Sponsors Link

12 Kelebihan dan Kekurangan HP Black Market yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Black Market yang lebih terkenal dengan singkatan BM merupakan suatu pasar gelap dengan transaksi jual beli barang secara illegal. Maksud illegal disini adalah barang yang dijual tidak dikenai pajak dan ada pula yang tidak memiliki izin resmi untuk dikirim atau digunakan didalam negeri. Namun meski begitu peminat black market tetap selalu ada dan mencari barang-barang keperluannya pada black market.

ads

Beragam hal bisa dijual melalui Black Market, tak terkecuali HP yang merupakan produk unggulan transaksi pada Black Market. Tapi bagi kamu yang memang berminat untuk membeli HP BM tentulah harus lebih teliti dan waspada dalam bertransaksi untuk mendapat HP yang benar-benar sesuai harapan. Berikut akan kita ulas kelebihan dan kekurangan HP Black Market.

Baca juga:

Kelebihan HP Black Market

1. Harga Lebih Murah

Membeli HP di Black Market tentunya sudah terkenal dengan harganya yang murah dibandingkan harga aslinya. Pasalnya HP black market ini tidak dikenai pajak sehingga harganya menjadi relatif murah dibanding yang ada di pasaran. Transaksinya pun tidak sulit, kalian bahkan bisa membelinya secara online. Meskipun terlarang, namun tak dapat dipungkiri bahwa peminat black market selalu ada. Bagi kamu yang mengincar HP tertentu yang memang sangat mahal di pasaran tentunya black market akan sangat membantu kamu memenuhi keinginan sesuai isi dompet.

Baca juga: Kelebihan Hp Cina

2. Tersedia HP yang Tidak Ada di Dalam Negeri

Bukan melulu karena alasan murah, para pembeli meminati berbelanja di black market. Tak jarang para kolektor HP pun mengincar black market karena tipe HP yang diinginkan memang tidak dijual secara resmi didalam negeri. Sehingga black market menjadi pintu utama tujuan mereka agar mendapat akses dalam membeli HP yang diincarnya.

Memang ada banyak sekali peraturan yang ketat dalam penjualan HP di dalam negeri, sehingga tidak sembarang HP bisa dijual secara resmi didalam negeri. Hal ini sebenarnya juga untuk menjaga konsumen dari berbagai hal yang tak sesuai dengan apa yang ada didalam negeri dan tak luput pula dari belum adanya perjanjian kerjasama dengan brand HP tersebut yang kelak tidak bisa memberikan jaminan perlindungan pemakai pada pembeli HP. Namun ternyata hal ini justru membuat black market menjadi pilihan para pembeli.

Baca juga: Kelebihan Android Lollipop

3. HP Versi Lokal namun Spesifikasi Luar Negeri

Ada banyak sekali brand HP yang berada di pasaran dalam negeri. Setiap brand tentunya memiliki keunggulan dan spesifikasi tertentu. Namun tahukah kamu bahwa terkadang HP yang berada didalam negeri memiliki spesifikasi yang berbeda di luar negeri. Meskipun bermerk dan memiliki tipe yang sama namun ternyata belum tentu spesifikasi pada HP yang berada didalam negeri sama seperti yang menjadi versi diluar negeri.

Hal ini mungkin karena penyesuaian produk terhadap kondisi di tiap negara. Namun hal ini sering kali menjadi daya tarik pembeli untuk mendapatkan HP tersebut yang ada didalam negeri namun versi negara lain. Karena terkadang spesifikasi yang ditawarkan jauh lebih tinggi dan canggih dibandingkan dengan yang ada di dalam negeri, mungkin karena di negaranya memang standar smartphone di pasarannya pun sudah memiliki spesifikasi yang jauh lebih tinggi dibanding yang menjadi mayoritas di dalam negeri kita.

Baca juga: Cara Jailbreak iPhone

Sponsors Link

4. Tetap Mendapat Garansi Luar Negeri

Memang sudah menjadi gaungan umum bahwa membeli HP di black market tidak akan mendapatkan garansi resmi didalam negeri. Namun bukan berarti memang tidak ada garansinya sama sekali, karena meski tidak dijual didalam negeri, HP pada black market berasal dari negara tertentu. Maka sebenarnya HP tersebut memiliki garansi dari negara asalnya.

Memang kedengarannya sangat rumit bila kita harus mengklaim garansi ke negara asalnya. Tapi setidaknya itu menjadi point tambahan tersendiri, bagi kamu yang memang tak memiliki kendala untuk pergi keluar negeri mungkin akan cocok dengan tipe garansi ini. Hal yang lebih menarik adalah penjual black market pun sering kali memberikan garansi toko untuk menukar HP bila dirasa ada kendala, garansi yang diberikan berkisar waktu 1 bulan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J1

5. Dapat Membeli HP sebelum Waktu Release

Kamu yang sering mengikuti trend HP disetiap waktunya pastilah tau bahwa suatu HP di release pada tiap negara dengan waktu yang berbeda-beda. Tak jarang bila HP tersebut sudah tersedia di negara lain namun belum tersedia didalam negeri. Fenomena ini biasanya sangat membuat gelisah para gadget addict yang ingin selalu mendapatkan teknologi terbaru secara cepat dan tak ketinggalan dengan trend yang ada. Maka lagi-lagi black market bisa menjadi tujuan mereka, karena black market bisa saja menyediakan HP yang telah direalese di negara lain untuk ia jual ke dalam negeri. Harganya pun terbilang menggiurkan karena pastinya akan lebih murah dengan yang akan dijual dipasaran setelah HP tersebut diluncurkan secara resmi.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root

6. Mendapatkan HP yang Limited

HP limited juga merupakan faktor dari menjamurnya black market. Dunia teknologi saat ini sangat senang mempropaganda suatu produk dengan meluncurkan suatu produk yang limited alias produksinya terbatas, hanya ada beberapa produk saja diseluruh dunia. Black market sangat tau untung mengambil peluang penjualan. Maka tak dipungkiri HP yang limited edition pun dijual oleh black market. Permintaan penjual pun sangat tinggi bila trend ini sedang boomingnya. Bahkan terkadang black market menjualnya dengan harga yang sama ataupun justru lebih mahal dari harga aslinya. Hal ini berani ia lakukan karena mengingat bahwa produk yang dijual adalah HP limited yang memiliki daya jual tinggi.

Baca juga: Tips Merekam Video dengan HP

Sponsors Link

7. Mendapat Produk yang Berkualitas

Bagi mereka yang mahir berbelanja di black market dan mampu mengenali produk yang memang asli dan berkualitas tentunya menjadi suatu keunggulan tersendiri. Bagi mereka yang telah mahir memilah milih barang yang dijual di black market tentunya berbelanja di BM menjadi keuntungan yang menggiurkan. Pasalnya bila memang mendapat produk yang benar asli dari negara tertentu maka bisa dipastikan produk tersebut memiliki kualitas yang sangat jauh lebih tinggi dari produk dalam negeri.

Pasalnya terkadang produk yang berada di dalam negeri memiliki sparepart yang dirakit didalam negeri. Sungguh sangat berbeda dengan HP yang memiliki sparepart yang berasal dari luar negeri bahkan yang berasal dari negeri brand HP tersebut. HP yang didapatkan pun akan dirasa lebih berkualitas dan tahan lama sesuai dengan image kualitas yang diciptakan dari negara penjual HP tersebut.

Baca juga: Hp Tertipis di Dunia

8. Mendapatkan Aplikasi maupun Fitur Luar Negeri

Jika kamu membeli suatu HP pada Black Market yang merupakan versi untuk suatu negara tertentu maka pastinya HP tersebut akan memiliki aplikasi ataupun fitur yang disesuaikan dengan teknologi di negara tersebut. Akan sangat beruntung bila kamu mendapatkan HP yang berasal dari negara pemilik teknologi mutakhir dibandingkan dalam negeri. Pasalnya kamu mungkin akan mendapatkan aplikasi bawaan ataupun fitur tertentu yang tak lazim atau mungkin belum ada di dalam negeri. Sehingga kamu dapat merasakan kecanggihan HP melebihi dari yang ada didalam negeri.

Baca juga:

Kekurangan HP Black Market

1. Tidak Memiliki Garansi Resmi Dalam Negeri

Sudah menjadi rahasia umum jika mendengar kata black market maka pikiran utama tentang produk yang dijual adalah tidak mendapat garansi dalam negeri. Pasalnya produk yang dijual pada black market seringkali merupakan produk yang tidak dipasarkan didalam negeri atau tidak memiliki brand di dalam negeri. Sehingga tidak ada layanan garansi yang berada didalam negeri. Jika kamu ingin mengklaim garansinya maka kamu harus datang ke negara tempat HP tersebut kamu beli. Maka bagi kamu yang ragu dan sangat mementingkan garansi dari pembelian HP, black market bukanlah tempat yang tepat untuk kamu

ads

Baca juga: Aplikasi Pemutar Musik iPhone

2. Terikat Kontrak Operator Tertentu

Seperti HP yang terdapat didalam negeri, biasanya ada suatu produk brand tertentu yang bekerjasama dengan sebuah operator seluler yang sering dinamakan sebagai HP bundling. HP ini telah terikat kontrak dengan suatu operator tertentu dalam penggunaan HP tersebut. Begitu juga HP yang berasal dari luar negeri, banyak HP yang sudah di bundling dan dijual pada black market.

Sayangnya operator selulernya pun merupakan operator seluler yang terdapat dari negara asal produk ini dijual. Sehingga bila kamu memakainya didalam negeri maka kamu harus mengunlock sistem SIM cardnya terlebih dahulu yang prosesnya tidak mudah dan seringkali akan menambah pengeluaran dompetmu. Tapi kamu juga tidak bisa sembarangan melakukan unlock, karena ada beberapa operator tertentu yang justru akan mengunci HP kamu secara keseluruhan apabila terdeteksi bahwa SIM cardnya telah di unclock.

Sehingga kamu benar-benar tidak dapat mengakses HP kamu secara total. Bahkan adapula yang akan mengirimkan signal bahwa HP tersebut dicuri, karena aksi mencurigakan dengan meng-unclock sim card pada HP tersebut. Kamu juga tidak bisa sembarangan dalam mengatasi hal ini, pasalnya kamu tidak memiliki jaminan hukum. Bahkan HP yang kamu beli tersebut dapat saja disita jika diketahui oleh badan pemerintahan karena tidak memiliki sertifikasi Kominfo dan tidak membayar pajak dalam transaksi pembelian.

Baca juga: Emulator Android Terbaik

3. Sulit Mencari Aksesoris maupun Sparepart HP

Karena HP tersebut tidak resmi berada didalam negeri maka akan sulit bagi kamu untuk mendapatkan aksesoris maupun sparepart dari HP tersebut. Karena memang tidak ada cabang dari brand tersebut yang menyediakan atau memproduksinya didalam negeri. Sehingga kamu mungkin hanya akan mendapatkannya bila mencari via black market lagi. Hal ini justru membuat kamu menjadi seperti kecanduan dan bergantung pada black market untuk urusan yang bersangkutan dengan HP yang kamu beli pada black market.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android

4. Belum Tentu Asli

Jika kamu memang pintar berbelanja pada black market maka bukan menjadi masalah bagi kamu dan tidak ada yang perlu ditakutkan dalam segi kualitas. Namun bagi kamu yang pemula dan bahkan awam dengan black market tentunya harus lebih waspada dalam berbelanja di black market. Karena menjamurnya peminat black market membuat produk yang dijual banyak yang tidak asli.

Bukan hanya produk yang tidak asli ataupun hanya replika. Namun juga terdapat barang rekondisi alias barang yang telah rusak namun diperbaiki kembali. Bahkan ada pula barang pabrik yang gagal uji coba pada tahap namun dijual pada black market. Ini tentunya sangat beresiko bila kamu memakai salah satu produk dengan faktor-faktor tersebut. Kamu meski kamu membeli dengan harga murah tentunya kamu yang akan dirugikan karena membeli barang yang tidak berkualitas bahkan ada pula barang yang terbilang bekas.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian Hp SamsungCara Cek Keaslian iPhone

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan HP black market, tentu kita harus lebih berhati-hati dalam membeli HP. Meski berbelanja di Black Market cukup menarik dan menguntungkan namun ada baiknya kamu lebih memilih untuk membeli HP langsung pada penjual resminya, seperti konter-konter HP resmi yang dimiliki oleh Brand HP yang kamu incar. Pasalnya tetap akan lebih menguntungkan dengan membeli HP secara resmi di konter yang legal apalagi jika kita membeli secara langsung face to face dengan para penjual resmi di konter.

Baca juga:

Selain kita bisa mendapatkan informasi lebih tentang HP yang kita inginkan, pada konter resmi pun kita bisa mencoba HP yang kita inginkan terlebih dahulu, karena pada konter resmi biasanya telah disediakan sample-sample setiap tipe HP yang dijual. Dengan begitu kamu akan merasa lebih mantap untuk membeli dan juga kamu mungkin saja merubah pilihan dan tidak terlanjur kecewa lantaran fitur yang tersedia ternyata berbeda dari ekspektasi kamu.

Untuk soal garansi tentunya membeli di konter atau gallery resmi sangat menjamin kamu dalam segi garansi, baik garansi toko maupun garansi merk HP itu sendiri yang biasanya berkisar selama 1-2 tahun. Hal menarik lainnya dalam membeli HP di konter atau gallery resmi adalah sering adanya promo-promo maupun potongan-potongan harga khusus yang disediakan secara bervariatif oleh gallery HP tersebut. Sehingga kamu bisa lebih berhemat atau mendapat keuntungan lebih dalam berbelanja dan tentunya dengan cara yang legal dan produk yang resmi.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi