Sponsors Link

3 Cara Menyembunyikan IP Address Android Agar Tidak Terdeteksi

Sponsors Link

Kini akses internet memang sangat mudah. Jika dulu akses internet hanya bisa melalui perangkat computer, kini hanya dengan smartphone pun akses internet sudah bisa kita dapatkan. Namun kemudahan itu juga menyimpan masalah tersendiri. Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, kini masalah yang sering muncul adalah apa yang biasa disebut dengan cyber crime. Kejahatan di dunia maya kini mulai sering terjadi karena semakin banyaknya orang yang berkegiatan di dunia maya. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari kejahatan pada saat kita berselancar di dunia maya ini? Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan cara menyembunyikan ip address android agar tidak terdeteksi.

IP address sendiri merupakan sebuah alamat yang dimiliki oleh perangkat kita ketika kita sedang berselancar di dunia maya. Jika diibaratkan alamat rumah, maka IP Address ini merupakan alamat rumah kita di dunia maya. IP Address ini juga yang akan membuat semua aktifitas kita di dunia maya bisa terekam. Untuk itu, sebagian orang menganggap jika mereka lebih nyaman jika IP Adrress pada perangkat android mereka bisa disembunyikan.

Beberapa cara untuk menyembuyikan IP Address android agar tidak terdeteksi yang bisa kita lakukan diantaranya adalah :

1. Menggunakan Aplikasi khusus

Bagi pengguna android, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan IP address dari perangkat mereka adalah dengan memasang aplikasi khusus untuk menyembunyikan IP Address. Beberapa aplikasi android yang berguna untuk sehari-hari dalam hal menyembunyikan IP Address seperti Hide my IP, Safe IP, Easy Hide IP, dan aplikasi lainnya memiliki fungsi untuk menyembunyikan ataupun merubah IP address dari perangkat android kita ke IP address lain.

Aplikasi – aplikasi ini juga bisa kita dapatkan melalui Play Store. Beberapa dari aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang bersifat gratis. Namun ada juga beberapa aplikasi untuk menyembunyikan IP Address ini yang merupakan aplikasi berbayar. Tentu saja seperti aplikasi-aplikasi lainnya di mana aplikasi yang berbayar biasa nya lebih ampuh dari aplikasi yang bersifat gratis.

Hal lain yang juga harus diperhatikan sebelum memasang aplikasi-aplikasi seperti ini adalah beberapa aplikasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat android yang sudah di-root sebelumnya. Namun ada juga beberapa aplikasi yang bisa dijalankan tanpa harus melakukan root pada android sebelumnya. Untuk aplikasi yang gratis mungkin masalah yang muncul adalah akan banyak iklan yang muncul maka mungkin kita juga harus memperhatikan cara agar iklan di hp android tidak muncul lagi.

2. Menggunakan VPN

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk menyembunyikan IP Address android agar tidak terdeteksi adalah dengan memasang VPN pada perangkat kita. VPN atau Virtual Private Network sendiri merupakan sebuah cara untuk mengakses Internet public dengan cara yang lebih private.

Untuk menggunakan VPN ini kita cukup memasang aplikasi VPN pada perangkat android kita. Beberapa aplikasi VPN yang bisa digunakan seperti Betternet VPN, Turbo VPN, Finch VPN, dan berbagai aplikasi lainnya. Sama dengan aplikasi untuk menyembunyikan IP, beberapa aplikasi VPN ini juga merupakan apliaksi berbayar namun beberapa bisa diakses dengan gratis. Beberapa aplikasi ini juga membutuhkan android yang sudah di-root, namun beberapa bisa digunakan meskipun dalam android yang belum di-root. Menggunakan VPN juga menjadi cara mempercepat koneksi internet android tanpa root.

Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah. Kita hanya perlu memasang aplikasi ke perangkat kita. Setelah itu, kita akan memilih server VPN mana yang akan kita gunakan. Lalu setelah kita memilih server VPN maka kita tinggal meng – klik connect. Kita pun sudah bisa menggunakan VPN itu dan sudah terhubung ke internet.

Setiap aplikasi VPN ini menyediakan server yang berbeda – beda tiap aplikasi nya. Dengan menggunakan server VPN ini maka IP Address yang kita gunakan akan berubah menjadi IP VPN. Hal lain yang juga bisa dilakukan dengan menggunakan VPN adalah untuk mengakses situs tertentu yang terblokir. VPN juga lebih sering digunakan karena jika dilihat dari kecepatan internet maka VPN bisa dibilang lebih baik.

3. Menggunakan proxy

Salah satu cara yang bisa dibilang paling aman sebagai cara menyembunyikan IP Address android agar tidak terdeteksi adalah dengan menggunakan proxy. Cara ini memang sedikit agak sulit. Menggunakan proxy memang membutuhkan setting tertentu yang hanya tidak bisa asal install saja. Meskipun ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan namun semua aplikasi itu pun memerlukan settingan agar kita terhubung dengan server proxy yang akan kita gunakan. Menggunakan proxy ini juga menjadi salah satu cara setting HP android agar tidak lemot.

Sebagian orang menganggap dengan menggunakan proxy memang keamanan nya lebih bisa diandalkan. Selain keamanan yang lebih bisa dijamin, beberapa manfaat lain dari menggunakan proxy adalah seperti control penggunan internet yang lebih baik, bisa menghemat bandwidth sekaligus meningkatkan kecepatan, menjaga privasi dengan lebih baik, dan juga fungsi lain.

Proxy ini menjadi lebih istimewa jika dibandingkan dengan cara lain untuk menyembunyikan IP address. Hal itu karena jika kita akan menggunkan proxy maka kita harus memiliki akses ke proxy server yang ada. Tidak semua orang bisa mengakses proxy server yang tersedia jika tidak memiliki akses. Hal ini akan membuat proxy hanya bisa digunakan oleh mereka yang sudah diberikan akses. Hal ini juga menjadi cara untuk menambah keamanan dari pengguna proxy itu sendiri. Sebagai contoh, jika ada proxy dalam sebuah perusahaan maka pengguna proxy nya adalah mereka yang bekerja di perusahaan tersebut sehingga orang dari luar tidak bisa mengakses internet melalui jaringan proxy tersebut. Menggunakan proxy tanpa akses ini juga bisa menjadi penyebab wifi terhubung tapi tidak bisa browsing pada android.

Itulah beberapa cara menyembunyikan IP Address android agar tidak terdeteksi. Selain untuk fungsi keamanan, beberapa fungsi lain dari menyembunyikan IP diantaranya adalah :

  • Dengan menyembunyikan IP Address maka kita bisa menyembunyikan lokasi geografis kita dari pelacakan.
  • Menyembunyikan IP Address juga bisa menghindari kita dari pelacakan web. Hal ini akan membuat kegiatan kita di dunia maya menjadi lebih aman dan nyaman.
  • Menyembunyikan IP Address juga akan membuat kita terhindar dari pelacakan secara digital. Hal ini akan menghindari pengguna dari ancaman kejahatan dunia maya.
  • Menyembunyikan IP Address ataupun merubah IP Address dimaksudkan untuk bisa mengakses beberapa situs yang terblokir. Ini juga merupakan hal yang bisa dilakukan dengan memasang VPN.

Itulah beberapa hal tentang cara menyembunyikan IP Address android agar tidak terdeteksi dan juga beberapa manfaatnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick