Sponsors Link

Perbandingan Hp Oppo dan Vivo, Pilih yang Mana?

Sponsors Link

oppo vs vivoKebutuhan akan smartphone alias ponsel pintar atau orang sering menyebutnya sebagai Hp memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak, dengan menggunakan benda berukuran kurang lebih sebesar genggaman tangan itu kamu bisa melakukan banyak hal, misalnya membeli makanan, mengirim uang, berkomunikasi hingga membeli barang untuk keperluan sehari-hari.

ads

Selain itu, hp masa kini juga kerap kali dijadikan alternatif untuk fotografi. Dunia fotografi di dewasa kini memang menjadi tren, contohnya sederhananya yaitu digunakan untuk mengabadikan momen atau hanya sekadar berswafoto alias foto selfie. Agar kebutuhan akan hal tersebut dapat dipenuhi, bagi yang hobi foto memang perlu ditunjang ponsel dengan kemampuan kamera mumpuni.

Berbicara tentang ponsel pintar alias Hp dengan kemampuan kamera tinggi, memang tak bisa dilepaskan dari dua brand smartphone asal Tiongkok bernama Oppo dan juga Vivo. Kedua vendor tersebut memang sudah dikenal dikalangan masyarakat sebagai produk Hp yang mempunyai kemampuan kamera mumpuni.

Selain terkanal sebagai ponsel berkamera mempuni, kedua vendor tadi juga saling bersaing dalam dapur pacu yang disematkan dalam produk-produknya. Bahkan spesifikasi antara keduanya pun sudah tak perlu diragukan lagi. Hal tersebut memang kerap kali menjadikan para konsumenya kesulitan untuk memilih diantara keduanya. Jika kamu merupakan salah satunya, coba simak perbandingan Hp Oppo dan Vivo dibawah ini.

  1. Perbandingan Spesifikasi Oppo dan Vivo

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, perbandingan Hp Oppo dan Vivo yang pertama adalah spesifikasinya. Kedua brand tersebut memang sudah dibekali dengan spesifikasi yang bisa dikatakan sangat baik. Sebagai contoh, Oppo F1s dengan Vivo V5 yang mempunyai desain elegan hampir serupa dan juga sama sama menggunakan bahan metal pada bodynya.

Tak hanya itu, keduanya juga mengusung bentang layar dengan luas 5.5 inchi dengan IPS LCD Capacitive. Untuk resolusinya sama sama menggunakan 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan ~ 4041 ppi, dan sudah ditanamkan proteksi layar berupa Gorilla Glass 4.

Bila layar sudah dibahas, tak lengkap rasanya jika tak mengulas dapur pacu diantara keduanya. Oppo F1s mengusung chipset snapdragon 625, ditunjang dengan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan juga GPU : Adreno 506. Untuk RAM-nya 4 GB, sedangkan ROM-nya 64 GB ditambah memori eksternal hingga 256 GB.

Sedikit berbeda dengan dapur pacu Oppo F1s, Vivo V5 mengusung chipset Mediatek Helio P10. Untuk CPU Vivo V5 menggunakan Quad-Core 2,0 GHz Cortex A53 dan Quad Core 1.0 GHZ Cortex A53. Sedangkan GPU nya membenamkan Mali-T869MP2 dengan RAM 4 GB, ROM 64 GB, bisa ditingkatkan menggunakan memori eksternal hingga 256 GB.

Secara sensor, antara Oppo F1s dan Vivo V5 juga sudah dibekali dengan fingerprint, ambient light, accelerometer, proximity, gyroscope, dan juga compass. Untuk masalah baterai Oppo F1s menyematkan baterai Li-Ion dengan kapasitas 3160 mAh, tidak bisa dilepas alias non-removable, dan sudah mengusung teknologi fast charging. Sedangkan Vivo V5 menyematkan baterai Lithium Polymer atau Li-Po berkapasitas lebih rendah yaitu 2850 mAh, non-removable, dan juga sudah fast charging alias pengisian baterai dengan cepat.

  1. Kamera Hp Oppo dan Vivo

Baik itu Oppo maupun Vivo sudah dikenal sebagai ponsel pintar yang memiliki kamera mumpuni. Hal itu dibuktikan dengan Oppo F1s yang menyematkan kamera belakang beresolusi 16 MP, dilengkapi Phase Detecton Autofocus, LED Flash. Sedangkan kamera depannya sudah dilengkapi dual kamera 20 MP + 8 MP. Untuk kualitas perekam videonya yaitu 1080p@20fps. Tak jauh berbeda, Vivo V5 dibekali dengan kamera belakang 13 MP, sudah disematkan Phase Detection Autofocus, LED flash. Untuk kamera depannya hanya yaitu sebesar 16 MP ditunjang dengan screen flash. Masalah kualitas perekam videonya Vivo V5 yaitu 1080p@30fps.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Oppo dan Vivo

Seperti ponsel pada umumnya, baik itu Oppo maupun Vivo mempunyai kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Adapun perbandingan Hp Oppo dan Vivo akan dibahas sebagai berikut, dan sebagai contohnya yaitu Oppo F1s dan Vivo V5 :


  • Untuk Oppo, memiliki perfoma nge-game ataupun multitasking sangat nyaman sebab sudah didukung oleh snapdragon 652 Octa Core sekaligus disokong dengan RAM 4 GB. Sedangkan Vivo V5, mempunyai performa dapur pacu tak jauh tangguh karena dibekali MediaTek Octa Core dengan speed 1,5 GHz dan juga RAM 3 GB.
  • Secara keamanan, Oppo F1s mempunyai fitur proteksi sangat baik pada bagian layar karena sudah dibekali dengan Gorilla Glass dan ditambah sistem keamanan berupa fingerprint scanner. Sementara Vivo V5 tak mau kalah, soal keamanan layar juga sudah ditanam Gorilla Glass dan finger scanner untuk sistem keamanan.
  1. Perbandingan Harga Oppo dan Vivo

Perihal harga, kedua barang ponsel pintar ini sangat bervariasi. Sebab, baik itu Oppo maupun Vivo merupakan smartphone yang hadir hampir disetiap kalangan dengan spesifikasi sekaligus harga berbeda-beda. Kedua produk ponsel asal negara Tirai Bambu ini umumnya menciptakan sebuah Hp yang ditujukan kepada kalangan menengah keatas, namun begitu, Oppo ataupun Vivo tersebut juga memproduksi produk bagi kalangan tengah dan low entry.

Dan berikut merupakan perbandingan berbagai macam tipe ponsel Oppo dan Vivo, daiantaranya :

  • Oppo F3 New dengan bandrol Rp 5.950.000,- sedangkan Vivo V5s dijual seharga Rp 3.800.000,-
  • Oppo F1 Plus harganya Rp 3.600.000,- sedangkan Vivo V5 Plus dihargai Rp 4.500.000,-
  • Oppo F1s dihargai Rp 3.000.000,- sedangkan Vivo V5 dibandrol Rp 3.000.000,-
  • Oppo A37 seharga Rp 1.700.000,- sedangkan Vivo Y35 dihargai Rp 2.500.000,-

Nah, penjelasan tentang perbandingan Hp Oppo dan Vivo sudah diterangkan seperti di atas. Dan sekarang kamu bisa kan menyimpulkan sendiri diantara keduanya. Menurutmu bagaimana? Bagus Oppo atau Vivo? Mau pilih mana?

Sangat disarankan untuk membeli ponsel sesuai kemampuan keuangan serta kebutuhan kamu ya, sebab keduanya memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing. Maka itu, ada baiknya mengetahui hal tersebut sebelum menentukan pilihan, agar mendapatkan ponsel terbaik bagi kamu.

, , ,



Oleh :
Kategori : Review