Sponsors Link

6 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9

Sponsors Link

kelebihan dan kekurangan oppo a9

Membeli sebuah hp pintar perlu pertimbangan yang matang agar tidak menyesal. Tak heran jika kemudian banyak calon pembeli yang dibuat dilema karena bingung memilih hp pintar mana yang terbaik untuk digunakan,

Berbicara tentang hp pintar, tentu nama Oppo sudah tidak asing lagi di telinga anda. Ya, Oppo adalah salah satu vendor hp yang paling diminati di Indonesia saat ini. Vendor asal China ini punya banyak sekali varian hp pintar bersistem operasi android yang laris manis di pasaran.

Salah satunya adalah Oppo A9. Oppo A9 adalah salah satu varian hp Oppo yang bermain di segmen mid-range. Punya banderol yang menggiurkan karena murah, Oppo A9 menjadi salah satu hp android yang layak untuk dibeli.

Sebelum membeli Oppo A9, penting bagi anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Oppo A9. Oleh karena itu, kami menghadirkan ulasan ini. Berikut kami sajikan apa saja kekurangan dan kelebihan dari Oppo A9, varian hp murah meriah dari Oppo, salah satu kompetitor Xiaomi.

Kelebihan Oppo A9

1. Desain Ala Flagship

Oppo adalah salah satu vendor yang memperhatikan desain hp seperti apa yang diluncurkannya. Begitupun dengan Oppo A9 yang dibekali dengan desain bukan kaleng-kaleng.

Meski bermain di sektor menengah ke bawah, Oppo A9 punya desain yang kekinian bahkan terkesan premium. Ya, pemilihan material dan garis desain yang diusung Oppo lewat Oppo A9 ini membuatnya tidak terlihat seperti hp murah.

Sama seperti hp android kebanyakan, Oppo A9 sudah mengadopsi full-screen display dimana tidak ada tombol fisik di bagian bodi depan hp. Desain waterdrop display notch seperti Samsung A20 juga bisa anda dapatkan di Oppo A9 ini.

Highlight dari Oppo A9 dari segi desain terletak di bagian back cover alias bodi belakang. Oppo mengusung desain bodi belakang dengan desain gradasi tiga warna yang diletakkan secara vertikal. Hadirnya efek gradasi tersebut menciptakan nuansa mewah pada Oppo A9.

2. Quad Kamera yang Keren

Hp android masa kini sudah dibekali dengan kamera belakang yang jumlahnya lebih dari satu. Tak terkecuali Oppo A9 yang kerennya, punya quad camera alias empat buah lensa kamera.

Oppo sendiri terkenal akan kualitas kameranya yang tidak perlu diragukan lagi. Mengusung tagline “Selfie Expert” di awal kemunculannya, Oppo sukses menggaet para pengguna hp pintar yang menjadikan spesifikasi kamera sebagai prioritas utama sebelum membeli hp.

Spesifikasi kamera bisa dibilang menjadi jualan utama Oppo lewat Oppo A9 ini. Oppo A9 dibekali dengan wide camera beresolusi 48 MP. Lensa monokromatik juga beresolusi 2 MP juga ada di Oppo A9. Belum puas? Oppo A9 sudah mendukung depth sensor guna menghasilkan foto yang tajam.

Di bagian depan, Oppo menyematkan front camera beresolusi 16 MP yang powerful digunakan untuk selfie. Hasil selfie nantinya bisa anda edit menggunakan aplikasi edit foto terbaik. Menarik bukan?

3. Kemampuan Gaming yang Mumpuni

Gaming adalah aktivitas yang umumnya dilakukan para pengguna hp saat ini. Fenomena ini terjadi semenjak hadirnya game-game mobile seperti PUBG, Free Fire, PUBG dan masih banyak lagi.

Oppo tahu betul bagaimana cara mengemas hp murah namun bertenaga ketika digunakan untuk gaming. Spesifikasi Oppo A9 sendiri masuk ke dalam spek hp untuk main PUBG Mobile.

Ya, Oppo membekali Oppo A9 dengan beberapa fitur gaming yang keren di dalamnya. Sebut saja fitur bernama Touch Boost dan Frame Boost yang diklaim mampu meningkatkan performa hp saat gaming.

Fitur tersebut dikombinasikan dengan Snapdragon 665, chipset yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Kapasitas baterai yang disematkan di Oppo A9 juga terbilang besar, yaitu sebesar 5.000 mAh. Baterai tersebut mampu mengakomodir penggunaan hp untuk menjalankan beragam aplikasi, khususnya game berat.

Kekurangan Oppo A9

Berbicara tentang kelebihan dan kekurangan Oppo A9, kami sudah punya beberapa kekurangan Oppo A9 yang mungkin bisa membuat anda berpikir dua kali sebelum membeli hp ini.

1. Minus NFC

Hp android masa kini sudah dibekali dengan kemampuan NFC. Salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu ini memudahkan anda untuk melakukan pembayaran digital lewat hp pintar. NFC sendiri bisa anda temukan di varian terbaru Samsung, Samsung Galaxy A51.

Sayangnya, Oppo A9 belum mendukung fitur tersebut. Ya, mengingat harganya yang murah, mustahil rasanya menemukan fitur NFC di dalam Oppo A9 karena mayoritas hp dengan fitur NFC adalah hp-hp mid-end hingga flagship.

Minusnya NFC menjadi kekurangan pertama dari Oppo A9. Mungkin salah satu kekurangan ini dirasa sepele buat anda yang tidak terlalu sering melakukan transaksi secara mobile.

2. Masih Menggunakan Waterdrop Display

Memasuki tahun 2020, punch-hole display digadang-gadang akan menjadi tren di tahun ini. Ya, selepas perilisan Samsung S10 yang memperkenalkan desain punch-hole, vendor-vendor lainnya mencoba untuk mengadopsi desain tersebut.

Punch-hole display sendiri merupakan desain baru yang menggantikan desain waterdrop display dimana kamera depan hp akan ditanam di dalam layar tanpa menyisakan notch atau poni.

Oppo A9 masih mengusung desain waterdrop display, seperti hp android kebanyakan. Padahal, kompetior sekelasnya, Infinix S5 Lite, sudah mengadopsi desain punch hole yang kekinian.

Kekurangan ini kembali lagi ke selera anda sebagai pengguna. Mungkin banyak dari anda yang lebih nyaman menggunakan hp dengan waterdrop display.

3. Spesikasi Tidak Jauh Berbeda dengan Oppo A5

Bukan hal baru jika Oppo kerap meluncurkan hp yang punya desain sama namun membidik segmentasi pasar yang berbeda. sebelum Oppo A9, Oppo sudah lebih dulu meluncurkan “kakaknya”, Oppo A5. 

Kedua hp yang sama-sama dirilis untuk meramaikan perang hp di tahun 2020 ini punya spesfikasi yang mirip-mirip bahkan nyaris sama meskipun anda perbedaan minor di antara keduanya.

Perbedaan tersebut hanya terletak di bagian RAM dan resolusi kamera saja. Buat anda yang sudah memiliki Oppo A5, kami sarankan untuk tidak membeli Oppo A9 karena kurang worth it.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo A9 yang sudah kami ulas untuk anda yang berencana untuk meminang Oppo A9. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Review
Search
GADGET INFO

Kamu ada rencana ingin menjual hpmu tapi takut diberi harga murah? Lakukan hal-hal ini untuk mengetahui performa hpmu, layak atau tidak dijual dengan harga tinggi.