Sponsors Link

5 Penyebab VPN Tidak Bisa Connect di Android dan iPhone

Sponsors Link

Tahukah apa saja yang menjadi penyebab VPN tidak bisa connect? VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Penggunaan VPN bahkan sudah tidak asing lagi, khususnya mereka yang memang mengalami masalah karena tidak bisa membuka situs karena diblokir. Selain itu, VPN juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mempercepat koneksi internet dimana kita tahu beberapa waktu yang lalu pemerintah sudah membatasi penggunaan media sosial.

ads

Banyak orang yang sudah menggunakan VPN untuk membuat mereka bisa leluasa berselancar di dunia maya. Namun, sebenarnya fungsi VPN di Android maupun iPhone bukan hanya itu saja. Biasanya perusahaan juga menggunakan jasa VPN untuk melindungi berbagai dokumen penting mereka karena bisa digunakan untuk berkomunikasi secara internal alias private. Namun, tentu penggunaan VPN yang dimaksud bukan merupakan VPN gratis.

Untuk VPN gratis, cara setting VPN yang satu ini tidaklah terlalu sulit. Bahkan, ada beberapa aplikasi VPN yang malah sangat mudah digunakan dimana anda tinggal membuka dan lalu mencari server yang menurut anda memiliki koneksi cepat. Meskipun begitu, terkadang permasalahan yang timbul adalah VPN tidak bisa connect alias tidak bisa terhubung. Masalah ini tentu saja akan membuat jengkel, terlebih lagi kita benar-benar sedang membutuhkan VPN.

Lalu apa saja yang menjadi penyebab VPN tidak bisa connect? Berikut ini jawabannya khusus untuk anda.

1. Aplikasi yang tidak sesuai dengan OS

Penyebab pertama mengapa VPN yang anda miliki tidak bisa dihubungkan ke smartphone anda adalah karena aplikasi yang anda download tersebut tidak support dengan OS yang anda gunakan. Mungkin penyebab ini masih jarang terjadi, namun bukan berarti smartphone anda pernah mengalami masalah yang sama pada saat menginstall aplikasi edit foto iPhone yang terkadang harus support dengan OS atau sistem operasi yang digunakan.

Maka dari itu, coba anda cek sistem operasi yang ada pada smartphone anda. Apakah saat ini anda sedang menggunakan sistem operasi terbaru atau malah sudah ketinggalan jaman alias expired. Jika ternyata sistem operasi yang sudah ketinggalan jaman, maka anda harus segera mengupdate-nya. Pastikan anda mengupdate dengan cara-cara yang benar agar tidak sampai menyebabkan hp anda mengalami kerusakan.

2. VPN minta di root

Penyebab kedua mengapa VPN tidak bisa dikoneksikan ke smartphone anda yaitu karena pada dasarnya VPN yang anda download termasuk jenis yang meminta hp harus dalam kondisi sudah di root. Sekedar informasi bahwa root merupakan sebuah cara yang akan membuat pengguna smartphone memiliki akses penuh terhadap hpnya tersebut. Maksudnya, ia akan bebas di dalam mengubah atau memodifikasi sistem yang digunakan di hpnya. Biasanya, ada beberapa aplikasi yang meminta smartphone untuk diroot terlebih dahulu, salah satunya adalah VPN.

Ketika smartphone anda masih belum dalam di root, sudah tentu VPN tidak bisa terkoneksi sehingga anda tidak bisa menggunakannya untuk kebutuhan anda. Lalu apa yang harus anda lakukan? Anda tinggal melakukan root terhadap smartphone anda tersebut. Namun sebelum itu kami ingin menjelaskan bahwa pikirkan baik-baik jika anda hendak melakukan root pada smartphone.

Jika memang tidak terlalu penting, lebih baik jangan sampai anda melakukannya. Lebih baik anda coba cari aplikasi VPN lainnya yang tidak harus menuntut smartphone agar di root terlebih dahulu. Melakukan root pada smartphone berarti anda membuka segel pada sistemnya sehingga kemungkina akan rentan terhadap berbagai jenis kejahatan di dunia maya.

3. Aplikasi yang minta di-update

Penyebab VPN tidak bisa connect yang ketiga adlaah karena aplikasi yang anda gunakan sudah out of date alias expired. Terkadang kita tidak menyadari ketika mendownload aplikasi dan ternyata tiba-tiba tidak bisa digunakan, kita berpikir bahwa kita harus segera menguninstall-nya. Padahal, biasanya masalah ini terjadi karena aplikasi sudah harus diperbarui untuk membersihkan bug serta meningkatkan performanya.

Senada dengan VPN, jika aplikasi VPN tidak bisa terkoneksi ke smartphone anda, maka kemungkinan apalikasi tersebut meminta untuk diperbarui. Untuk cara memperbaruinya tentu tidaklah sulit. Anda tinggal masuk ke Play Store dan kemudian anda masuk ke daftar aplikasi yang anda miliki, kemudian anda cari aplikasi VPN yang ingin anda update tersebut. Tunggu sampai proses update selesai. Setelah itu, anda tinggal menggunakannya seperti biasa untuk membuat smartphone anda bisa berselancar secara bebas di dunia maya.


4. Server yang tidak mendukung

Faktor lain yang menjadi penyebab VPN tidak bisa connect adalah berasal dari aplikasi itu sendiri. Maksudnya, kemungkinan server yang anda gunakan memang tidak bisa digunakan. Kita tahu bahwa aplikasi VPN menyediakan banyak sekali pilihan server yang bisa kita gunakan. Beberapa server tersebut berasal dari Malaysia, Amerika, Perancis, Kanada, dan lain sebagainya. Biasanya tidak semua server tersebut bisa digunakan.

Hal ini karena mungkin saja pada waktu itu sudah banyak sekali pengguna VPN yang memilih server yang akan anda pilih juga tersebut sehingga seolah-olah hp anda tidak bisa terhubung dengan VPN. Lalu bagaimana cara anda mengatasinya? Tentu saja sangat mudah. Anda tinggal memilih kira-kira server mana yang masih belum banyak digunakan. Kemudian anda tingga menghubungkannya dengan server tersebut.

Sekedar tambahan informasi bahwa masalah ini umum terjadi, khususnya mereka yang baru pertama kali menggunakan VPN. Jika sudah terbiasa, anda sudah tahu sendiri kira-kira server mana yang menurut anda masih belum banyak yang menggunakannya.

5. Kesalahan pengaturan jaringan

Penyebab VPN tidak bisa connect yang terakhir akan kami jelaskan adalah kemungkinan terjadi kesalahan pengaturan jaringan untuk aplikasi VPN tersebut. Perlu anda tahu bahwa bagi mereka yang menggunakan Xiaomi, biasanya di bagian Keamanan terdapat sebuah pengaturan mengenai pembatasan koneksi terhadap aplikasi yang diinstall. Aplikasi tersebut akan diberikan pilihan apakah terkoneksi dengan paket data atau wifi atau bahkan dua-duanya.

Kemungkinan VPN anda tidak terhubung karena pada waktu itu anda hanya mengaturnya hanya terhubung ketika terkoneksi dengan wifi. Maka dari itu, yang harus anda lakukan tinggal merubah pengaturannya yakni dengan sama-sama memberikan izin terhadap aplikasi VPN untuk menggunakan paket data dan juga wifi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick