iPhone anda seperti Apple iPhone 7 kemudian pilih Safari lalu klik Clear History dan Website Data.

2. Hapus Message History

iMessage adalah salah satu fitur ikonik milik Apple yang memungkin sesama pengguna Apple yang sudah terintegrasi dengan Apple ID untuk melakukan chatting lewat aplikasi message Apple tanpa dikenakan biaya SMS. Salah satu kelebihan iMessage adalah ia mampu menyimpan history pesan anda untuk jangka waktu yang sangat lama sehingga anda tidak perlu takut kehilangan pesan-pesan lama anda.

Namun, dibalik fitur yang berguna ini, nyatanya menyimpan history pesan mampu membuat cache di iPhone anda semakin bertambah yang kemudian berdampak pada kapasitas storage anda. Untuk membuat memori iPhone anda menjadi lebih lega, anda bisa menghapus history pesan dengan pergi ke Setting kemudian pilih Message, Message History, lalu anda bisa ubah pengaturan Forever menjadi 1 year atau 30 Days.

3. Hapus Aplikasi dengan Cache yang Besar

Aplikasi aplikasi yang anda unduh melalui App Store kebanyakan punya ukuran file yang sangat besar. Selain ukurannya yang sangat besar, aplikasi aplikasi tersebut juga menyimpan cache yang sama besarnya dengan ukuran aplikasi. Biasanya aplikasi media sosial seperti Twitter atau Instagram menyimpan cache yang besar dan akan terus tertambah. Tentu, hal ini akan berdampak pada storage iPhone anda yang kian tergerus dengan cache dari aplikasi yang terus bertambah. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan fitur Offload App yang akan menghapus aplikasi beserta cache-nya tanpa harus kehilangan data, hanya cache dan aplikasinya saja yang dihapus.

4. Lakukan Restore

Jika ketiga langkah di atas sudah anda terapkan namun storage system iPhone anda masih saja besar, maka langkah terakhir ini bisa anda lakukan yaitu restore. Restore adalah mengembalikan iPhone anda ke setelan pabrik sehingga iPhone anda akan terasa baru. Restore akan menghapus keseluruhan data dan file di iPhone anda. Langkah ini berguna jika anda ingin membuat iPhone anda menjadi fresh lagi.

Untuk melakukan restore, anda bisa melakukannya melalui iTunes yang bisa diunduh di Macbook atau Windows. Pastikan iTunes yang anda gunakan adalah yang versi terbaru karena proses restore hanya bisa dilakukan jika iTunes yang digunakan adalah yang versi terbaru. Anda bisa melakukan back up terlebih dahulu jika tidak ingin menghapus data-data penting anda.

Demikian artikel mengenai cara mengurangi storage system iPhone ini kami sajikan untuk anda yang ingin membuat kapasitas storage iPhone anda menjadi lebih lega. Cara di atas bisa diterapkan di berbagai tipe iPhone seperti Apple iPhone SE hingga iPhone XS Max. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick