Sponsors Link

Penyebab Lampu Flash Android Nyala Terus dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Lampu flash pada android memang sangat dibutuhkan, terutama ketika kita harus mengambil di tempat yang minim cahaya atau juga tempat yang gelap. Kegunaan lampu flash inilah yang nanti akan mempermudah kita di dalam mendapatkan hasil gambar yang lebih baik. Dan itulah yang menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas kamera depan di android yang mana anda tidak harus membutuhkan aplikasi apapun.

Selain itu, kegunaan lampu flash adalah sebagai pengganti cahaya ketika pada waktu itu tidak ada lampu atau pada waktu listrik padam. Fungsi lain yang ada pada lampu flash adalah ia berguna sebagai notifikasi flash sehingga ketika anda menerima pemberitahuan, maka lampu tersebut akan menyala. Hal inilah yang menjadi salah satu fungsi NFC pada Hp yang sudah kami bahas beberapa waktu yang lalu.

Akan tetapi, bagimana jika ternyata lampu flash android nyala terus?. Tentu hal ini tidak jarang membuat para pengguna android merasa bingung dan bahkan ada yang sampai frustasi karena mengira bahwa lampu flash tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Akhirnya, ia juga tidak bisa mendapatkan gambar yang baik di tempat gelap. Ada beberapa hal yang menyebabkan lampu flash android nyala terus. Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai apa saja penyebab dan bagaimana cara anda mengatasinya.

1. Karena Pengaturan Flash Sebelumnya Sudah Anda Ubah

Penyebab pertama mengapa lampu flash pada android anda selalu menyala adalah karena sebelumnya anda telah mengubah pengaturan pada lampu flash itu sendiri. Memang ketika kita ingin melakukan pengaturan terhadap kamera, kita nanti juga akan menemukan tombol pengaturan pada lampu flash. Di situ anda akan menemukan 3 pilihan, apakah akan mematikan lampu flash, menyalakannya terus, atau membuatnya menyala secara otomatis.

Dan jika anda pilih “menyala terus” atau “on”, maka tentu saja pada waktu itu lampu flash anda akan langsung menyala dan bahkan setelah anda selesai mengambil gambar pun lampu tersebut masih menyala. Bagi anda yang baru menggunakan android tentu akan merasa bingung karena mungkin sebelumnya anda tidak sengaja mengubah pengaturannya. Maka dari itu, di bawah ini langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  • Masuk ke kamera
  • Masuk ke menu Setting
  • Dan lihat ikon flash. Biasanya akan ditandai dengan ikon seperti listrik
  • Kemudian anda tinggal ganti menjadi off atau otomatis. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

2. Lampu Flash Error

Penyebab kedua yang membuat lampu flash android nyala terus adalah karena lampu flash tersebut sudah mengalami kerusakan alias error. Biasanya hal ini bukan hanya menyerang flash, melainkan juga terkadang juga menyerang kamera. Salah satu kondisi yang terjadi adalah ketika anda membuka fitur kamera, maka kamera tersebut akan keluar dengan sendirinya.

Lantas bagaimana cara anda mengatasinya?. Ketika lampu flash error, maka ia juga tidak bisa disinkronkan dengan aplikasi nfc untuk android karena aplikasi tersebut membutuhkan lampu flash agar bisa berfungsi. Bagi anda yang bingung dan ingin tahu bagaimana cara anda mengatasinya, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Dengan kata lain, anda akan mereset smartphone anda menjadi seperti baru lagi. Namun anda juga harus ingat bahwa pastikan seluruh data anda sudah diback-up. Jika tidak tidak memback-upnya, malah nanti data-data penting anda akan hilang semuanya. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mempelajari cara flash Hp android dan itupun anda juga harus memback-up data anda.

3. Mengalami Konsleting Pada Keypad

Penyebab yang ketiga ini bisa dikatakan sebagai penyebab yang paling parah. Jika smartphone anda mengalami konsleting pada bagian keypad, maka smartphone tersebut akan secara otomatis selalu berada pada mode aktif. Hal ini sama halnya ketika saat keypad dalam kondisi ditekan secara terus-menerus yang akan membuat smartphone dalam kondisi on atau mode on.

Masalah ini akan berakibat pada lampu flash smartphone anda akan nyala tersebut pada anda sudah membenarkan pengaturan pada kameranya dengan mengubah pengaturan lampu flash menjadi “auto” maupun juga “off”. Kemudian, bagaimana cara anda mengatasinya?. Untuk mengatasi keypad yang konslet, maka anda perlu membongkar keypad smartphone anda.

Namun anda harus ingat bahwa ketika anda nanti membongkar keypad, maka anda harus memastikan terlebih dahulu apakah anda benar-benar sudah paham dalam memperbaiki smartphone. Jika tidak dan anda tetap memaksa, maka malah bisa menimbulkan kerusakan. Oleh sebab itu, kami menyarankan agar anda pergi ke tempat servis Hp terpercaya.

Untuk kasus lampu flash mati bisa dikatakan menjadi permasalahan yang lebih parah jika dibandingkan dengan kondisi ketika lampu flash anda nyala terus. Salah satu kerugian yang akan anda alami adalah anda tidak bisa mengambil gambar secara jelas di tempat yang minim cahaya. Terlebih lagi, anda tidak bisa menerima notifikasi karena lampu flash anda sudah tidak berkedip lagi.

Di bawah ini beberapa penyebab lampu flash mati total, mulai dari penyebab paling ringan sampai parah:

1. Karena Sebelumnya Sudah Diatur “Off”

Penyebab pertama mengapa lampu flash anda mati adalah sebelumnya anda sudah merubah kondisi lampu flash anda menjadi “Off” alias dalam mode mati. Mungkin sebelumnya anda lupa dan tidak sadar bahwa anda sudah merubah pengaturan flash menjadi mati. Hal ini mengakibatkan anda tidak bisa mendapatkan gambar yang jelas ketika berfoto di tempat gelap. Cara mengatasinya yaitu anda cukup masuk ke pengaturan kamera dan kemudian mengubah pengaturan flash menjadi otomatis atau juga On. Dengan begitu, anda bisa kembali berfoto dan mendapatkan hasil gambar yang bagus.

2. Karena Lampu Flash Error

Penyebab kedua adalah karena lampu flash anda error. Masalah ini dialami bagi anda yang menggunakan smartphone tersebut dalam waktu yang lama. Cara mengatasinya pun sangat sederhana yakni anda bisa menghapus Cache dan juga Cookies. Jika cara ini tidak berhasil, anda bisa langsung mereset kembali smartphone anda tersebut.

Demikian informasi tentang penyebab lampu flash android nyala terus dan mati serta bagaimana cara anda mengatasinya. Kami mengajak anda untuk juga mempelajari informasi mengenai cara ngeflash Hp android sendiri.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick