Sponsors Link

Perbandingan iPhone vs Google Pixel, Mana Lebih Bagus?

Sponsors Link

iphone vs google pixelDi pasar ponsel dunia saat ini, android dan iOS masih memegang posisi jawara sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna hp pintar. Dua sistem operasi ini menghadirkan teknologi yang sangat canggih yang kemudian diaplikasikan ke berbagai seri hp pintar dari beragam vendor. Samsung adalah salah satu pencetus suksesnya android di pasaran karena ia sudah mengadopsi android ke hp besutan mereka sejak bertahun-tahun lalu.

Android dikenal dengan sifatnya yang open source dimana sistem operasi ini memungkinkan anda untuk melakukan beragam kustomisasi terhadap hp anda. Jelas, android sangat disukai para developer alias para pengembang aplikasi yang gemar melakukan oprak-oprek. Selain itu, android dapat dengan mudah dipakai di berbagai macam vendor hp pintar. Hampir seluruh vendor hp di dunia saat ini sudah mengusung android sebagai otak dari lini hp pintar mereka. Diferensiasi pun dapat anda temukan di hp-hp android yang beredar di pasaran dimana umumnya hp android dibedakan menjadi tiga tingkat yaitu tingkat low-end yang ditujukan untuk pasar menengah ke bawah, tingkat mid-end untuk pasar menengah ke atas, dan tingkat high-end atau flagship untuk pasar kelas atas.

Selain android, Apple dengan iOS kebanggaan mereka juga punya andil besar di pasar perponselan dunia. Perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat ini sukses menciptakan sistem operasi yang bersih dan smooth sehingga banyak disukai para Apple Fanboy. Yang unik dari iOS, sistem operasi ini merupakan mutlak milik Apple yang mana anda tidak akan menemukan hp dengan sistem operasi IOS di dalamnya jika tidak pada iPhone. Inilah yang kemudian membuat produk besutan Apple seperti iPhone XR menjadi sangat eksklusif dan dihargai dengan banderol yang sangat mahal. Seluruh produk Apple khususnya iPhone merupakan seri flagship.

Android pun tak mau kalah dalam menghadirkan hp flagship milik mereka sendiri. Sistem operasi yang merupakan besutan raksasa teknologi Google ini kemudian melahirkan seri flagship dengan nama Google Pixel yang diotaki oleh android stock murni tanpa kustomisasi dari vendor lain. Google Pixel lantas menjadi primadona dan menyaingi Apple dengan iPhone-nya.

Berencana untuk membeli hp baru namun masih bingung antara iPhone atau Google Pixel yang ingin anda pinang? Tak perlu cemas karena kami akan akan memberikan perbandingan iPhone vs Google Pixel sehingga anda dapat melakukan komparasi terhadap keduanya dan memilih mana yang paling baik dengan bijak.

Baterai

Salah satu faktor pembanding iPhone dengan Google Pixel adalah baterainya. Baterai punya peran penting untuk menyokong penggunaan hp dan sistem operasi yang diotaki di dalamnya. Sudah menjadi rahasia umum jika baterai merupakan salah satu kelemahan iPhone dimana banyak pengguna yang mengeluhkan betapa borosnya baterai iPhone mereka. Tak salah memang karena faktanya Apple hanya menyematkan baterai berkapasitas 1500-an mAh di seri iPhone milik mereka sedangkan android dengan Google Pixel-nya berkapasitas baterai sebesar 2700-an mAh. Jelas, perbedaan besar ini membuat Google Pixel jauh lebih awet dibanding Apple. Dari sektor baterai, Google Pixel mengungguli iPhone.

RAM

RAM memegang kendala penuh akan setiap aktivitas yang anda lakukan di hp anda. Hp pintar yang ideal adalah hp yang punya RAM berkapasitas mumpuni dimana ia mampu menjalankan beberapa aplikasi secara smooth tanpa lag. Dari sektor RAM, Google Pixel punya kapasitas RAM yang dua kali lipat lebih besar ketimbang iPhone yakni sebesar 4 GB sedangkan iPhone hanya berkapasitas 2 GB saja. Dengan RAM sebesar 4 GB, tentu menjalankan multitasking bukanlah hal sulit di Google Pixel. Begitupun dengan iPhone yang meski hanya punya 2 GB RAM, manajemen RAM di iOS terbilang sangat baik dan lebih smooth ketimbang android meski kapasitas RAM yang ditawarkan jauh lebih kecil. Pilihan ada di tangan anda karena baik android dan iPhone punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dari sektor RAM.

Layar

Layar punya nilai estetika sendiri bagi beberapa orang menggunakan hp pintar. Salah satu perbandingan iPhone vs Google Pixel adalah dari segi layarnya. Punya dimensi yang berbeda, Google Pixel menawarkan bentang layar yang sedikit lebih luas ketimbang iPhone yakni sebesar 5 inci. Layar 5 inci dinilai lebih enak dipandang ketimbang seri iPhone terkini yang punya bentang layar sebesar 4,7 inci. Buat anda yang bertangan kecil, iPhone akan terasa sangat compact di genggaman anda. Namun, jika anda punya ukuran tangan yang besar, maka Google Pixel adalah pilihan yang lebih baik ketimbang iPhone.

Tak hanya dari dimensi, kerapatan piksel di antara iPhone dan Google Pixel pun juga berbeda. Google Pixel mengungguli iPhone dengan kerapatan piksel sebesar 441ppi yang jauh lebih tinggi ketimbang iPhone dengan kerapatan piksel sebesar 326ppi. Perbedaan ini membuat gambar yang dihasilkan Google Pixel menjadi lebih tajam dan rapat. Meski begitu, iPhone sudah didukung oleh Retina Display sehingga layarnya enak dan nyaman untuk dipandang.

Desain

Jika anda mencari hp dengan desain yang premium, iPhone jauh lebih unggul ketimbang Google Pixel karena ia punya desain ala flagship yang sangat keren dan didukung dengan material berkualitas. Contohnya adalah iPhone 6 Plus yang punya varian warna Rose Gold dengan material aluminium high quality di back covernya. Selain itu, dukungan aksesoris untuk produk iPhone jauh lebih banyak dan variatif ketimbang Google Pixel.

Baik iPhone maupun Google Pixel adalah dua produk flagship yang sangat worth to buy. Jika anda mencari hp android flagship dengan cita rasa android murni tanpa tambahan ROM ala vendor-vendor lain, maka Google Pixel adalah pilihan yang tepat untuk dibeli karena android stock yang ia tawarkan jauh lebih cepat dan bertenaga. Namun, jika anda mencari hp flagship dengan user experience yang keren, maka iPhone sangat layak untuk anda pinang.

Demikian artikel mengenai perbandingan iPhone vs Google Pixel ini kami sajikan untuk memberikan anda referensi manakah yang lebih baik antara iPhone dan Google Pixel. Silakan pilih dan sesuaikan dengan budget serta kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Review