Sponsors Link

7 Penyebab Hp Lemot Saat Membuka Aplikasi

Sponsors Link

Dengan semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak hal pula yang bisa dilakukan. Bahkan hal tersebut bisa kita lakukan dengan mudah. Banyak hal sulit di masa lalu kini menjadi sangat mudah. Salah satu hal yang membuat kemudahan itu adalah dengan semakin maju nya teknologi handphone (HP).

Kini dengan menggenggam hp kita bisa melakukan banyak hal dan juga banyak pekerjaan. Hp bisa dibilang membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Namun terkadang kita juga akan dibuat kesal oleh benda yang satu ini. Salah satunya ketika hp kita menjadi lemot.

Penggunaan hp kini memang sudah bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi saja. Hp bisa melakukan banyak pekerjaan lain. Bahkan hp juga menjadi salah satu sarana hiburan. Kini sangat banyak aplikasi yang bisa kita pasang pada hp kita yang mana aplikasi itu bisa membantu pekerjaan kita. Namun terkadang aplikasi – aplikasi yang kita pasang tersebut tidak bisa bekerja sesuai dengan harapan kita. Bahkan lebih dari itu, terkadang aplikasi tersebut justru membuat hp kita menjadi lemot.

Ada banyak penyebab hp lemot saat membuka aplikasi. Kebanyakan penyebab itu adalah masalah ukuran dari aplikasi yang akan menyita banyak ruang memory pada hp kita. Beberapa penyebab yang sering terjadi dan juga cara mempercepat kinerja hp android diantaranya adalah:

1. Tidak menggunakan aplikasi resmi

Sangat banyak aplikasi yang akan memudahkan kita. Terkadang aplikasi yang kita butuhkan tidak bisa kita dapatkan secara gratis. Biasanya untuk mengakali hal ini agar kita bisa mendapatkanya tanpa harus membayar maka kita mencari aplikasi di toko aplikasi android selain Play Store. Aplikasi yang tidak resmi ini mungkin bisa anda gunakan namun biasanya aplikasi tidak resmi ini akan menjadi salah satu penyebab hp anda menjadi lemot. Biasanya aplikasi tidak resmi ini akan memakan terlalu banyak RAM dari biasanya pada hp anda. Menggunakan aplikasi tidak resmi juga biasanya akan sering muncul gangguna ketika aplikasi sedang dijalankan. Hal lain yang menjadi penyebab hp lemot saat membuka aplikasi tidak resmi adalah karena biasanya pada aplikasi tidak resmi akan sering muncul iklan.

2. Selalu update aplikasi yang anda gunakan

Ada banyak aplikasi android yang berguna untuk sehari-hari . Aplikasi yang sudah terpasang di hp anda biasanya akan meminta untuk dilakukan pembaharuan pada waktu tertentu. Melakukan pembaharuan pada aplikasi salah satu tujuan nya adalah untuk menghilangkan dan memperbaiki kesalahan yang ada pada aplikasi versi lama. Cara untuk memeriksa pembaharuan yang ada adalah dengan cara masuk ke menu settings – About – system update. Aplikasi yang jarang di-update biasanya malah akan membuat kerja hp menjadi lebih berat.

Hal yang paling penting dan harus diperhatikan jika kita akan melakukan pembaharuan pada aplikasi adalah pastikan kita masih memiliki sisa memory yang memungkinkan untuk dilakukannya pembaharuan tersebut. Pembaharuan pada aplikasi biasanya akan memakan ruang pada memory lebih besar dari aplikasi versi yang sebelumnya.

3. Jangan memasang terlalu banyak aplikasi

Pastikan jika kita ingin memasang aplikasi maka aplikasi tersebut adalah aplikasi yang kita butuhkan. Terlalu banyak memasang aplikasi apalagi aplikasi yang tidak diperlukan malah akan membuat hp kita menjadi lemot. Memasang aplikasi terlalu banyak akan membuat memory pada hp kita menjadi penuh. Memori yang penuh akan menjadi salah satu penyebab hp kita menjadi lemot. Ada baiknya kita meng-uninstall aplikasi – aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah jangan memasang terlalu banyak aplikasi yang sebenarnya memiliki fungsi kurang lebih sama seperti misalnya aplikasi edit video vlog di android. Selain akan memakan kapasitas memory yang sangat banyak aplikasi-aplikasi ini juga akan menyita penggunaan RAM yang akan sangat banyak. Yang pada akhirnya akan menjadi salah satu penyebab hp menjadi lemot.

4. Pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan di background

Bagi anda yang sering menggunakan berbagai aplikasi di hp anda maka sebaiknya anda close aplikasi tersebut jika tidak digunakan. Aplikasi yang tidak tertutup maka akan muncul di background. Hal ini akan membuat RAM menjadi penuh. Ini lah yang akan menjadi penyebab utama hp android anda lemot saat membuka aplikasi. Aplikasi yang terlalu banyak berjalan pada satu waktu yang bersamaan selain akan membuat kerja RAM menjadi lebih berat juga akan membuat baterai menjadi lebih cepat habis. Selain itu terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersamaan juga akan membuat handphone menjadi lebih cepat panas.

5. Terlalu banyak cache

Secara umum cache memiliki fungsi penyimpanan data yang sifatnya sementara dari aplikasi yang ada pada hp kita. Cache akan membantu mempercepat penggunaan aplikasi yang sebelumnya pernah kita gunakan. Namun di balik itu, membiarkan cache menumpuk malah akan menjadi penyebab dari hp menjadi lemot..

Cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat memory internal pada hp kita menjadi sangat penuh. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan rajin menghapus cache yang tersimpan. Cara untuk membersihkan cache adalah dengan cara masuk ke menu settings – Aplikasi. Lalu pilih aplikasi yang memiliki cache dengan ukuran besar lalu klik pada bagian clear cache.

6. Jangan terlalu banyak menggunakan widget

Menggunakan widget memang akan membuat tampilan hp kita menjadi lebih menarik. Widget bisa juga menjadi jalan pintas untuk menggunakan berbagai aplikasi. Namun hal ini akan berdampak pada penggunaan RAM yang menjadi boros. Semakin banyak widget yang digunakan maka akan semakin besar juga ruangan RAM yang akan terpakai. Semakin banyak RAM yang terpakai maka akan membuat performa hp kita pun menjadi tidak optimal. Salah satu cara mengatasi RAM hp yang penuh karena masalah ini adalah dengan cukup gunakan widget yang sekiranya penting saja untuk meminimalisir masalah ini.

7. Terlalu banyak akun pada 1 aplikasi

Beberapa aplikasi memang mengizinkan untuk menggunakan multiakun. Misalnya untuk aplikasi e-mail, kita bisa menggunakan banyak alamat email pada satu aplikasi tersebut. Namun dengan semakin banyak akun yang tersimpan pada aplikasi tersebut maka akan menjadi salah satu penyebab hp menjadi lemot. Terlalu banyak akun akan membuat hp melakukan synchronize lebih lama dari normal. Hal ini akan memperberat kerja handphone anda dan menjadi penyebab hp anda menjadi lemot saat membuka aplikasi.

Itulah beberapa penyebab hp lemot saat membuka aplikasi yang harus kita perhatikan.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick