Categories: Review

Perbandingan Oppo A3S dan Vivo Y91, Bagus Mana?

Berbicara tentang hp pintar, khususnya hp android, tentu nama Oppo dan Vivo sudah tidak asing di telinga anda. Ya, dua vendor ini terbilang laris manis di Indonesia.

Oppo merupakan vendor hp android yang berasal dari Cina. Mengusung tag line “Selfie Expert” di awal kemunculannya, Oppo membidik para pecinta selfie lewat varian hp yang ia luncurkan seperti Oppo F1 yang dibekali dengan spesifikasi kamera wah di dalamnya.

Semakin berkembang, Oppo kemudian meluncurkan varian hp android lainnya yang bermain di bermacam-macam segmentasi pasar. Mulai dari enty-level hingga high end yang terbaru, Oppo Reno.

Di kelas enty-level sendiri, Oppo punya Oppo A3S yang mendulang sukses di tanah air. Oppo A3S tidak sendiri, Vivo, vendor lain yang masih satu perusahaan dengan Oppo, kemudian merilis Vivo Y91 yang sama-sama membidik pasar entry-level dan punya banderol beda tipis.

Calon pembeli pun dibuat bingung, mana yang lebih bagus di antara Oppo A3S dan Vivo Y91. Untuk menjawab pertanyaan itu, kami akan mengulas perbandingan Oppo A3S dan Vivo Y91. Ini dia ulasannya.

1. Desain

Hal pertama yang dilihat dari sebuah hp pintar adalah desain. Desain yang menarik adalah andalan para vendor seperti Samsung untuk menggaet penggunanya. Begitupun dengan Oppo A3S dan Vivo Y91.

Dua hp besutan vendor asal China ini hadir dengan desain layaknya hp android masa kini kebanyakan dimana bezel di bagian atas dan bawah hp sudah tidak ditemukan lagi.

Ya, mengadopsi desain seperti iPhone X, Oppo A3S dan Vivo Y91 mengusung desain full-screen display. Namun, meski sama-sama full-screen display, terdapat perbedaan besar yang membuat kedunya tidak sama.

Oppo A3S hadir dengan desain full-screen display dengan menyisakan bagian notch yang lumayan memakan space layar di bagian atas bodi hp. Desain layar seperti ini sama persis seperti yang digunakaan Apple di seri X milik mereka.

Sementara itu, Vivo Y91 punya desain layar yang lebih kekinian ketimbang Oppo A3S dimana bagian notch dirombak dan dibuat simpel dengan hanya menyisakan space untuk kamera depan. Desain seperti ini kemudian dinamakan waterdrop display.

Oppo A3S dan Vivo Y91 sama-sama punya dimensi dan tingkat kerapatan LCD yang sama. Buat anda yang suka dengan desain waterdrop display, Vivo Y91 adalah pilihan yang pas untuk anda pinang.

2. Dapur Pacu

Performa hp pintar adalah hal yang paling krusial. Banyak orang yang menjadikan dapur pacu dari sebuah hp sebagai pertimbangan utama sebelum memutuskan hp mana yang akan mereka beli.

Oppo dan Vivo tahu betul bagaimana cara mengemas hp entry-level mereka. Meski dibanderol dengan harga 1 jutaan, bukan berarti Oppo A3S dan Vivo Y91 tampil pas-pasan, khususnya di sektor dapur pacu.

Baik Oppo A3S dan Vivo Y91 sama-sama mengusung Qualcomm Snapdragon sebagai otak dibaliknya. Perbedaannya cenderung minor karena kami tidak menemukan perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

Perbedaannya ada pada versi Snapdragon yang Oppo A3S dan Vivo Y91 gunakan. Oppo A3S hadir dengan Snapdragon 450, chipset yang sering digunakan untuk hp-hp entry level lainnya. Performanya pun terbilang oke untuk hp 1 jutaan.

Di sisi lain, meski sama-sama diotaki Snapdragon, faktanya, Vivo Y91 hadir dengan versi Snapdragon yang sedikit lebih rendah ketimbang Vivo Y91.

Ya, Vivo membekali Vivo Y91 dengan Snapdragon 439. Secara performa, tidak ada perbedaan jauh di antara Snapdragon 450 dan Snapdragon 439. Keduanya mampu menopang penggunaan aplikasi ringan hingga sedang seperti aplikasi desain baju.

3. Varian RAM

Chipset dan RAM adalah dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Hp android yang berkualitas adalah hp yang punya RAM lega di dalamnya. Lalu, bagaimana dengan hp entry-level yang kapasitas RAM-nya seringkali dipangkas mengingat banderolnya yang murah?

Buat anda yang tertarik untuk membeli Vivo Y91? Anda bisa bernapas lega karena RAM yang disematkan Vivo Y91 terbilang cukup luas, yaitu sebesar 3 GB.

Cukup langka menemukan hp entry-level seperti Xiaomi Redmi 6A dengan RAM di atas 2 GB. Namun, Vivo dengan Vivo Y91 mampu mewujudkan itu. RAM 3G yang terbilang luas tersebut memungkinkan anda untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan atau multitasking.

Sementara itu, Oppo A3S dibekali dengan RAM 2 GB yang sebenarnya masih cukup oke untuk penggunaan beberapa aplikasi secara bersamaan. Namun, kesan kurang optimal mungkin akan anda rasakan ketika menggunakan RAM berkapasitas 2 GB tersebut.

Dari sektor varian RAM, Vivo Y91 mengungguli kompetitornya, Oppo A3S dengan RAM berkapasitas 3 GB yang dimiliki.

4. Baterai

Layaknya hp android yang beredar di pasaran saat ini, baterai menjadi daya jual yang mampu menarik minat beli masyarakat. Tak heran jika kemudian vendor-vendor hp meluncurkan hp dengan baterai berkapasitas jumbo seperti Samsung Galaxy M30.

Oppo dan Vivo pun tidak mau kalah. Meski bermain di pasar entry-level, keduanya tidak begitu saja menyematkan hp berkapasitas rendah di Oppo A3S dan Vivo Y91 walaupun dibanderol 1 jutaan saja.

Baterai yang digunakan di Oppo A3S dan Vivo Y91 kemudian menciptakan perbedaan di antara keduanya. Oppo A3S lebih unggul ketimbang Vivo Y91 lewat kapasitas baterai yang disematkan di dalamnya.

Ya, Oppo A3S punya baterai jumbo berkapasitas 4.230 mAh yang daya tahan baterai mampu bertahan untuk jangka waktu yang terbilang lama. Berlama-lama memainkan game berat seperti PUBG atau aplikasi chatting terbaik tentu bukan masalah di Oppo A3S ini.

Sementara itu, Vivo Y91 harus berpuas diri dengan baterai berkapasitas 4.030 mAh yang dimiliki. Meski begitu, bukan berarti Vivo Y91 menjadi boros baterai. Baterai 4.030 sendiri masih sangat mumpuni untuk digunakan selama berjam-jam.

Dari sektor baterai, Oppo A3S lebih worth to buy karena baterai di atas 4.000 mAh yang diusungnya. Screen off maupun Screen on Time-nya mampu bertahan lebih lama ketimbang Vivo Y91.

Itu dia Oppo A3S dan Vivo Y91 yang sudah kami ulas dan sajikan untuk anda. Sebagai penutup, kami menyarankan anda untuk membeli Vivo Y91 mengingat ia punya desain dan spesifikasi yang lebih worth to buy. Semoga bermanfaat.

Dio Pratama

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Sinyal 4G Tiba-tiba Hilang Paling Ampuh

Cara mengatasi sinyal 4G tiba-tiba hilang menjadi topik yang paling sering ditanyakan pengguna smartphone yang mengalami masalah konektivitas ini. Ya,…

2 years ago

Content Creator Wajib Tahu, Ini 5 Perbedaan TikTok dan Snack Video

Seiring berkembangnya jaman, ragam platform media sosial baru pun kian bermunculan. Jika satu dekade lalu Facebook, Twitter, dan Instagram mendominasi,…

2 years ago

6 Cara Mengatasi Kamera Terbalik saat Video Call

Cara mengatasi kamera terbalik saat video call seringkali membuat banyak pengguna kebingungan. Padahal, permasalahan seperti ini bisa diperbaiki dengan mudah.…

2 years ago

6 Penyebab Kamera WhatsApp Ngezoom Saat Video Call

Penyebab kamera WhatsApp ngezoom menjadi pertanyaan banyak orang yang mengalami error pada aplikasi chatting satu ini. Ya, selama ini WhatsApp…

2 years ago

Perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A, Pilih Mana?

Penasaran apa saja perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A? Ketiganya merupakan seri entry-level besutan Xiaomi yang cukup laris manis di…

2 years ago

7 Aplikasi Jual Beli NFT Paling Untung dan Terpercaya

Aplikasi jual beli NFT menjadi opsi yang menggiurkan untuk menghasilkan uang di interner. Tren NFT yang berkembang membuat beberapa aplikasi…

2 years ago