Sponsors Link

Ini Perbandingan Hp Asus vs Oppo, Worth It Beli yang Mana?

Sponsors Link

perbandingan asus vs oppoSeperti apa perbandingan Hp Asus vs Oppo? Kedua perusahaan smartphone ini sekarang sudah banyak dikenal. Produk mereka juga sudah beredar luas di pasaran, khususnya di Indonesia. Kualitasnya pun tidak kalah jika dibandingkan dengan hp keluaran Xiaomi maupun juga Samsung. Banyak orang Indonesia yang bahkan menjadikan hp merk Asus maupun Oppo sebagai smartphone pilihan mereka.

Beberapa waktu lalu kedua perusahaan tersebut telah mengeluarkan ponsel dengan spesifikasi yang mengagumkan yang juga bisa menjadi hp untuk game. Asus mengeluarkan Asus Zenfone Max Pro M2, sementara Oppo mengeluarkan Oppo F9. Kedua smarphone ini hadir untuk bersaing dengan produk smartphone yang lainnya yang mana dari segi performa tidak bisa diragukan.

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai perbandingan hp Asus vs Oppo yakni membandingkan antara Zenfone Max Pro M2 dan Oppo F9. Anda bisa menentukan sendiri kira-kira mana ponsel yang lebih unggul dan mana yang memiliki harga terjangkau sesuai dengan kualitas yang diberikan.

1. Desain dan layar

Pembahasan pertama akan kami mulai dari membahas layar yang ada di kedua smartphone ini. Asus Zenfone Max Pro M3 dilengkapi layar yang berdimensi 159 x 76 x 84 mm dan berat yang mencapai 180 gram. Hp ini dibuat dari bahan polycarbonat yang mana jika diperhatikan tampilannya standar dan sepertinya tidak ada tampilan yang membuat Anda kagum. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan Oppo F9 yang mana ia smartphone ini memiliki berat 160 gram dengan dimensi 156,7 x 74 x 8 mm.

Sementara itu, kedua ponsel ini sudah mengunakan layar bertipe IPS dengan ukuran yang sama, yakni 6,2 inci. Hanya saja, Oppo F9 memiliki rasio layar yang lebih besar yaitu 19,5:5 dan untuk rasio Asus Zenfone Max Pro M3 adalah 19:9. Untuk pelindung layarnya sudah sama-sama disematkan Corning Gorilla Glass 6 yang tentunya membuat kedua hp ini aman dari benturan dan goresan.

Kesimpulannya, untuk mendapatkan hp dengan kenyamanan ketika dipegang maupun digunakan untuk menonton film atau mengedit video, maka gunakanlah Oppo F9. Hp ini tidak akan membuat tangan Anda capek memegangnya dan memberikan kepuasan ketika bermain game atau menonton video.

2. Performa

Membahas performa adalah hal yang terpenting ketika membandingkan sebuah smartphone. Perlu diketahui bahwa Asus Zenfone Max Pro M3 dilengkapi dengan Snapdragon 660 Octa-core dan GPU Adreno 512. Sementara utnuk Oppo F9 dilengkapi dengan chipset MediaTek Helip P60 Octa-core dan GPU Mali G72MP3. Dari segi performa, maka Asus Zenfone Max Pro M3 tentu lebih baik dibandingkan F9.

Meskipun kedua smartphone ini juga sama-sama dilengkapi dengan RAM dan ROM yang masing-masing 4 GB dan  64 GB, namun tetap saja Asus Zenfone Max Pro M3 lebih unggul. Jadi, ketika Anda ingin mencari hp yang memiliki performa terbaik dan tidak nge-lag ketika digunakan bermain game, maka gunakan hp keluaran Asus tersebut. Selain itu, hp yang memiliki chipset Snapdragon menurut beberapa informasi ternyata baterainya lebih hemat dibandingkan hp dengan chipset tipe lain.

3. Kamera

Kamera juga merupakan salah satu bagian terpenting yang tidak boleh dilewatkan. Kamera bahkan telah dijadikan sebagai faktor utama oleh beberapa orang untuk memutuskan apakah sebuah ponsel pintar layak dibeli atau tidak, khususnya mereka yang hobi selfie. Mengenai kamera, nampaknya Oppo memang identik sebagai hp dengan kamera yang baik.

Pasalnya, Oppo F9 dilengkapi dengan dual camera yang beresolusi 16 MP dan 2 MP. Sementara untuk Asus Zenfone Max Pro M3 juga dilengkapi dengan dual kamera yang beresolusi 13 MP dan 5 MP. Lalu bagaimana dengan kamera depannya? Oppo F9 dilengkapi dengan kamera depan 25 MP dan untuk kamera depan dari Asus Zenfone Max Pro M3 adalah 16 MP.

Meskipun jika diperhatikan bahwa kamera belakangnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan, namun tetap saja Oppo F9 merupakan hp yang lebih baik dari segi kamera. Ditambah lagi kamera depannya yang berbeda jauh dibandingkan Asus Zenfone Max Pro M3. Untuk Anda yang hobi berfoto, rasanya Anda sudah tahu kira-kira smartphone mana yang akan Anda gunakan.

Selain itu, hal ini memang semakin menegaskan bahwa Oppo merupakan salah satu smartphone terbaik di sektor kamera dan memang tidak kalah jika dibandingkan dengan smartphone keluaran vendor lain. Bahkan meskipun lawannya memiliki harga yang lebih mahal.

4. Baterai dan juga fitur

Bagi Anda yang hobi bermain game atau menonton film, tentu mempertimbangkan performa smartphone ini bukanlah satu-satunya hal yang akan Anda pikirkan. Faktor lain yang akan diperhatikan adalah mengetahui berapa kapasitas baterai  yang ada pada smartphone tersebut dan seperti apa fitur yang disematkan. Untuk Asus Zenfone Max Pro M3, ia dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, dan untuk Oppo F9 memiliki baterai berkapasitas 3500 mAh.

Kedua hp ini juga sama-sama dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat alias fast charging. Namun, ada yang berpendapat bahwa pengisian Oppo F9 lebih cepat dibandingkan dengan Asus Zenfone Max Pro M3. Meskipun begitu, bagi Anda yang ingin mencari smartphone yang tahan lama alias tidak boros baterai ketika digunakan untuk kegiatan yang lama, maka gunakanlah hp keluaran Asus tersebut. Chipset Snapdragon ditambah kapasitas baterai yang besar membuat konsumsi baterai jauh lebih hemat. Anda bahkan tidak akan bingung mencari colokan karena Anda bisa menggunakannya seharian.

5. Harga

Perbandingan hp Asus vs Oppo yang terakhir adalah berkaitan dengan harga. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Asus Zenfone Max Pro M3 dan Oppo F9, ternya smartphone ini dibanderol dengan harga yang jauh berbeda. Bayangkan saja, hp keluaran Asus dengan RAM sebesar 3 GB tersebut bisa Anda dapatkan dengan uang Rp. 2.799.000. Sementara untuk Oppo F9 dengan kapasitas RAM 4 GB dibanderol dengan Rp. 4.299.000.

Tentu merupakan perbedaan harga yang signifikan. Bahkan Asus Zenfone Max Pro M3 yang berkapasitas RAM 4 GB dijual dengan harga yang masih jauh di bawah Oppo F9. Jadi, Anda bisa menyesuaikan kira-kira Anda memiliki budget berapa sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone yang sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Review