Sponsors Link

Baru Rilis, Ini Dia Perbandingan Realme 6 dan Realme 6 Pro

Sponsors Link

Perang hp android kelas mid-end semakin memanas di tahun 2020 ini. Salah satu vendor yang paling ambisius dalam merilis hp android beberapa waktu terakhir, Realme, dalam waktu dekat akan merilis Realme 6 dan Realme 6 Pro di Indonesia.

Sebelumnya, dua hp android terbaru vendor yang merupakan sub-brand dari Oppo ini sudah diperkenalkan terlebih dahulu di India. Mengusung garis desain yang baru adalah ciri khas yang bisa anda temui saat melihat Realme 6 dan Realme 6 Pro ini.

Digadang-gadang akan menjadi musuh utama Xiaomi Redmi Note 8T, Realme 6 dan Realme 6 Pro membawa spesifikasi yang menjanjikan. Banderolnya pun menggiurkan, tak lebih dari 4 juta.

Lantas, apa yang membedakan dua hp dari Realme yang sama-sama sudah meninggalkan waterdrop display dan menggantinya dengan puch hole display? Berikut kami ulas perbandingan Realme 6 dan Realme 6 Pro ini.

1. Desain

Di tahun 2020, tren layar dengan desain waterdrop sudah mulai ditinggalkan. Para vendor kemudian merilis hp android dengan desain punch hole display. Punch hole display adalah desain dimana kamera depan hp ditanam di dalam layar.

Samsung adalah salah satu suksesor hp berdesain punch hole display. Hp Samsung seperti Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71 sama-sama mengadopsi punch hole display. Diikuti dengan vendor-vendor lainnya seperti Infinix dengan Infinix S5.

Realme pun tak mau kalah. Desain punch hole display kemudian disematkan di Realme 6 dan Realme 6 Pro. Meski sama-sama punya punch hole display, ada perbedaan di antara keduanya.

Ya, Realme 6 hanya punya satu lensa kamera di bagian depan yang ditanam di dalam layar. Sementara itu, Realme 6 Pro tampil lebih gahar dengan dua buah lensa kamera. Hadirnya dua buah lensa kamera di bodi depan Realme 6 Pro menjadikan ukuran lensa kameranya lebih besar ketimbang Realme 6.

Tak hanya di bagian layar, bagian backcover alias bodi belakang hp Realme 6 dan Realme 6 Pro juga berbeda.

Meski sama-sama mengusung backcover dengan lapisan kaca, Realme 6 Pro tampil lebih nyentrik dengan penyematan efek kilat yang bercahaya di bagian backcover.

Di sisi lain, Realme 6 Pro hadir dengan efek cahaya biasa tanpa embel-embel kilat. Inilah yang menjadikan desain di antara keduanya berbeda.

2. Dimensi

Realme 6 dan Realme 6 Pro dibanderol dengan harga yang berbeda. Meski dirilis bersamaan, rupanya Realme memberikan perbedaan yang cukup tajam pada kedua hp ini. Salah satu yang paling mudah untuk dikenali adalah dimensi bodinya.

Ya, Realme 6 dan Realme 6 Pro mengusung dimensi bodi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Realme 6 yang dirancang untuk menjadi penerus Realme 5 Pro ini punya dimensi sebesar 162.1 x 74.8 x 8.9 mm yang menjadikan ukurannya terasa compact di tangan.

Sementara Realme 6 Pro yang merupakan penerus dari Realme XT ini punya dimensi sebesar 163.8 x 75.8 x 89 mm. Dimensi tersebut membuat Realme 6 Pro tampil lebih bongsor ketimbang Realme 6. Kesan premium terasa lebih kuat di Realme 6 Pro.

3. Kamera

Kamera adalah sektor penting yang ada setiap hp pintar seperti Xiaomi. Tak terkecuali Realme yang tahu betul bagaimana cara mengemas hp pintarnya dengan spesifikasi kamera yang mumpuni.

Baik Realme 6 dan Realme 6 Pro sama-sama sudah dipersenjatai dengan konfigurasi kamera 4 lensa berbentuk vertikal yang kekinian di bagian belakang. Meski jumlah dan penempatan kameranya sama, ada perbedaan besar di antara keduanya.

Ya, Realme 6 Pro yang dibanderol lebih tinggi ketimbang Realme 6 punya spesifikasi kamera yang menggiurkan dimana ia dibekali dengan kamera beresolusi 64 MP + 12 MP + 8 MP + 2 MP. Keempat lensa kamera tersebut sudah mendukung mode pengambilan wide, ultrawide, macro, hingga telephoto.

Sementara itu, Realme 6 hadir dengan spesifikasi kamera sedikit di bawah Realme 6 Pro dimana ia dibekali kamera beresolusi 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP yang masing-masing dari keempatnya sudah mendukung mode pengambilan wide, ultrawide, macro, dan depth.

Melakukan perbandingan Realme 6 dan Realme 6 Pro tak luput dari kamera depannya dimana ada perbedaan yang cukup jelas di antara dua hp pesaing berat Xiaomi ini.

Ya, seperti yang sudah kami sebutkan di atas, Realme 6 Pro punya dua buah lensa kamera di bagian depan sedangkan Realme 6 hanya punya satu buah lensa kamera. Hadirnya dua buah kamera di Realme 6 Pro menjadikannya mampu untuk melakukan mode wide saat melakukan selfie.

Dari sektor kamera, jelas Realme 6 Pro lebih unggul ketimbang Realme 6 mengingat selisih harga di antara keduanya terbilang jauh sehingga spesifikasi di Realme 6 Pro pun lebih mumpuni.

4. Dapur pacu

Perbedaan yang cukup kontras di Realme 6 dan Realme 6 Pro ada pada dapur pacunya yang berhasil mencuri perhatian sebab kedua hp ini dipersenjai dengan chipset yang berbeda.

Ya, dibanderol lebih murah ketimbang kakaknya, Realme menanggalkan chipset buatan Snapdragon untuk seri Realme 6 ini yang kemudian digantikan dengan MediaTek Helio G90T. Chipset buatan MediaTek sendiri identik dengan performanya yang tidak sebaik Snapdragon.

Sementara itu, untuk Realme 6 Pro, Realme mempercayakan Snapdragon 720G untuk mengotaki hp ini. Seri 720G sendiri adalah chipset khusus hp mid-end terbaru buatan Snapdragon dan Realme 6 Pro adalah hp android pertama yang mengadopsi chipset tersebut. Sangat menarik!

Performa di Realme 6 Pro diklaim lebih baik ketimbang Realme 6 Pro mengingat hp ini diotaki oleh Snapdragon. Namun, meski begitu, bukan berarti chipset di Realme 6 buruk.

5. Harga

Beda desain dan spesifikasi, beda pula harga yang dibanderol untuk dua hp terbaru dari Realme ini. Ya, Realme gencar merilis hp android mid-end dengan banderol harga yang memikat. Begitupun dengan Realme 6 dan Realme 6 Pro.

Kedua hp ini punya banderol harga yang bisa jadi akan membuat anda gigit jari dan menyesal terburu-buru membeli seri hp Realme yang lain.

Pasalnya, Realme 6 untuk varian termurahnya hanya dibanderol 2,5 jutaan saja. Sementara Realme 6 Pro untuk varian paling murahnya hanya dibanderol 3,3 jutaan.

Rilisnya Realme 6 dan Realme 6 Pro tentu semakin memanaskan perang hp mid-end di tanah air. Tertarik untuk membelinya? Anda harus bersabar karena kedua hp ini belum launching secara resmi di Indonesia.

Itu dia perbandingan Realme 6 dan Realme 6 Pro yang sudah kami ulas. Semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Review
Search
GADGET INFO

Kamu ada rencana ingin menjual hpmu tapi takut diberi harga murah? Lakukan hal-hal ini untuk mengetahui performa hpmu, layak atau tidak dijual dengan harga tinggi.