Sponsors Link

Perbandingan Samsung Galaxy Note 9 VS Huawei Mate 20 Pro

Sponsors Link

Samsung Galaxy Note 9 VS Huawei Mate 20 ProPerkembangan dunia smartphone kini sudah semakin hebat, semakin cepat juga perkembangannya. Para vendor vendor smartphone berlomba untuk menciptakan teknologi terbaru untuk smartphone buatannya. Dari teknologi yang sederhana, sampai ke teknologi yang besar dan hebat, tujuannya jelas selain untuk memudahkan penggunanya. Mengembangkan teknologi terbaru juga bertujuan untuk menarik perhatian para pembeli supaya tertarik dengan smartphone buatan mereka.

Kita lihat saja gebrakan yang dilakukan Oppo. Oppo membuat smartphone Oppo Find X yang menjadi andalannya dibekali dengan teknologi kamera yang sangat canggih mampu membuat para pembeli meminati smartphone buatan mereka. Vivo pun melakukan hal yang sama, mereka juga membuat smartphone Vivo V11 dengan teknologi kamera yang sangat canggih untuk bisa menyaingi oppo. Seakan tidak mau kalah dengan Oppo dan Vivo, Xiaomi pun akhirnya juga membuat smartphone dengan teknologi kamera yang canggih, yang terbaru mereka merilis seri Redmi Note 7 dengan teknologi kamera yang sangat canggih melebihi Oppo dan Vivo.

Dari sekian banyak vendor yang sedang berlomba lomba menciptakan teknologi baru untuk smartphonenya, ada yang menarik untuk kita bahas yaitu Huawei dengan smartphone Huawei Mate 20 Pro dan Samsung dengan smartphonenya Samsung Galaxy Note 9. Kedua smartphone ini lah yang sedang ada dipuncak kejayaannya, beberapa teknologi terbaru dan terbaik pun disematkan di kedua smartphone ini. Jadi mana yang lebih baik? Huawei Mate 20 Pro atau Samsung Galaxy Note 9?. Supaya anda tidak bingung saya akan berikian tiga perbandingan antara Huawei Mate 20 Pro vs Samsung Galaxy Note 9:

  1. Spesifikasi

Kita mulai dari Huawei Mate 20 Pro smartphone yang diliris pada bulan Oktober 2018. Huawei sudah memiliki sertifikat IP68 yang artinya anti terhadap debu dan air, untuk konektivitas sudah support 4G. Dengan layar yang sudah AMOLED dengan resolusi 1440 x 3120 pixels, layarnya pun sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass jadi tidak perlu khawatir LCDnya cepat pecah atau retak. Sistem Operasinya sudah menggunakan yang terbaru yaitu Android 9.0 atau Android Pie, dibekali chipset HiSilicon Kirin 980 dengan CPU Octa Core dan GPU Mali-G76 MP 10.

Jadi tidak perlu takut jika smartphone ini mengalami hang atau lemot sudah dipastikan akan cepat dan siap melibas aplikasi apapun terutama game. Walaupun tidak memiliki slot untuk penyimpanan eksternal tetapi untuk penyimpanan, internal Huawei menyematkan 256 GB dengan versi RAM 8 GB dan 128 GB dengan versi RAM 6 GB dengan kapasitas yang besar. Hal ini tentunya sudah mampu menyimpan banyak file dan dengan RAM yang besar juga menjadikannya mampu menjalankan banyak aplikasi tanpa lemot.

Untuk kamera sendiri Huawei menyematkan 3 kamera sekaligus dengan masing masing kamera memiliki 40 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/1.7″, PDAF/Laser, AF 20 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide), 1/2.7″, PDAF/Laser AF, 8 MP, f/2.4, 80mm (telephoto), 1/4″, 5x optical zoom, OIS, PDAF/Laser AF dan kamera depan 24 MP, f/2.0, 26mm, dengan kamera yang canggih ini Huawei mampu mengambil gambar dengan sangat baik saat di ruangan maupun keadaan gelap, baterainya pun cukup besar yaitu 4200 mAh.

Selanjutnya ada Samsung Galaxy Note 9 smartphone yang diliris pada bulan Agustus 2018 pun sudah memiliki sertifikat IP68 dan dilengkapi dengan Stylusnya. Konektivitasnya pun sudah support 4G dengan layar yang sudah Super AMOLED dengan resolusi 1440 x 2960 pixels, layarnya pun sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 lebih kuat dari Huawei Mate 20 Pro. Sistem Operasinya sudah menjalankan Android Pie dan dibekali chipset Exynos 9810n Octa dengan CPU Octa Core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G72 MP18.

Berbeda dengan Huawei Mate 20 Pro, Samsung Galaxy Note 9 dibekali slot Micro SD yang support sampai 512 GB. Dan dibekali penyimpanan internal 512 GB dengan versi RAM 8 GB dan 128 GB dengan versi RAM 6 GB lebih besar daripada penyimpanan milik Huawei. Dibekali 2 Kamera sekaligus 12 MP, f/1.5-2.4, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS, 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, AF, OIS, 2x optical zoom dan kamera depan 8 MP, f/1.7, 25mm (wide), 1/3.6″, 1.22µm.

Meskipun jumlah kameranya lebih banyak milik Huawei Mate 20 Pro tetapi gambar yang dihasilkan pun tidak kalah bagusnya saat didalam ruangan maupun keadaan gelap, baterai yang dibekali pun berbeda tipis dengan Huawei yaitu 4200 mAh. Kita bisa lihat ada beberapa keunggulan yang dimiliki Samsung Galaxy Note 9 Maupun Huawei Mate 20 Pro.

  1. First Impression

Ketika Pertama Kali memegang Samsung Galaxy Note 9 Terasa sangat licin karena bodynya yang terbuat dari kaca, tetapi memiliki kesan solid dan kokoh saat pertama kali memegangnya. Berbeda dengan Huawei Mate 20 Pro walaupun sama sama bodynya dari kaca tetapi tidak terasa licin ini mungkin karena adanya tekstur garis garis yang membuat permukaannya sedikit kesat jadi nyaman banget memegang smartphone ini. Perbedaan yang mencolok dari kedua smartphone ini adalah poni pada layar atau notch.

Samsung Galaxy Note 9 hadir dengan tidak ikut ikutan smartphone lain yang sedang tren, jadi tidak ada notch. Sebaliknya Huawei Mate 20 Pro hadir dengan notch, tetapi ada yang menarik dari smartphone ini yaitu ada pengaturan untuk menggunakan notch atau tidak menggunakan notch. Untuk kecepatan charge Huawei Mate 20 Pro dari keadaan 0 persen sampai 100 persen hanya membutuhkan 61 menit dan mampu bertahan hingga 17 jam dan Samsung Galaxy Note 9 dari keadaan 0 persen sampai 100 persen butuh waktu 1 jam 40 menit. Dan mampu bertahan selama 13 jam, tetapi ada yang menarik dari Huawei Mate 20 Pro yaitu memiliki fitur Wireless Reverse Charging, jadi smartphone Huawei ini bisa digunakan sebagai Power bank melalui wireless

  1. Harga

Dengan teknologi dan spesifikasi yang sangat tinggi anda harus menyiapkan kocek dalam dalam karena harga satu Unit Huawei Mate 20 Pro adalah 13.800.000 dan harga satu Unit Samsung Galaxy Note 9 adalah 11.500.000, memang harganya selangit tetapi anda sudah disuguhkan fitur fitur dari teknologi terbaru kedua smartphone tersebut.

Itulah tadi tiga perbandingan antara smartphone Samsung Galaxy Note 9 vs Huawei Mate 20 Pro, jadi bagaimana? Apakah anda sudah menentukan pilihan untuk membeli salah satu smartphone tersebut? Atau anda malah tidak menginginkan kedua smartphone tersebut karena harganya yang terlalu mahal?

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Review