Sponsors Link

9 Kelebihan dan Kekurangan Layar TFT Capacitive yang Mesti Anda Tahu

Sponsors Link

Sebelum lebih jauh membahas kelebihan dan kekurangan layar tft capacitive ada baiknya kita mengetahui devinisi apa itu layar TFT dan apa itu Capacitive. Mungkin kalau kita membicarakan soal layar perangkat elektronik kita akan langsung tertuju pada kata LCD. Mulai dari TV hingga smartphone memang umumnya menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display). Teknologi LCD sendiri terus berkembang dari waktu ke waktu, dan saat ini LCD sudah mulai tergeser dengan munculnya teknologi baru seperti AMOLED dan Super AMOLED.

ads

Baca juga:

Pengertian Layar TFT

TFT sediri merupakan singkatan dari Thin Film Transistor yang merupakan bagian dari teknologi layar LCD (Liquid Cristal Display). Jenis layar TFT ini memiliki kualitas gambar yang lebih bagus dibanding dengan teknologi layar LCD teknologi sebelumnya.

Jenis layar ini memiliki kualitas gambar lebih bagus dan resolusi yang tinggi serta mendukung jutaan warna dalam tiap pixelnya. Setiap pixel dalam layar TFT ini di kontrol oleh minimal 1 dan maksimal 4 transistor untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Model layar TFT yang disebut juga sebagai active-matrix LCD ini umumnya dipakai pada smartphone low end karena biaya produksinya relative lebih murah.

Pengertian Capacitive Touchscreen

Merupakan sebuah model atau type layar yang memanfaatkan kapasitansi alami pada tubuh manusia sebagai sensor touchscreen. Secara alamiah tubuh manusia menyimpan listrik alami sampai puluhan kilo-volt. Ada beragam sensor yang digunakan oleh layar sentuh smartphone yang cara kerjanya medan elektrostatik dipengaruhi oleh sentuhan manusia.

Secara fisik Capacitive Touchscreen dilapisi oleh lapisan transparan. Saat layar terkena stimulus, disentuh oleh jari maka medan elektrostatik yang diukur sebagai perubahan kapasitansi. Perubahan itu kemudian dilanjutkan ke prosesor smartphone yang diproses sesuai data input dari layar tersebut.

Capasitive touchscreen merupakan teknologi yang layar sentuh yang memiliki kualitas lebih bagus dibanding dengan model layar sentuh resistif. Dengan layar capacitive ini akan memberikan pengalaman lebih baik kepada penggunanya.

Capasitive touchscreen memiliki kualitas gambar yang jernih dan dapat dilapisi dengan tempered glass untuk melindung layar dari goresan tanpa mengganggu kinerja nya. Selain capacitive layar sentuh ini mendukung multi touch yang bisa digunakan untuk menangkap beberapa sentuhan secara bersamaan.

Merujuk pada pembahasan di atas, TFT Capacitive adalah jenis layar handphone dengan teknologi Thin Film Transistor (TFT) dengan menggunakan model Capacitive untuk teknologi touchscreennya. Selain TFT yang menggunakan capacitive touchscreen, ada juga jenis layar TFT yang menggunakan Resistive Touchscreen.

TFT Capacitive ini tentunya mengandung beberapa kelebihan dan kekurangan yang mungkin tidak didapatkan pada model layar handphone sebelumnya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Touchscreen Error

Sponsors Link

Kelebihan Layar TFT Capacitive

  • Kualitas layar lebih baik dibanding LCD, meski tidak begitu signifikan.
  • Sudah mendukung jutaan warna sehingga warna lebih bagus dibandingkan dengan teknologi layar sebelumnya.
  • Memiliki resolusi layar yang lebih tinggi.
  • Cost product atau bea produksinya murah, sehingga harga relative lebih murah. Tak heran jika model teknologi layar TFT Capacitive banyak digunakan oleh pabrikan handphone kelas bawah.
  • TFT Capacitive mendukung multi touch dibanding model resistif yang hanya bisa digunakan untuk single touch. Dengan menggunakan multi touch akan memudahkan anda dalam mengoperasikan aplikasi yang membutuhkan multi touch untuk mengoperasikannya. Misalkan jika anda menggunakan handphone anda untuk bermain game.
  • Dapat dilapisi dengan tempered glass untuk layar handphone lebih awet. Cocok untuk anda yang ingin melindungi layar handphone anda dengan screen protector. Untuk anda yang ingin menggunakan tempered glass untuk melindung layar handphone anda, silahkan baca juga: Tips Memilih Tempered Glass

Kekurangan TFT Capacitive adalah:

  • Membutuhkan catu daya yang lebih besar, sehingga penggunaan baterai lebih boros. Jika anda memiliki handphone dengan menggunakan layar TFT pastikan anda memiliki powerbank juga agar anda tak kehabisan baterai saat di luar rumah. Baca juga: Tips Memilih Powerbank
  • Memiliki visibilitas dan sudut pandang yang sempit terutama saat berada di bawah terik matahari. Kelemahan ini menjadi sangat mengganggu untuk anda yang biasa beraktivitas di luar ruangan.
  • Kualitas gambar bisa dibilang pas-pasan jika dibanding dengan teknologi layar handphone saat ini. Sebetulnya kualitas sudah cukup nyaman bagi kita untuk menikmati gambar, maupun video di handphone dengan layar TFT, namun teknologi terbaru berhasil menemukan model layar yang jauh lebih berkualitas seperti AMOLED dan SUPER AMOLED sehingga kalau dibandingkan maka model layar TFT itu seakan sudah sangat jauh tertinggal.

Demikian kelebihan dan kekurangan layar TFT Capacitive yang bisa anda jadikan pengetahuan dalam memilih handphone yang berkualitas sesuai dengan selera anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi