Sponsors Link

6 Penyebab iPhone 6S Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Apakah Anda tahu apa saja yang menjadi penyebab iPhone 6S mati mendadak? Semua orang pengguna smartphone sudah tahu bahwa iPhone merupakan salah satu smartphone kelas atas. Produk yang dikeluarkan oleh Apple ini dari dulu memang mengeluarkan smartphone yang memiliki teknologi dan spesifikasi yang handal. Meskipun memang dijual dengan harga yang cukup mahal, namun tidak mengurungkan niat orang untuk membeli hp tersebut.

Salah satu produk Apple terbaik saat ini adalah iPhone 6S. Jika Anda perhatikan spesifikasi hp ini memang begitu handal dan bisa menjadi salah satu hp yang cocok untuk game berat. iPhone 6S juga terkenal sebagai smartphone yang kuat dan tahan lama. Namun bukan berarti hp ini memang tahan terhadap segala kondisi, terlebih lagi jika pengguna tidak memahami bagaimana cara menggunakan dan merawat smartphone dengan baik.

Salah satu masalah yang muncul adalah hp iPhone 6S akan mati total. Permasalahan ini tentu membuat kita frustasi, terlebih jika ada banyak data dan informasi penting yang ada di smartphone kita. Lalu sebenarnya apa sih yang mejadi penyebab iPhone 6S mati mendadak? Berikut ini kami berikan beberapa penyebab umum untuk Anda.

1. Banyaknya file sampah

Penyebab pertama mengapa iPhone 6S sering mati mendadak adalah karena banyaknya file sampah yang tidak dibersihkan. File sampah atau yang juga dinamakan sebagai bug merupakan salah satu file yang menggangu kita. Meskipun awalnya memang tidak berpengaruh dan banyak orang yang meremehkan file ini, namun jika dibiarkan maka bisa mengakibatkan permasalahan pada smartphone.

File sampah memang berukuran kecil, dan akan terus bertambah banyak jika tidak dilakukan penanganan. File sampah tersebut kemudian akan memakan kapasitas memori yang banyak. Jika smartphone sudah memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil atau bahkan kurang, maka bisa mengakibatkan smartphone akan mati sendiri dan kemudian akan hidup kembali.

Maka dari itu, Anda bisa mempelajari cara mengatasi memori internal penuh pada Android tanpa root. Dengan begitu, smartphone Anda tidak sampai mengalami permasalahan seperti ini dan Anda bisa menggunakannya dengan nyaman. Aplikasi tersebut terbukti mampu menghapus file sampah sehingga membuat memori internal Anda kembali banyak.

2. Masalah pada baterai

Penyebab kedua mengapa iPhone 6S mengalami masalah berupa mati total adalah permasalahan pada baterainya. Memang seperti yang kami jelaskan bahwa produk Apple merupakan produk berkualitas dan tahan lama. Namun ketika Anda tidak menggunakan smartphone dan tidak merawatnya dengan bijak, tentu akan membuat smartphone Anda mengalami masalah.

Jika iPhone 6S tiba-tiba mati total, kemungkinan permasalahan pada baterai. Ada banyak hal yang mengakibatkan kondisi ini terjadi. Salah satunya adalah kebiasaan menggunakan smartphone untuk bermain game atau membuka aplikasi padahal hp dalam kondisi dicharge. Selain itu, kebiasaan yang menggunakan charger tidak ori juga bisa menjadi penyebab baterai mengalami masalah.

Lalu apa yang harus Anda lakukan? Untuk mengatasi masalah ini Anda harus pergi ke konter untuk memeriksakan kondisi iPhone 6S Anda. Tapi ingat, pilihlah konter yang terpercaya dan memang sudah sangat berpengalaman menangani smartphone berbagai merk. Untuk lebih amannya, Anda bisa membawanya ke tempat servis resmi atau service center. Namun, akan dibutuhkan waktu yang lebih lama maupun biaya yang lebih mahal untuk bisa memperbaiki smartphone Anda tersebut.

3. iPhone 6S panas

Penyebab iPhone 6S mati mendadak yang ketiga adalah karena hp terlalu panas. Mungkin permasalahan ini awalnya tidak langsung membuat hp mati mendadak. Namun jika kondisi ini dibiarkan maka bisa mengakibatkan iPhone 6S Anda tiba-tiba mati. Ada beberapa faktor yang menyebabkan iPhone 6S mati mendadak. Salah satunya adalah karena kebetulan di tempat tersebut minim sinyal.

Smartphone akan terus mencari sinyal sehingga akan mengakibatkan hp menjadi panas. Bahkan, kondisi ini juga akan mengakibatkan baterai cepat habis. Penyebab lain yang juga bisa mengakibatkan iPhone 6S mati mendadak adalah karena kerap digunakan untuk bermain game dalam waktu lama padahal kondisi smartphone sedang panas. Jika terus dipaksakan akan membuat hp menderita dan malah akan mati sendiri. Sekedar informasi bahwa hp mati total untuk kasus ketiga ini juga sering dialami oleh merk hp selain Apple, seperti Samsung atau Xiaomi.

4. Disebabkan root

Penyebab lain yang mengakibatkan iPhone 6S mati mendadak adalah karena root yang salah. Terkadang orang memutukan untuk meroot smartphonenya agar bisa digunakan untuk menggunakan aplikasi tertentu. Memang ada beberapa kelebihan dari smartphone yang diroot. Akan tetapi, ketika cara root ini tidak dilakukan dengan benar atau ada proses yang terlewati, maka kemungkinan besar smartphone akan mengalami masalah.

Salah satu masalah yang terjadi adalah hp akan mudah mati. Kondisi ini akan semakin parah ketika dibiarkan dan tidak dilakukan penanganan apapun. Bahkan tidak menutup kemungkinan iPhone 6S akan mati total dan tidak bisa dihidupkan kembali ketika kondisi ini terlalu dibiarkan dan tidak dibawa ke konter atau tempat servis resmi.

5. Ada sistem yang crash

Penyebab lain yang mengakibatkan iPhone 6S mati mendadak adalah karena adanya sistem yang bertabarakan atau crash. Sebenarnya kondisi ini tidak akan langsung membuat hp Anda mati mendadak. Hp yang sistemnya mengalami masalah biasanya ditandai dengan hp yang sering macet atau ngehang. Kemudian baru ke kondisi yang lebih parah yakni mudah restart dan kondisi yang paling parah adalah hp mati total.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan ini? Cara tercepat adalah dengan membawanya ke konter terpercaya. Di sana akan langsung dilakukan diagnosa terhadap kondisi hp Anda tersebut sampai nanti diputuskan berapa lama dan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengembalikannya ke kondisi normal.

6. Ada komponen yang rusak

Penyebab iPhone 6S mati mendadak yang terakhir kami jelaskan adalah smartphone tersebut mengalami kerusakann pada komponennya. Komponen smartphone memiliki tugas masing-masing dan saling berhubungan antara komponen yang satu dengan komponen lainnya. Ketika salah satu komponen tersebut rusak, maka akan mengganggu komponen lainnya dan bahkan juga akan berdampak pada sistem.

Untuk mengatasi masalah ini Anda harus membawanya ke tempat servis agar langsung diperbaiki sehingga smartphone Anda kondisinya bisa kembali normal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick