Sponsors Link

Ini Perbandingan Nokia 5.1 Plus dan Samsung A20, Bagus yang Mana?

Sponsors Link

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai perbandingan Nokia 5.1 Plus dan Samsung A20. Meski sempat redup, sinar Nokia kembali memancar di persaingan smartphone. Memang dalam beberapa tahun Nokia yang kita kenal sejak dahulu dengan Os Symbiannya sudah tidak terdengar lagi setelah terakhir merilis Windows Phone, namun sekarang Nokia hadir dengan gebrakan baru dimana perusahaan asal Finlandia tersebut sekarang menggunakan android sebagai sistem operasi smartphone mereka.

Perusahaan tersebut kemudian mengeluarkan berbagai merk samrtphone dengan kualitas terbaik yang bahkan beberapa diantaranya merupakan hp yang cocok untuk game berat. Salah satunya adalah Nokia 5.1 Plus yang sekarang sudah diperkenalkan dan mendapatkan banyak tanggapan positif.

Sementara itu, Samsung yang juga sudah kita kenal sejak dahulu telah mengeluarkan banyak sekali produk terbaik mereka. Banyak produk keluaran Samsung yang dibekali dengan spesifikasi yang handal. Salah satunya yaitu Samsung A20. Nah, maka dari itu kali ini kami akan membahas tentang perbandingan Nokia 5.1 Plus dan Samsung A20 Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kira-kira mana smartphone yang terbaik diantara keduanya.

1. Layar

Pembahasan pertama mengenai perbandingan Nokia 5.1 Plus dan Samsung A20 adalah mengenai layar yang ada pada kedua smartphone ini. Perlu Anda tahu bahwa Nokia 5.1 Plus memiliki layar berukuran 5.8 inci. Tentu saja hal ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kebiasaan bermain game, menonton film, maupun browsing di media sosial dan internet. Nokia 5.1 Plus akan terasa sangat nyaman karena layarnya yang besar tersebut.

Lalu bagaimana dengan Samsung A20? Hp yang satu ini memiliki layar berukuran 6.4 inci yang sudah pasti lebih besar dibandingkan dengan Nokia 5.1 Plus. Terlebih lagi hp tersebut menggunakan layar Super AMOLED yang sudah kita tahu sendiri kualitasnya. Layar AMOLED akan membuat tampilan smartphone menjadi lebih elegan dan tampilan smartphone tersebut bahkan tetap bisa dinikmati meskipun berada di bawah sinar matahari.

Jadi kesimpulannya, dari segi layar maka Samsung A20 masih lebih baik jika dibandingkan dengan Nokia 5.1 Plus yang mana Samsung A20 akan memberikan kenyamanan ketika digunakan untuk menonton film maupun bermain game karena ukuran dan jenis layarnya.

2. Dapur pacu

Ketika membandingkan kedua smartphone, pembahasan tentang dapur pacu tentu tidak bisa dilepaskan. Dapur pacu menjadi salah satu yang dipertimbangkan dalam hal membeli smartphone. Apalagi mereka yang hobi bermain game maka hal yang pertama mereka lihat pada smartphone tersebut adalah seperti apa dapur pacu yang disematkan pada smartphonenya.

Berbicara tentang Nokia 5.1 Plus, hp ini menggunakan Mediatek MT6771 (octa-core). Kita tahu bahwa dengan adanya MT 6771 membuat Nokia 5.1 Plus menjadi produk yang cukup baik untuk menjalnkan berbagai aktivitas yang cukup berat, seperti bermain game, menggunakan aplikasi edit video terbaik Android, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan Samsung A20? Hp ini menggunakan chipset Exynos 7884 yang juga octa-core.

Jadi, dari segi performanya baik Nokia 5.1 Plus dan Samsung A20 tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh dan bahkan terkesan sama-sama handal. Jadi, perbandingan Nokia 5.1 Plus dan Samsung A20 kali ini bisa dikatakan imbang.

3. Media Penyimpanan

Pembahasan yang ketiga adalah berkaitan dengan media penyimpanan yang ada pada kedua ponsel pintar ini. Sama halnya dengan dapur pacu, pembahasan tentang media penyimpanan juga merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Seseorang akan lebih mencari smartphone yang memiliki RAM maupun ROM yang besar dan barulah mereka menjadikan sektor lain sebagai perbandingan.

Untuk spesifikasi RAM dari Nokia 5.1 Plus adalah 3 GB sementara untuk ROM atau penyimpanan internalnya mencapai 32 GB.  Dengan spesifikasi tersebut, hp Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika memainkan game-game yang populer saat ini seperti PUBG, Free Fire, dan lain sebagainya. Di sisi lain, Samsung A20 juga ternyata memiliki spesifikasi RAM dan ROM yang tidak jauh berbeda.

Samsung A20 dibekali dengan RAM 3GB dan juga memori internal atau ROM yang berkapasitas 32 GB. Selain itu, Samsung A20 juga dibekali dengan slot memori eksternal yang bisa diupgrade hingga mencapai kapasitas 512 GB. Dengan hadirnya slot micro SD membuat smartphone ini lebih dari cukup digunakan untuk menyimpan berbagai file yang Anda miliki, mulai dari file berukuran kecil sampai berukuran yang sangat besar sekalipun.

Lalu bagaimana dengan Nokia 5.1 Plus? Hp ini ternyata juga dilengkapi dengan media penyimpanan eksternal atau micro SD slot yang bisa diugrade hingga mencapai 400 GB. Dengan begitu, maka untuk menyimpan file besar pun tidak mengalami masalah meskipun memang sekilas masih lebih besar Samsung A30 yang dapat diupgrade hingga mencapai 512 GB.

4. Baterai

Perbandingan Nokia 5.1 Plus dan Samsung A30 yang keempat adalah berkaitan dengan seperti apa baterai yang disematkan kepada kedua smartphone ini. Baterai juga merupakan salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan ketika kita membandingkan sebuah smartphone karena pada dasarnya baterai merupakan nyawa dari hp itu sendiri yang mana kita harus menentukan smartphone yang memiliki baterai berkapasitas besar dan tahan lama.

Untuk Nokia 5.1 Plus dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas 3060 mAh. Sementara itu, Samsung A30 memiliki baterai berkapasitas 4000 mAh. Dari segi kapasitas baterai, lagi-lagi Samsung A30 menang karena memiliki kapasitas yang lebih besar. Dengan kapasitas tersebut, membuat smartphone ini dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Apalagi dengan teknologi pengisian daya cepat atau yang memiliki istilah keran yaitu fast charging membuat Samsung A30 semakin banyak diminati. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk menunggu baterai terisi penuh karena hanya membutuhkan waktu maksimal kurang lebih 1 jam dengan kapasitas baterai awal di bawah 10 persen.

5. Kamera

Pembahasan terakhir dari kedua hp ini adalah berkaitan dengan kameranya. Kamera depan dari Nokia 5.1 Plus adalah 8 MP. Sementara kamera belakangnya menggunakan dual camera yang masing-masing 13 MP dan 5 MP. Ditambah lagi adanya LED flash dan depth sensor membuat hasil kameranya cukup bagus.

Di sisi lain, Samsung A30 memiliki kamera beresolusi 8 MP sebagai kamera depan. Untuk kamera belakang atau kamera utamanya beresolusi 13 MP dan 5 MP. Jadi, untuk sektor kameranya kedua smartphone ini imbang dan sama-sama mampun menghasilkan kamera yang bagus untuk selfie maupun foto beramai-ramai.

Itulah beberapa perbandingan Nokia 5.1 Plus dan Samsung A20 yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Review