Sponsors Link

5 Penyebab Hp Cepat Panas Saat Internetan dan Solusinya

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mengalami hp cepat panas saat internetan? Smartphone dan internet merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Seseorang yang memiliki smartphone sudah pasti juga memiliki kuota internet agar supaya mereka bisa mendapatkan informasi mengenai dunia luar. Internet juga dibutuhkan agar supaya bisa menggunakan aplikasi chat terbaik, seperti Facebook, WhatsApp, Telegram, dan lain sebagainya.

Namun terkadang kita dihadapkan oleh suatu kondisi yang tak terduga yang mungkin tidak terlintas sama sekali permasalahan tersebut. Salah satu masalah yang kerap muncul ketika kita internetan adalah hp yang cepat panas. Padahal Anda sudah menggunakan smartphone kualitas terbaik, seperti keluaran Samsung atau Xiaomi dan Anda membeli smartphone tersebut tidak murah tapi tetap saja masalah hp cepat panas saat internetan tak bisa dihindari.

Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan hp Anda mudah panas ketika digunakan internetan? Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan mengenai apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan kondisi tersebut. Kami pun juga akan menjelaskan mengenai langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuat hp Anda terhindar dari masalah yang hanya akan menyebabkan kerusakan pada komponen ponsel pintar ini jika tak kunjung diatasi.

1. Penggunaan yang Berlebihan

Penyebab hp cepat panas saat internetan yang kerap terjadi adalah penggunaan yang berlebihan. Memang sekarang Anda menggunakan smartphone dengan kualitas terbaik yang bahkan menjadi salah satu hp yang cocok untuk game berat. Namun bukan berarti Anda bisa menggunakan smartphone tersebut secara sembarangan tanpa memperhatikan waktu kapan hp Anda harus istirahat. Penggunaan yang berlebihan lama kelamaan akan menyebabkan hp mudah panas, baik digunakan untuk internetan maupun kegiatan yang lainnya.

Lalu bagaimana solusi yang harus Anda lakukan? Solusi untuk permasalahan seperti ini sangatlah sederhana. Anda hanya perlu memiliki kontrol yang baik terhadap penggunaan smartphone. Anda harus memperhatikan waktu Anda menggunakan ponsel untuk internetan atau aktivitas yang lainnya apakah masih wajar atau tidak. Dengan memiliki kontrol yang baik, maka Anda bisa terhindar dari masalah yang satu ini.

Jika smartphone Anda sudah terlanjut mudah panas, maka sekarang saatnya Anda terapkan solusi ini. Lama kelamaan smartphone Anda tidak akan cepat panas sehingga Anda bisa dengan nyaman berselancar di dunia maya untuk memperoleh beragam informasi penting yang Anda perlukan.

2. Berada di Tempat Minim Sinyal

Penyebab kedua yang juga menjadi salah satu penyebab umum adalah Anda tidak sadar jika sekarang Anda berada di tempat yang minim sinyal. Tidak sedikit orang yang sebenarnya belum menyadari bahwa kekuatan sinyal pada kartu SIM sangat berpengaruh terhadap kinerja smartphone. Bukan hanya kinerja ketika digunakan untuk internetan, melainkan juga kinerja komponen-komponen smartphone yang akan mulai menurun.

Jika Anda berada di tempat yang minim sinyal dan Anda memaksakan untuk internetan, maka sudah bisa dipastikan bahwa smartphone Anda akan cepat panas. Selain loadingnya lama untuk bisa masuk ke situs yang Anda inginkan, hp Anda semakin lama akan semakin panas sehingga nanti tangan Anda pun juga akan terasa gatal karena panas yang dikeluarkan oleh hp Anda tersebut.

Lalu seperti apa solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini? Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan segera pindah ke tempat yang memiliki sinyal stabil. Pastikan tempat Anda memang memiliki kekuatan sinyal yang baik sesuai dengan kartu SIM yang Anda gunakan untuk internetan. Selain itu, Anda juga bisa terlebih dahulu merestart ponsel Anda tersebut atau mematikannya terlebih dahulu dan tunggu beberapa saat sampai di rasa hp Anda dingin kemudian bisa Anda nyalakan kembali.

Cara yang simpel ini terbukti membantu mengembalikan kondisi smartphone Anda yang cepat panas tersebut menjadi normal. Dengan begitu, kepuasan internetan maupun menggunakan berbagai aplikasi online tidak akan terganggu. Namun diingat bahwa Anda harus tetap memiliki kontrol yang baik mengenai penggunaan hp.

3. Banyaknya Aplikasi Latar Belakang

Penyebab hp cepat panas saat internetan juga bisa karena Anda tidak menyadari jika pada saat itu terdapat banyak aplikasi latar belakang yang berjalan. Tidak sedikit aplikasi yang padahal sudah Anda matikan ternyata masih tetap berjalan di latar belakang. Anda memang tidak akan menyadarinya. Namun aplikasi ini akan terus menggunakan RAM dan juga prosesor.

Bayangkan saja jika ternyata smartphone Anda memiliki banyak aplikasi yang sedang berjalan. Meskipun hp anda termasuk hp dengan RAM besar, namun jika kondisi seperti ini diabaikan akan mengakibatkan hp Anda cepat panas bukan hanya digunakan ketika internetan, melainkan hanya untuk melihat foto atau bermain game offline.

Lalu solusi seperti apa yang bsia Anda lakukan? Tentu sangat sederhana dimana Anda perlu langsung menghapus aplikasi tersebut. Caranya bagaimana? Umumnya memang menggunakan tombol Home dan Anda tinggal menghapus apa saja aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Kemudian disarankan untuk merestart smartphone agar supaya fungsinya bisa kembali seperti sebelumnya.

4. Spesifikasi pada Smartphone

Meskipun hanya digunakan untuk internetan, bukan berarti semua smartphone dengan berbagai spesifikasi yang ada bisa digunakan untuk internetan dengan nyaman. Ketika spesifikasi pada hp yang tidak mendukung namun tetap dipaksakan untuk internetan atau bahkan mendownload, bisa dipastikan bahwa hp tersebut akan mudah panas.

Kondisi yang seperti ini dan tetap dibiarkan akan semakin menyebabkan kerusakan pada baterai. Solusi yang bisa Anda terapkan yaitu menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang memang mempuni untuk berselancar di internet. Dengan begitu hp Anda tidak akan lemot dan tetap lancar internetan.

5. Terkena Virus

Penyebab hp cepat panas saat internetan adalah karena virus. Hp yang terkena virus memang tidak bisa diprediksi sebelumnya dan terkadang virus tersebut tiba-tiba masuk dan mulai menyerang sistem hp. Terkadang virus juga bisa disebabkan ketika Anda mengunduh aplikasi di toko aplikasi android selain Play Store.

Solusinya bagaimana? Anda harus mendownload aplikasi antivirus Android terbaik maupun untuk iPhone yang memang sudah banyak digunakan oleh orang-orang dan mereka merasakan manfaat dan aplikasi tersebut. Yang tidak kalah penting, Anda harus rutin menscan komputer atau laptop di rumah Anda. Kemudian Anda juga harus secara rutin mengupgrade antivirus agar tetap mengenali jika ada virus yang mengganggu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick