Sponsors Link

8 Cara Setting Hp Android Agar Tidak Lemot

Sponsors Link

Di zaman seperti sekarang ini tidak dapat dipungkiri jika kita sangat memiliki ketergantungan terhadap handphone. Handphone kini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja. Namun lebih dari itu penggunaan handphone juga sudah meliputi berbagai kebutuhan hidup kita.

Dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi maka berdampak pada kebutuhan kita akan handphone. Handphone yang lemot seringkali menjadi penyebab terganggunya berbagai kegiatan dan pekerjaan yang kita lakukan. Banyak orang yang akan jengkel jika handphone nya menjadi lemot.

Ketika anda sedang membuka internet misalnya, anda pasti akan sangat jengkel jika handphone anda menjadi sangat lemot. Untuk mengatasi hal ini maka anda bisa mencoba cara agar hp android tidak lemot saat internetan. Atau anda bisa mencoba beberapa cara mempercepat koneksi internet android tanpa root. Contoh lain adalah pada handphone android anda misalnya, lemot akan terjadi karena berbagai macaml hal.

Salah satu yang sering terjadi dan menjadi penyebab dari lemotnya handphone android anda adalah kesalahan pada settingan Hp anda. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara setting hp android agar tidak lemot. Beberapa cara tersebut adalah :

1. Setingan RAM yang pas

RAM merupakan indicator yang paling penting jika kita ingin melihat seberapa cepat handphone itu. RAM dengan kapasitas besar maka akan membuat handphone tersebut menjadi semakin cepat.

Permasalahan yang muncul adalah meskipun kita memiliki RAM yang besar namun jika pada saat penggunaanya memakan terlalu banyak RAM maka handphone android pun akan menjadi lemot. Untuk mendapat performa yang optimal pada handphone kita maka penggunaan RAM yang paling pas adalah 50% dari total kapasitas RAM pada handphone kita.

2. Kelola Internal Memory dengan baik

Hal penting lainnya untuk menjaga performa handphone kita agar tetap oke adalah dengan mengelola memory internal dengan baik. Smartphone keluaran terbaru biasanya memang menawarkan kapasitas memory internal yang cukup besar. Namun jika tidak dikelola dengan baik maka kapasitas memory tersebut akan penuh.

Beberapa cara untuk mengelola internal memory dengan baik adalah seperti rajin menghapus berbagai file yang dirasa sudah tidak diperlukan secara berkala, tidak perlu menyimpan semua file ke dalam memory internal, dan juga jangan menyimpan file dengan ukuran yang besar. Jika kita ingin menyimpan berbagai macam file dengan ukuran besar pada handphone kita sebaiknya menggunakan memory eksternal.

3. Non aktifkan aplikasi yang memiliki latar belakang

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang akan tetap berjalan meskipun kita tidak sedang menggunakannya. Aplikasi ini akan terus aktif meskipun handphone sedang dalam kondisi terkunci. Beberapa aplikasi memang membutuhkan cara seperti ini untuk mendukung kerja aplikasi nya.

Namun terlalu banyak aplikasi latar belakang yang aktif juga akan mempengaruhi kerja RAM sehingga semakin banyak aplikasi yang aktif akan membuat semakin banyak beban kerja dari RAM handphone kita. Hal ini akan membuat handphone androin kita menjadi lemot.

Untuk mengatasi hal ini, cara setting hp android agar tidak lemot karena masalah ini adalah dengan menonaktifkan aplikasi latar belakang yang dianggap tidak perlu. Hal ini bisa kita lihat dengan masuk ke menu pengaturan lalu ke menu aplikasi. Di sini kita akan melihat berbagai macam aplikasi yang memiliki latar belakang. Periksa tiap aplikasi tersebut dan pilihlan aplikasi yang tidak diperlukan untuk kita non aktifkan. Ini adalah salah satu cara mempercepat kinerja hp android yang sering dilakukan.

4. Sering Menghapus cache

Cache merupakan jejak yang ditinggalkan dari sebuah aplikasi. Cache sendiri memiliki fungsi untuk membantu membuka aplikasi menjadi lebih cepat. Semakin banyak aplikasi yang tersimpan dan kita gunakan maka akan meninggalkan semakin banyak cache. Hal ini akan berpengaruh dengan ukuran cache yang makin lama akan makin besar tersimpan di handphone kita. Inilah yang nantinya akan membuat handphone android anda menjadi lemot.

Maka untuk terhindar dari masalah ini salah satu cara merawat hp android agar tidak lemot yang bisa kita lakukan adalah dengan rajin membersihkan cache yang tersimpan di handphone kita. Cara untuk menghapus cache yang tersimpan di handphone kita adalah dengan membuka pengaturan aplikasi lalu buka masing – masing aplikasi. Di sini kita bisa melihat ukuran dari cache yang tersimpan pada aplikasi tersebut. Jika cache pada aplikasi tersebut dirasa tidak diperlukan ataupun ukurannya terlalu besar maka kita bisa menghapus nya dengan cara klik pada “hapus cache”. Dengan membersihkan cache secara berkala hal ini akan membantu meringankan beban kerja dari memory pada handphone kita.

5. Buang Aplikasi yang tidak diperlukan

Kebutuhan akan handphone memang sudah semakin besar. Hal ini juga akan membuat kita memasang banyak aplikasi pada handphone. Memasang aplikasi yang terlalu banyak maka akan menjadi salah satu penyebab dari handphone yang menjadi lemot. Kebanyakan aplikasi akan menyebabkan ruang penyimpanan pada handphone kita menjadi berkurang. Pemasangan dan penggunaan aplikasi yang terlalu banyak selain akan memakan banyak tempat pada memory juga akan menjadi penyebab RAM menjadi bekerja lebih keras. Cara agar hp tidak lemot karena masalah ini adalah dengan memasang aplikasi yang kita butuhkan dan jika aplikasi tersebut sudah tidak kita perlukan maka kita bisa langsung meng-uninstall aplikasi tersebut.

6. Update aplikasi yang tidak perlu

Secara normal, aplikasi yang kita pasang akan berjalan secara normal jika kita terus meng-update nya. Namun terlalu sering melakukan update juga akan secara langsung berpengaruh pada performa dari handphone kita. Aplikasi yang terupadate maka ukuran nya pun biasanya akan bertaembah menjadi lebih besar hal ini jelas berpengaruh pada kapasitas memory yang kita punya. Beberapa Aplikasi yang terupdate juga biasanya belum tentu akan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Jadi seandainya tidak terlalu diperlukan maka pembaharuan pada sebuah aplikasi tidak terlalu diperlukan.

7. Jangan terlalu banyak menggunakan widget

Menggunakan widget memang bisa membantu banyak dan juga membuat tampilan handphone menjadi lebih menarik. Namun terlalu banyak menggunakan widget ternyata akan menyita banyak ruang pada RAM. Hal ini jelas akan membuat handphone android menjadi lemot. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan widget sepertlunya saja.

8. Mengembalikan ke setelan pabrik

Jika semua hal di atas sudah dicoba tetapi handphone masih terasa lemot maka hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengembalikan ke setelan pabrik. Hal yang perlu diperhatikan jika kita akan mengembalikan ke setelan pabrik adalah pastikan semua data yang penting sudah kita back up. Setelan pabrik akan menghapus semua data yang ada pada handphone tersebut.

Itulah beberapa cara setting hp android agar tidak lemot yang kita bisa coba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick