Sponsors Link

6 Kelebihan dan Kekurangan VPN yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Apa saja kelebihan dan kekurangan VPN? Beberapa hari ini akses media sosial di Indonesia sedang dibatasi. Hal ini menyusul pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah agar tidak sampai tersebar gambar maupun video hoaks mengenai aksi 22 Mei yang dilakukan dalam hal mencari keadilan. Maka dari itu, Menkominfo memutuskan untuk membatasi akses media sosial masyarakat yang ada di Indonesia.

Meskipun mereka berpendapat bahwa pembatasan akses media sosial tersebut hanya belaku di beberapa daerah, namun sepertinya pembatasan tersebut sudah hampir terjadi secara menyeluruh. Tentunya ada banyak pihak yang merasa dirugikan atas keputusan tersebut yang sekaligus menjadi penyebab koneksi internet lambat di Android. Terlebih lagi mereka yang memang setiap hari berkecimpung di media sosial, salah satunya adalah penjual online. Namun, mereka sudah menemukan cara untuk mengatasinya yaitu dengan mendownload aplikasi bernama VPN.

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Aplikasi ini akan memberikan akses internet secara pribadi dengan melalui jaringan publik. Meskipun di awal VPN sudah mulai ditinggalkan, namun dengan adanya pembatasan akses media sosial ini, maka tidak sedikit yang mulai mencarinya di Google Play dan App Store. Hal ini menjadikan VPN sebagai salah satu aplikasi internet gratis Android terbaik.

Seiring dengan semakin bertambahnya pengguna VPN, muncul sebuah pertanyaan. Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan VPN? Banyak masyarakat yang sudah merasakan kelebihan dari aplikasi ini, namun ada juga masyarakat yang malah merasakan kekurangan dari VPN dan malah merugikan dirinya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan kelebihan dan kelebihan VPN untuk anda.

Kelebihan VPN

1. Mempercepat koneksi internet

Cara mempercepat koneksi internet yang bisa anda lakukan salah satunya dengan memanfaatkan VPN. Alasan mengapa aplikasi ini mulai viral adalah karena masyarakat butuh akses internet yang lebih cepat. Meskipun terkadang masih bisa mengoperasikan media sosial, namun yang dilakukan hanyalah mengetik atau membaca status yang berupa tulisan. Ketika digunakan untuk melihat status gambar atau video, maka seolah-olah hp kita tidak memiliki paket internet.

Maka dari itu, anda membutuhkan sebuah aplikasi yang memang sudah terbukti mampu mempercepat koneksi internet dan salah satunya adalah menggunakan VPN. Anda tinggal mendownloadnya di Play Store maupun mendapatkannya di toko aplikasi android selain Play Store. Kemudian anda install dan biarkan proses selesai. Setelah itu, anda tinggal mencari server yang anda inginkan. Biasanya disertakan server beda negara dan anda bisa memanfaatkannya.

2. Bisa membuka situs yang terblokir

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh VPN adalah ia merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka website atau situs yang diblokir. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan VPN untuk hal-hal yang bisa dikatan bersifat negatif. Jika sebelumnya berbagai macam situs atau website dewasa sudah diblokir oleh pemerintah, namun masih ada beberapa cara yang dilakukan untuk meng-unblock situs tersebut dan salah satunya adalah menggunakan VPN.

Cara kerja dari VPN sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Psiphon 3 yang memang sama-sama merupakan aplikasi untuk membuat situs yang diblokir. Bagi anda yang ingin mendownload VPN untuk membuka situs-situs yang diblokir pemerintah, pikirlah lagi dampak negatifnya untuk diri anda sendiri karena sudah tentu hal tersebut dilarang oleh agama dan kemungkinan juga akan memberikan dampak yang buruk untuk otak anda.

3. Sebagai jaringan khusus yang aman

Bagi sebuah perasahaan yang ingin membuat sebuah jaringan pribadi yang aman, maka ia bisa memanfaatkan VPN. Sama halnya dengan nama panjang dari aplikasi ini, VPN bisa digunakan untuk membuat sebuah jaringan private terbatas untuk melindungi kerahasiaan data atau confidentially. Dengan begitu, maka perusahaan bisa melindungi informasi perusahaan miliknya sehingga ketika melakukan transaksi bisa memanfaatkan metode enkripsi.

4. Membuat mobilitas perusahaan lebih baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh VPN adalah aplikasi ini bisa membantu di dalam membuat mobilitas perusahaan agar bisa lebih baik. Maksudnya, para karyawan bisa saling terhubung satu sama yang lain dengan jaringan yang ada di kantor melalui jaringan pribadi yang nanti akan dihubungkan ke masing-masing perangkat para karyawan. Tentunya hal ini akan memberikan kemudahan di dalam saling memberikan informasi antara karyawan dengan bos maupun sebaliknya.

Kekurangan VPN

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada apa saja yang menjadi kekurangan VPN yang patut untuk anda waspadai, terutama bagi anda yang sudah lama menggunakan aplikasi yang satu ini.

1. Keamanan yang rawan ditembus

Salah satu yang menjadi kelemahan atau kekurangan dari VPN adalah aplikasi ini memudahkan orang lain yang memiliki niat jahat untuk mendapatkan informasi penting dari kita. Memang VPN merupakan aplikasi yang dapat mempercepat koneksi internet dan dapat digunakan sebagai jaringan private atau jaringan pribadi. Akan tetapi, ketika seseorang sudah menyediakan akses layanan yang bersifat global, maka keamanan akan menjadi hal yang dipertaruhkan di sini.

Hal ini membuat berbagai informasi pribadi rawan diretas yang mana tidak sedikit korban yang sudah merasakannya. Maka dari itu, sebenarnya VPN merupakan aplikasi yang seperti dua mata pedang. Di sisi lain, ia bermanfaat untuk memberikan akses layanan secara pribadi, namun di sisi yang lain ia malah menjadi aplikasi yang digunakan sebagai perantara untuk mencuri data atau informasi penting dari si pengguna.

2. Menjadi alat untuk mengakses informasi perusahaan

Seperti yang telah kami sebutkan bahwasanya VPN memang bermanfaat bagi perusahaan yang ingin semakin meningkatkan mobilitas karyawannya. Namun, jika hal tersebut tidak diimbangi dengan kontrol jaringan yang dilakukan secara rutin, maka VPN malah bisa menjadi salah satu media atau alat yang dimanfaatkan untuk mengakses informasi atau data-data penting yang berhubungan dengan perusahaan.

Bayangkan saja jika ada orang yang ternyata memiliki niat jahat untuk memanfaatkan VPN agar bisa memperoleh informasi, maka bukan tidak mungkin perusahaan tersebut akan mengalami kerugian yang sangat besar, terlebih lagi kerugian financial. Maka dari itu, kontrol jaringan penting dilakukan untuk mengetahui user atau pengguna mana saja yang mencurigakan yang ingin berniat jahat terhadap jaringan perusahaan.

Demikian informasi tentang kelebihan dan kekurangan VPN. Di bawah ini beberapa informasi lainnya yang juga tidak kalah penting, yaitu:

, , , ,
Oleh :
Kategori : Aplikasi