Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi Setelah Update iOS

Sponsors Link

Handphone kini bukan lagi sekedar alat komunikasi. Penggunaan nya yang semakin berkembang membuat handphone kini juga dijadikan sebagai salah satu alat hiburan dan juga alat yang mendukung berbagai pekerjaan. Sebagian orang bahkan menilai handphone sebagai sebuah privasi yang tidak bisa dibuka oleh sembarang orang. Itulah mengapa sekarang sistem keamanan pada handphone menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Salah satu sistem keamanan yang ada pada handphone kini adalah dengan menggunakan sidik jari. Penggunaan sidik jari atau fingerprint ini dinilai sebagai salah satu cara yang aman untuk membuat anda nyaman dengan privasi anda.

Apple misalnya, produsen smartphone ini merupakan salah satu pabrik smartphone yang sudah menggunakan fingerprint sejak lama. Dalam penggunaannya fingerprint pada produk apple biasa juga disebut dengan touch id. Fingerprint pada berbagai produk apple ini bisa dibilang menjadi salah satu keunggulan.

Namun meski demikian, system keamanan ini bukanlah tanpa masalah. Seringkali fingerprint tidak berfungsi setelah update iOS. Produk Apple memang mengharuskan penggunanya untuk melakukan update iOS pada waktu tertentu. Update ini dimaksudkan untuk memperbaiki berbagai macam kerusakan yang ada pada versi iOS sebelumnya. Setiap iOS memang memiliki kekuatan dan kelemahan seperti kelebihan dan kekurangan iOS 12, Kelebihan dan kekurangan iOS 10, ataupun kelebihan dan kekurangan iOS 11.

Update ini juga akan membuat adanya perbedaan tampilan iOS 10 dan 11. Namun hal ini juga biasanya menimbulkan masalah yang salah satu nya adalah fingerprint menjadi tidak berfungsi setelah update iOS yang kita lakukan. Sebagian besar penyebab utama dari masalah ini adalah adanya bug atau gangguan pada software iOS update yang baru kita install. Jika hal ini terjadi, maka jangan terburu – buru mencari cara mengembalikan iOS 11 ke 10 ataupun mencoba mengembalikan ke versi yang lebih lama.

Beberapa cara untuk mengatasi masalah bug yang menyebabkan fingerprint tidak berfungsi setelah update iOS diantaranya adalah :

1. Melakukan restart pada perangkat

Ini merupakan cara paling awal yang bisa anda lakukan. Ini juga merupakan cara termudah yang bisa dilakukan. Hal yang bisa dicoba adalah dengan melakukan restart atau mulai ulang pada perangkat Apple anda. Terlihat sederhana memang, namun dengan cara ini ketika seluruh sistem perangkat dimatikan dan dimulai dari awal maka berbagai macam bug kecil yang menyebabkan fingerprint tidak berfungsi akan terselesaikan pada saat restart ulang perangkat Apple tersebut.

2. Melakukan setting ulang pada sistem fingerprint

Cara ini bisa dibilang sedikit sama dengan cara pertama. Hal yang membedakannya adalah pada cara ini anda bisa mencoba dengan menonaktifkan system fingerprint pada perangkat apple anda terlebih dahulu. Setelah mematikan system fingerprint pada perangkat Apple maka anda bisa melakukan restart pada perangkat tersebut. Ini juga digunakan untuk menghilangkan bug yang menyebabkan fingerprint tidak berfungsi. Jika perangkat sudah kembali menyala maka anda bisa mencoba dengan kembali mengaktifkan system fingerprint pada perangkat apple anda tersebut.

3. Hapus sidik jari yang sudah ada lalu setting ulang

Hal lain yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus data fingerprint yang sudah ada pada perangkat apple anda. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi kemungkinan sidik jari kita yang sudah tersimpan di system perangkat mengalami kerusakan. Kemungkinan data tersebut mengalami kerusakan memang ada, sehingga akan menyebabkan fingerprint tidak bisa berfungsi karena data yang rusak tadi. Setelah menghapus data sidik jari lama yang ada kemudian kita bisa membuat data sidik jari yang baru pada system perangkat yang kita gunakan. Setelah itu kita bisa mencoba system fingerprint yang baru kita buat.

4. Melakukan reset pada iOS

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan reset pada iOS yang kalian gunakan. Melakukan reset pada iOS akan membuat seluruh system pada perangkat anda pun ikut disetting ulang. Hal ini akan membuat semua data seperti foto, video, dokumen dan data lain yang kita simpan di perangkat tersebut menjadi hilang termasuk data fingerprint kita. Oleh sebab itu, sebelum melakukan reset pada iOS maka pastikan jika kita sudah memindahkan semua data penting yang ada pada perangkat tersebut. Setelah melakukan reset pada iOS maka kita bisa membuat data sidik jari kita yang baru dan mencoba apakah fingerprint sudah bisa digunakan.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan ketika fingerprint tidak berfungsi setelah update iOS. Namun selain karena faktor bug pada software, sebenarnya masalah fingerprint pada perangkat apple ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain.

Faktor lain yang menjadi penyebab bisa dari faktor hardware pada perangkat tersebut maupun faktor eksternal lain. Beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab fingerprint tidak berfungsi dan cara penangananya diantaranya adalah :

  • Kondisi sidik jari yang sulit terbaca system

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab masalah ini. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kondisi jari yang basah. Jari yang basah akan membuat system fingerprint sulit mendeteksi sidik jari tersebut. Hal lain yang juga bisa menjadi penyebab masalah ini adalah kondisi jari anda. Kondisi seperti permukaan jari terluka, jari dalam kondisi dingin, ataupun kondisi jari yang kotor akan membuat system tidak bisa mendeteksi sidik jari anda. Beberapa langkah untuk menghindari hal ini adalah dengan memastikan jari dalam kondisi bersih ataupun dengan membuat data untuk lebih dari 1 jari. Membuat data lebih dari satu jari dimaksudkan apabila jari anda yang satu tidak bisa mengakses maka masih bisa menggunakan jari yang lainnya.

  • Alat scan sidik jari pada perangkat rusak

Ini juga bisa menjadi salah satu penyebab fingerprint tidak bisa digunakan. Baik system maupun hardware nya yang rusak memang sulit dideteksi. Alat scan yang rusak jelas tidak akan bisa membaca sidik jari kita. Hal ini jelas menjadi penyebab fingerprint menjadi tidak berfungsi. Untuk mengatasi masalah ini memang ada beberapa cara. Namun cara paling aman adalah dengan mendatangi ke service center resmi Apple untuk meminta perbaikan. Hal ini selain untuk memperbaiki bagian yang rusak, juga untuk memastikan kerusakan nya tidak mengenai bagian lain ataupun tidak menyebabkan bagian lain menjadi rusak.

Itulah berbagai cara untuk mengatasi masalah fingerprint tidak berfungsi setelah update iOS yang biasa terjadi pada beberapa produk Apple. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah memastikan perangkat selalu dalam kondisi baik.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick