Sponsors Link

6 Hal yang Menjadi Perbandingan Oppo A3S dan Vivo Y83

Sponsors Link

Oppo A3S Dan Vivo Y83Setelah perbandingan Oppo F7 dan Oppo A3s telah selesai, kini kami akan membandingkan antara kedua merk smartphone yang berasal dari brand yang berbeda, yakni Oppo A3s dengan Vivo Y83. Baik Oppo maupun juga Vivo memang saat ini tengah bersaing untuk menjadi brand smartphone terbaik, khususnya bagi para konsumen yang memiliki budget tidak terlalu tinggi. Kedua produsen smartphone tersebut bahkan telah mengeluarkan beberapa Hp android khusus game yang menjadikannya sebagai salah satu produk Hp terfavorit dan banyak diincar oleh para penggila game.

ads

Untuk Oppo A3s, ia merupakan merk smartphone yang tengah banyak diperbincangkan karena memiliki spesifikasi dan fitur yang canggih. Selain itu, ia dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal sehingga sangat disarankan untuk dibeli bagi anda para penggila game, namun tidak memiliki budget besar. Sementara untuk Vivo Y83, ia merupakan smartphone yang juga memiliki spesifikasi yang tidak kalah mengagumkan. Smartphone tersebut bahkan menjadi primadona bagi mereka yang sudah frustasi untuk membeli smarpthone Samsung yang semakin lama memiliki harga yang mahal seperti Samsung Galaxy A9 Pro.

Lantas manakah yang terbaik antara Oppo A3s dengan Vivo Y83? Untuk mengetahui hal tersebut, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan secara lengkap di bawah ini. Dengan begitu, anda bisa mengira-ngira sendiri mana yang menurut anda paling layak untuk dibeli sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Layar

Seperti biasa, pembahasan kita mulai dari ukuran layar yang terdapat di kedua smarpthone yang menurut sebagian orang merupakan brand kembar namun tak sama. Perlu anda tahu bahwa baik Oppo A3s maupun juga Vivo Y83, ia sama-sama dilengkapi dengan layar HD dan juga didukung dengna teknologi IPS. Untuk resolusi yang dihasilkan adalah sebesar 1.520 x 720 piksel.

Adapun kedua ukuran layar dari smartphone ini adalah sebesar 6,2 inci. Dengan layar yang cukup besar, membuat kedua smartphone ini menjadi incaran para konsumen yang memang menghendaki smartphone dengan layar besar karena akan memudahkannya untuk membaca pesan atau bermain game. Dengan kata lain, perbandingan layar anda kedua smartphone ini seimbang.

2. Spesifikasi hardware

Pembahasan kedua kita mengenai perbandingan Oppo A3s dan Vivo Y83 adalah berhubungan dengan spesifikasi yang terdapat pada kedua smartphone tersebut. Perlu anda tahu bahwasanya Oppo A3s dilengkapi dengan chipset berupa Snapdragon 450 yang memiliki clock speed sebesar 1,8 GHz (octa core). Sementara itu, RAM nya sebesar 3 GB dan memori internal yang disematkan pada smartphone ini adalah sebesar 32 GB dan masih bisa anda upgrade dengan adanya slot Micro SD.

Adapun Vivo Y83, ia dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio dengan tipe P22 Octa-core yang kapasitasnya mencapai 2 GHz. Untuk RAM nya memiliki kapasitas yang sama dengan Oppo yakni 3 GB. Adapun memori internal yang ada pada Vivo Y83 adalah sebesar 64 GB.

Kesimpulannya, Oppo A3s memiliki spesifikasi yang bagus pada bagian chipsetnya karena dengan menggunakan Snapdragon maka performa menjadi lebih baik dan juga tidak memerlukan konsumsi baterai yang banyak. Sementara itu, Vivo y83 memiliki keunggulan di bagian kapasitas memori internalnya yang lebih besar, yakni sebesar 64 GB. Dengan perbedaan ini tentu anda bisa menentukan sendiri pilihan anda, apakah menginginkan smarpthone dengan performa terbaik atau smartphone yang memiliki kapasitas media penyimpanan terbaik.

3. Kamera

Baik Oppo maupun juga Vivo, mereka sama-sama terkenal merupakan smartphone yang memiliki keunggulan di bagian kamera. Bahkan, kedua Brand ini memiliki fitur tersendiri yang sangat berguna untuk membuat hasil foto anda menjadi lebih baik sehingga anda tidak perlu lagi mendownload aplikasi kamera android terbaik karena sudah ada fitur kameranya sendiri. Oppo A3s memiliki kamera sebesar 13 MP + 2 MP karena memang merupakan double camera.

Sementara untuk kamera depannya dilengkapi dengan 8 MP yang akan memberikan hasil foto yang mengagumkan. Adapun Vivo Y83, ia memiliki kamera belakang sebesar 13 MP dan juga 8 MP yang tentu saja dari segi kamera mungkin Oppo A3s sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan Vivo Y83 karena adanya double camera tersebut. Meskipun begitu, tidak sedikit yang berpendapat bahwasanya perbedaan yang ada pada kedua kamera smartphone ini tidak terlalu signifikan. Namun tidak sedikit juga yang menyangkal akan hal tersebut.

4. Baterai

Baterai merupakan salah satu bagian terpenting yang perlu dibahas jika kita ingin membandingkan smartphone yang satu dengan yang lainnya. Kapasitas baterai yang ada pada Oppo A3s adalah sebesar 4230 mAh. Sementara itu, Vivo Y83 memiliki kapasitas baterai sebesar 3260 mAh. Dari perbandingan kedua baterai ini, sekilas Vivo Y83 lebih baik karena kapasitasnya lebih besar.


Padahal, jika kita berkaca pada pembahasan chipset, tentu Oppo A3s memiliki keunggulan karena menggunakan Snapdragon yang memang sudah terkenal hemat baterai. Dengan begitu, kapasitas baterai yang ada pada Vivo Y83 tidak menjamin bahwasanya smartphone tersebut mampu bertahan dalam waktu yang lama jika dibandingkan dengan Oppo A3s.

5. Fitur

Perlu anda ketahui bahwa kedua smartphone ini memiliki beberapa fitur yang sama. Adapun fitur-fitur yang sama tersebut antara lain:

  • microUSB 2.0
  • Bluetooth
  • WiFi
  • GPS
  • dan juga port audio 3,5 mm

Namun, perbedaan yang mencolok adalah terletak pada fitur sidik jari atau fingerprint dimana Vivo Y83 telah dilengkapi dengan fingerprint, sementara Oppo A3s belum dilengkapi dengan fitur canggih tersebut. Dan sistem operasi yang digunakan pada kedua smartphone ini. Oppo A3s dilengkapi dengan sistem operasi berupa ColorOS 5.1 yang mana ia berbasis android versi 8 alias Oreo. Sementara itu, untuk Vivo Y83, ia dilengkapi dengan sistem operasi FunTouch OS 4.0 yang mana ia berbasiskan android versi 8, yaitu oreo.

6. Harga

Perbandingan oppo A3s dan Vivo y83 yang terakhir adalah berhubungan dengan berapa harga yang harus anda keluarkan untuk membeli smarpthone tersebut. Harga yang harus anda keluarkan jika ingin membeli Oppo A3s adalah sebesar Rp. 2.700.000. Sementara untuk Vivo Y83, ia dibanderol dengan harga sebesar Rp. 3.200.000. Tentu harga dari Oppo jauh lebih murah dibandingkan dengan Vivo. Akan tetapi, pilihan untuk menentukan mana yang terbaik, kembali ke diri anda sendiri.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Review