Sponsors Link

12 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Telegram

Sponsors Link

Telegram atau yang orang-orang biasa menyebutnya dengan tele merupakan salah satu aplikasi chat terbaik android yang banyak digunakan. Sekilas memang aplikasi ini memiliki tampilan dan fungsi yang tidak jauh berbeda dari Telegram. Bahkan, ada yang mengira jika kedua aplikasi ini pada dasarnya sama, namun hanya berbeda dari nama dan tampilannya saja.

Perlu anda tahu bahwa di awal kemunculan Telegram, aplikasi ini sudah mendapatkan perhatian dan apresiasi karena mengusung sebuah aplikasi chat dengan tampilan yang menarik serta ringan digunakan. Tidak butuh waktu yang lama bagi Telegram untuk menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan. Bahkan, saat ini ia sudah menjadi salah satu aplikasi android yang berguna untuk sehari-hari. Jika seseorang menggunakan WhatsApp, maka biasanya ia juga menggunakan Telegram karena memang kedua aplikasi ini sekilas memiliki tampilan yang sama.

Kemudian muncul pertanyaan, apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram? Semua aplikasi tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bagi Telegram, aplikasi ini seolah-olah tidak memiliki kekurangan karena memang tidak jauh berbeda dengan WA. Namun, bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari aplikasi Telegram, maka akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Telegram

1. Aplikasi gratis dan akan selalu gratis

Kelebihan dari Telegram adalah ia merupakan aplikasi gratis yang bisa anda gunakan selamanya. Bahkan, Telegram akan selamanya menjadi aplikasi yang gratis dan anda tidak akan pernah menemukan iklan maupun juga dimintai sejumlah uang untuk mengupdate atau digunakan sebagai syarat agar anda bisa mengoperasikan Telegram. Keunggulan ini menjadikan Telegram sebagai salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan, terlebih lagi cara penggunaannya pun tidak sulit.

2. Telegram merupakan aplikasi yang ringan

Kelebihan kedua yang juga menjadikan Telegram sebagai salah satu aplikasi chat terbaik adalah ia ringan digunakan. Maksudnya, aplikasi ini tidak akan membuat hp anda lemot meskipun hp anda memiliki kapasitas RAM yang tidak terlalu besar. Anda masih bisa mengoperasikannya dan juga memanfaatkan fitur yang disediakan dengan mudah dan tidak nge-lag.

Mulai awal perilisan dan bahkan meskipun telah dilakukan berbagai update pun tetap saja membuat Telegram sebagai aplikasi yang ringan dan tidak membuat hp lemot. Padahal, biasanya ketika sebuah aplikasi sudah mengalami update beberapa kali malah membuat aplikasi tersebut menjadi lemot. Namun, Telegram tampaknya akan selalu menjadi aplikasi yang ringan sehingga anda memang harus memilikinya.

3. Telegram dapat mengirim pesan lebih cepat

Tahukah anda jika ternyata Telegram merupakan aplkasi yang berbasil cloud? Perlu anda ketahui bahwa aplikasi yang sudah berbasis cloud umumnya lebih cepat di dalam pengiriman data dibandingkan dengan aplikasi lain yang tidak memiliki fitur ini. Oleh karena itu, jika anda perhatikan pada saat berkirim pesan menggunakan Telegram, anda akan merasa bahwa pesan yang anda kirim dan anda terima cepat dan tidak sampai menunggu atau bahkan istilahnya sampai “jamkot”.

Keunggulan inilah yang menjadikan Telegram menjadi aplikasi utama dan bahkan tidak sedikit yang menyandingkannya dengan WhatsApp. Bukan hanya dari segi tampilan dan fungsi, melainkan karena aplikasi ini sama-sama cepat mengirim pesan. Bahkan, ketika sinyal di hp anda tidak terlalu stabil atau bahkan masih “E” atau “Edge”, Telegram tetap nyaman digunakan.

4. Memiliki kapasitas yang lebih kecil

Jika anda bandingkan dengan aplikasi chatting atau aplikasi chat dengan orang Korea, Telegram berukuran lebih kecil. Bahkan, untuk dibandingkan dengan WhatsApp pun, Telegram masih menjadi pemenangnya. Bayangkan saja, jika WA memiliki ukuran file kurang lebih mencapai 24 MB, namun Telegram hanya berukuran 16 MB saja. Mungkin ini yang membuat Telegram sebagai aplikasi yang ringan digunakan dan bahkan cocok untuk semua jenis smartphone, khususnya yang RAM dan ROM-nya tidak terlalu besar.

Maka dari itu, tidak ada alasan lain untuk anda mengesampingkan penggunaan Telegram dan malah menggunakan aplikasi lainnya yang malah kapasitasnya jauh lebih besar. Dari segi tampilan, fitur, dan penggunaan, Telegram masih tidak kalah dan mungkin lebih baik jika dibandingkan dengan aplikasi lain selain WhatsApp yang mungkin saat ini sedang anda gunakan.

Itulah kelebihan Telegram yang bisa kami sampaikan. Sebenarnya masih ada beberapa kelebihan lain dari aplikasi yang satu ini. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  • Aplikasi yang bisa berjalan baik di komputer maupun smartphone.
  • Telegram dapat menampung anggota dalam jumlah yang sangat banyak di dalam sebuah grup.
  • Telegram tidak memiliki batasan mengenai file yang bisa dikirim atau diterima oleh penggunanya.
  • Telegram telah menyediakan fitur asisten buatan yang bisa dimanfaatkan oleh admin grup untuk melakukan koordinasi dan bisa digunakan untuk membalas pesan secara otomatis.
  • Telegram menyediakan PINED sehingga pesan bisa langsung dilihat dan tanpa harus anda scroll ke atas.
  • Tersedia banyak stiker yang unik yang anda bisa digunakan untuk mengekspresikan apa yang anda rasakan.

Kekurangan Telegram

1. Tidak memiliki video call

Hal pertama yang menjadi kekurangan dari Telegram adalah ia tidak memiliki fitur video call. Jika aplikasi chat lain dan mungkin hampir semuanya sudah menggunakan fitur ini, namun Telegram masih tetap bertahan dengan ketiadaan fitur video call mulai awal perilisan sampai sekarang. Masih belum diketahui apa yang melatarbelakangi dan menyebabkan Telegram tidak memiliki fitur tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk update dan pengembangan ke depan, Telegram akan memiliki fitur video call.

2. Tidak dilengkapi dengan fitur story

Kita tahu bahwa fitur ini awalnya dimiliki oleh Instagram dan kemudian merambah WhatsApp dan Facebook. Fitur story akan memberikan keleluasaan terhadap pengguna di dalam berbagai apapun yang ingin mereka bagi, baik berupa teks maupun juga video atau gabungan dari dua hal tersebut. Akan tetapi, Telegram tidak memiliki fitur ini. Alasannya mungkin karena vendor atau pabrik pembuatan Telegram berbeda dengan Telegram.

Hal ini membuat Telegram tidak bisa serta merta menambahkan fitur story. Meskipun begitu, tidak sedikit yang tidak mempermasalahkannya dan merasa nyaman ketika menggunakan aplikasi ini. Mereka merasa bahwa untuk berbagai story sudah cukup melalui Instagram atau WhatsApp.

Demikian penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram. Semoga bermanfaat. Kami menyarankan anda juga mempelajari informasi lain yaitu aplikasi untuk belajar semua pelajaran dan aplikasi chat buatan Indonesia.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Aplikasi