Sponsors Link

Lebih Untung Mana Beli Samsung Atau Xiaomi? Pertimbangkan 6 Hal Ini

Sponsors Link

Hp android sudah menjadi primadona saat itu. Hp pintar bersistem operasi dengan nama Android yang merupakan besutan perusahaan raksasa, Google ini menawarkan berbagai macam keunggulan yang dapat memenuhi hampir keseluruhan kebutuhan manusia. Tak heran, jika sampai hari ini ada banyak sekali hp android yang di rilis ke pasaran sebagai pesaing iPhone, hp pintar bersistem operasi iOS yang secara eksklusif dibuat oleh Apple, perusahaan besar yang bermukim di Amerika Serikat dan terkenal akan produk-produknya yang premium dan berharga selangit

ads

Harga yang lebih murah dengan varian yang sudah tak terhitung lagi jumlahnya menjadi salah satu kelebihan hp android ketimbang iPhone. Keberagaman varian serta vendor-vendor yang merilis hp android ini lah yang kemudian menciptakan persaingan sengit di dunia perponselan. Tentu, anda sudah tak asing dengan dua vendor hp android yang mana sudah sangat dikenal masyarakat yakni Samsung dan Xiaomi.

Nama Samsung sendiri bukan pemain lama di ranah perponselan. Jauh sebelum sistem operasi Android muncul yang kemudian menjadi sejarah baru dunia ponsel, Samsung sudah lebih dulu menghadirkan hp-hp kecil berbentuk candybar, flip, slide, dan bentuk lainnya. Samsung pun kemudian dikenal sebagai salah satu pesaing kuat Nokia pada masanya.

Sementara Xiaomi adalah vendor asal China yang mulai memperkenalkan seri android mereka untuk pertama kalinya pada Agustus 2011. Dengan cepat, Xiaomi menjadi primadona bagi para pengguna hp android karena kelebihannya yang menghadirkan hp android murah dengan kualitas yang tak main-main. Lantas, hal ini menciptakan persaingan baru antara Xiaomi sang pendatang baru dengan Samsung yang merupakan pemain lama. Lalu, mana kah yang lebih baik dari keduanya?

Berniat untuk meminang hp android namun masih bingung lebih untung mana beli Samsung atau Xiaomi? Jangan cemas, karena kami akan memberikan perbandingan mengenai lebih untung mana beli Samsung atau Xiaomi sehingga anda dapat dengan bijak memilih hp android di antara keduanya. Tanpa perlu berlama-lama, silakan simak perbandingan kedua vendor hp android super terkenal tersebut.

1. Pangsa Pasar

Xiaomi yang merupakan vendor hp android asal China ini punya pangsa pasar yang cenderung lebih sedikit ketimbang pesaingnya, Samsung. Samsung yang sudah menjadi Penguasa Pangsa Pasar Dunia pada tahun 2018 lalu ini punya market share yang lebih besar daripada Xiaomi yang berada di urutan di bawahnya. Dengan pangsa pasar yang luas, tentu akan lebih mudah mendapatkan hp android Samsung di pasaran ketimbang Xiaomi.

2. Jumlah Varian

Samsung yang merupakan pemain lama hp android sudah merilis berbagai macam varian hp bersistem operasi Android mulai dari versi pertama hingga yang paling baru saat ini, Pie jauh sebelum Xiaomi memperkenalkan produknya ke pasaran sehingga secara kualitas, Samsung tak perlu diragukan lagi karena ia punya sejarah yang begitu panjang.

3. Layanan After Sale

Layanan after sale adalah hal penting yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli hp android Samsung atau Xiaomi. Kenapa? Karena layanan after sale berkaitan sekali dengan kondisi hp android saat sudah dibeli dan digunakan. Bahasa gampangnya, after sale sama dengan garansi yang mana peran garansi pada sebuah hp android sangatlah penting. Garansi dapat memberikan anda jaminan jika sewaktu-waktu hp anda mengalami kerusakan.

Dari sektor ini, Samsung mengungguli Xiaomi yang mana ia sudah terkenal akan pelayanan after sale-nya yang baik dan terpercaya. Ada dapat dengan mudah menemukan service center milik Samsung di berbagai daerah sesuai domisili anda. Tentu hal ini akan memudahkan anda untuk melakukan klaim garansi.

4. Branding

Nama Xiaomi sendiri sudah melekat akan hp-hp android pintarnya yang dihargai dengan harga murah dan jauh dibawah harga rata-rata hp android sekelasnya. Contohnya adalah Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 yang sama-sama hadir dengan notch di sisi layar mirip iPhone X.

Untuk sebagian orang yang memikirkan betapa pentingnya sebuah brand, Samsung jelas lebih unggul karena Samsung terkenal akan brand-nya yang premium sehingga ia mampu disandingkan dengan pesaing beratnya di kelas flagship, siapa lagi kalau bukan Apple.

Namun, untuk anda yang rasional dalam memilih hp android, Xiaomi yang harganya lebih murah ketimbang Samsung yang bahkan terhadap punya fitur setingkat lebih keren daripada pesaingnya di harga yang lebih mahal, lebih menguntungkan untuk dibeli meski cap hp android murah sudah melekat pada dirinya.


5. Chipset

Dukungan chipset adalah hal penting lainnya sebelum memutuskan lebih untung mana hp Samsung atau Xiaomi. Jika anda menginginkan hp android yang ekslusif, Samsung akan dirasa lebih untung karena ia menyematkan chipstet buatan mereka sendiri yakni Exynos ke dalam berbagai produk hp android mereka. Lain halnya dengan Xiaomi yang menggunakan chipset Mediatek atau Snapdragon sejuta umat.

6. Kemudahan Untuk Membeli

Tak bisa dipungkuri bahwa Xiaomi punya jurus marketing jitu yang mana anda harus menunggu lama untuk mendapatkan seri hp android terbaru mereka seperti contohnya Xiaomi Redmi 5 beberapa waktu lalu yang sempat membuat kehebohan. Jurus marketing ini lah yang kemudian menjadikan Xiaomi unik dimana butuh usaha extra untuk membeli hp android keluaran mereka lain halnya dengan Samsung yang dapat dengan mudah anda dapatkan di gerai-gerai mereka sesudah perilisannya.

Kesimpulan

Setelah menyimak beberapa perbandingan lebih untung mana beli Samsung atau Xiaomi di atas, kami merekomendasikan anda untuk memilih Samsung yang lebih terpercaya di berbagai sektor dibanding Xiaomi. Hal ini didasari pada fakta dimana Samsung bukan lagi pemain baru di ranah hp android meski beberapa waktu belakangan gratiknya terus dikalahkan oleh Xiaomi yang kian menanjak.

Namun, tak berarti Xiaomi berkualitas buruk karena tercatat beberapa seri Xiaomi terbaru seperti Xiaomi Mi 8 mampu menandingi flagship lainnya. Memiliki hp android flaship tentu akan menghindari anda dari penyebab hp android lemot saat membuka aplikasi.

Namun, jika kedua vendor di atas dirasa kurang memuaskan anda, anda bisa mencari alternatif lainnya seperti Huawei maupun Lenovo yang kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Silakan pilih dan tentukan sesuai budget dan kebutuhan anda, ya.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Review