Sponsors Link

Ini Perbandingan Hp Realme vs Oppo, Bagus yang Mana?

Sponsors Link

hp realme vs oppoKali ini kami akan mengulas tentang perbandingan hp Realme vs Oppo. Kita semua tahu bahwa Oppo merupakan salah satu merk smartphone yang sudah lama di Indonesia. Meskipun di awal kemunculannya tidak banyak dikenal, namun lambat laun Oppo mampu mengeluarkan produk terbaik mereka yang membuatnya bisa bersaing dengan berbagai produk smartphone lainnya.

Banyak keunggulan yng dimiliki Oppo yang tidak dimiliki oleh smartphone yang lainnya. Bagi Anda yang menggunakan Oppo mungkin sudah tahu bahwa salah satu keunggulannya adalah terletak pada kualitas kameranya. Hal ini membuat produk Oppo selalu menjadi incaran, khususnya para pengguna yang memang hobi selfie. Lalu bagaimana dengan Realme?

Realme pun di awal kemunculannya memang tidak banyak orang yang tahu. Bahkan di Indonesia sendiri cenderung kurang begitu mendapatkan antusiasme yang tinggi. Akan tetapi, semakin lama Realme juga semakin menancapkan kukunya di persaingan smartphone kelas menengah ke bawah. Tidak heran jika sekarang Realme menjadi salah satu rujukan bagi seseorang yang ingin mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang baik namun tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Baik Realme maupun Oppo memiliki kelebihannya masing-masing. Tidak sedikit yang membandingkan antara kedua vendor hp ini. Anda penasaran perbandingan hp Realme vs Oppo? Berikut ini akan kami berikan perbandingannya dengan membandingkan antara Realme 3 vs Oppo A3s yang merupakan salah satu produk andalan mereka.

1. Dapur Pacu

Perbandingan hp Realme vs Oppo yang pertama akan kami bahas adalah mengenai dapur pacunya yang dimiliki oleh Realme 3 dan juga A3s. Perlu Anda pahami bahwasanya Realme 3 sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 450 yang merupakan salah satu chipset handal saat ini. Sementara untuk Oppo A3s dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P60. Jika dibandingkan, tentunya Realme 3 memiliki performa yang lebih baik, khususnya ketika digunakan untuk bermain game.

Sekarang berpindah ke media penyimpanan yang dimiliki oleh kedua smartphone ini. Untuk Realme 3 hadir dengan 3 versi smartphone yang memilikki kapasitas RAM 3 GB dan 4 GB. Sementara ROM-nya sendiri berkapasitas mulai dari 16 GB sampai dengan 64 GB. Lalu Oppo A3s memiliki RAM sebesar 3 GB dan 4 GB. Untuk memori internalnya sendiri mulai 32 GB dan 64 GB.

Di sisi lain, Realme 3 sudah dilengkapi dengan CPU Adreno 506, sementara untuk Oppo A3s dilengkapi dengan Mali-G72. Kedua smartphone ini memang merupakan hp Android khusus game. Namun jika ingin mendapatkan performa yang lebih handal, maka Anda bisa menggunakan Realme 3.

2. Kamera

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa Oppo memang terkenal karena kualitas kameranya. Kamera merupakan bagian yang tak kalah penting yang dipertimbangkan ketika seseorang hendak membeli smartphone. Lalu bagaimana dengan spesifikasi kamera yang dimiliki oleh kedua smartphone ini? Untuk Realme 3, hp ini sudah dilengkapi dengan kamera belakang yang beresolusi 13 MP (Dual Camera) + 2 MP dan untuk kamera depannya beresolusi 8 MP.

Kemudian, untuk Oppo A3s memiliki kamera belakang beresolusi 13 MP + 2 MP (Dual Camera). Untuk kamera depannya sebesar 13 MP. Jika diperhatikan memang kamera dari Oppo A3s lebih unggul jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Realme 3. Pengalaman berselfie Anda akan terasa lebih puas dengan menggunakan kamera Oppo A3s. Namun bukan berarti Realme 3 kameranya jelek karena sebenarnya perbedaannya tersebut tidak terlalu jauh.

3. Baterai

Lalu bagaimana dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh kedua smartphone ini? Mana yang lebih baik? Mengetahui kapasitas baterai juga penting, khususnya bagi mereka yang hobi bermain game atau sering beraktivitas di luar sehingga tidak sempat mengisi baterainya. Bukan hanya itu saja, baterai yang lebih hemat akan lebih diprioritaskan dibandingkan dengan ponsel yang memiliki baterai berkapasitas besar.

Kedua ponsel ini ternyata memiliki kapasitas baterai yang sama, yakni 4230 mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut sudah lebih dari cukup jika Anda menggunakannya untuk bermain game maupun melakukan aktivitas lainnya yang memang membutuhkan waktu lama, seperti ketika menggunakan aplikasi edit foto di Android maupun aplikasi edit video untuk cover lagu yang notabene waktunya tidak sebentar.

Baterai tersebut tidak akan cepat habis. Ditambah lagi dengan hadirnya fitur hemat baterai sudah tentu akan membuat konsumsi daya semakin lebih hemat sehingga tidak perlu khawatir untuk mencari colokan karena baterai Anda habis.

4. Bobot smartphone

Kenyamanan juga merupakan faktor yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda membeli smartphone. Memang memiliki hp dengan spesifikasi terbaik merupakan keharusan karena Anda menggunakannya untuk jangka panjang. Namun jangan sampai melupakan kenyamanan. Smartphone yang nyaman akan membuat Anda tidak kesulitan membawanya kemana-mana.

Perlu diketahui bahwa ternyata Oppo A3s memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan Realme 3. Hal ini nampak jelas dari berat Oppo A3s yang hanya 168 gram sementara untuk Realme 3 memiliki berat sebesar 175 gram. Dengan berat tersebut, Oppo A3s akan lebih nyaman ketika berada di genggaman atau ketika Anda menggunakannya untuk chattingan dengan pasangan Anda dalam waktu yang cukup lama.

Jadi, mengenai bobot smartphone maka kali ini Oppo A3s lebih unggul. Artinya, hp keluaran Oppo ini lebih nyaman di genggaman ketika Anda menggunakannya untuk keperluan di waktu yang cukup lama, seperti bermain game, chattingan, dan lain sebagainya.

5. Harga

Perbandingan hp Realme vs Oppo maupun membandingkan merk apapun juga tidak boleh lepas dari harga. Membahas smartphone memang tidak akan lengkap tanpa membahas berapa biaya yang harus disiapkan untuk membawa pulang ponsel tersebut. Lalu berapa harga untuk kedua ponsel ini? Untuk harga dari A3s maupun Realme 3 tergantung pada kapasitas RAM dan ROM yang ada.

Namun untuk Realme 3 memang harganya berkisar antara Rp. 1.999.000 sampai dengan Rp. 2.399.000. Sementara itu, uang yang harus disiapkan untuk membawa Oppo A3s yakni mulai dari Rp. 1.600.000 sampai dengan Rp. 1.950.000. Bisa dilihat sendiri bahwa harga dari Oppo A3s lebih murah dibandingkan dengan Realme 3. Jadi, Anda bisa menentukan mana merk smartphone yang sekiranya benar-benar sesuai dengan budget Anda agar nanti Anda tidak kecewa dan malah memaksakan diri untuk membelinya.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai perbandingan antara hp merk Realme dan Oppo. Pilihan mana yang terbaik bisa Anda tentukan sendiri karena mungkin setiap orang memiliki pandangan masing-masing mana merk yang terbaik.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Review