Sponsors Link

Perbandingan Vivo S1 dan Oppo F11, Lebih Unggul Yang Mana?

Sponsors Link

Android adalah penguasa besar dunia perponselan dunia saat ini. Sistem operasi yang identik dengan kefleksibelitasannya ini menawarkan berbagai kemudahan kepada para penggunanya. Tak heran jika hampir seluruh vendor hp pintar menyematkan sistem operasi ini sebagai otak di dalam perangkat-perangkat rilisan mereka.

Vendor hp pintar seperti Samsung menjadi salah satu vendor pertama yang bermain dengan sistem operasi android ini. Sejak diperkenalkan tahun 2007 lalu, Samsung dengan giat merilis hp hp pintar mereka dengan android di dalamnya. Tak hanya Samsung, para pemain lama seperti Sony dan LG pun turut terjun ke dalam trend hp android ini.

Kemajuan android ini juga lah yang kemudian melahirkan beberapa vendor asing yang tertarik untuk menciptakan hp android khas mereka sendiri. Sebut saja Vivo dan Oppo yang sama-sama pemain baru di dunia perponselan dunia. Debut sebagai hp android yang menawarkan spesifikasi kamera yang mah, kedua brand yang bermarkas di Cina ini kemudian secara konsisten gencar merilis hp-hp android berkualitas. Yang terbaru adalah Vivo S1 dan Oppo F11 yang digadang-gadang mampu menandingi para rivalnya yang tentu saja di harga yang sama.

Sama-sama memangsa pasar middle-end, duo Vivo S1 dan Oppo F11 hadir dengan spesifikasi yang menggiurkan. Tak main-main, bahkan kedua vendor ini menggunakan Brand Ambassador terkenal untuk mempromosikan produk mereka. Hal ini lah yang kemudian membuat dilema para calon pembeli. Apalagi, baik Vivo maupun Oppo punya kualitas yang cukup oke dan tidak diragukan lagi.

Berniat untuk membeli Vivo S1 atau Oppo F11 namun masih bingung mana yang seharusnya anda beli? Anda berada di tempat yang tepat karena kami akan mengulas perbandingan Vivo S1 dan Oppo F11 yang harus anda ketahui sebelum membelinya sehingga anda dapat membeli baik Vivo S1 atau Oppo F11 dengan bijak. Berikut adalah perbandingan dari kedua hp pintar android terbaru ini. Baca juga mengenai perbandingan Oppo Reno 10x Zoom vs Samsung S10 Plus

Layar

Sudah menjadi keharusan bagi hp android masa kini untuk menyematkan layar dengan rasio 19:5,9 dimana dengan rasio tersebut, besar layar hampir memenuhi keseluruhan bodi depan hp. Rasio layar seperti ini lah yang akan anda temui di Vivo S1 dan Oppo F11 dimana kedua hp tersebut menggunakan rasio 19:5,9 yang sedang menjadi trend saat ini.

Meski hadir dengan rasio layar yang sama, ada hal besar yang membedakan Vivo S1 dan Oppo F11. Vivo S1 sudah dipersenjatai dengan layar SUPER AMOLED, sementara Oppo F11 sedikit turun kelas yakni IPS LCD. Sehingga, dari segi layar, Vivo S1 lebih unggul ketimbang Oppo F11 karena menawarkan kualitas LCD yang lebih tajam.

Dapur Pacu

Dapur pacu alias performa adalah sektor yang cukup krusial dan banyak dijadikan pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk membeli hp android. Dapur pacu yang baik tentu akan membuat hp terhindar dari masalah lemot dan lag. Pelajari juga mengenai penyebab Hp lemot saat membuka aplikasi.

Baik Vivo S1 dan Oppo F11 tidak perlu diragukan lagi dapu pacunya. Oppo F11 dipersenjatai dengan chipset MediaTek Helio P70 Octa Core. Begitu pun dengan Vivo S1. Chipset ini memungkinkan Vivo S1 dan Oppo F11 tampil. Untuk mendukung kecepatan chipset buatan MediaTek, RAM sebesar 4G pun turut disematkan di kedua hp pintar ini. Dari segi dapur pacu, baik Vivo S1 maupun Oppo F11 sama-sama unggul.

Kamera

Hp android masa kini harusnya menyematkan spesifikasi kamera yang baik untuk mendukung aktivitas para penggunanya yang tak hanya mengandalkan kamera untuk ber-selfie ria maupun aktivitas fotografi lainnya, namun juga mendukung untuk penggunaan di media sosial seperti Instagram dan Snapchat.

Jika anda cukup peka dengan trend hp android saat ini, maka anda akan menyadari bahwa kebanyakan hp android belakangan ini menyematkan paling tidak dua hingga tiga buah lensa kamera belakang yang tentu saja mendukung beberapa opsi pengambilan gambar.

Hal ini lah yang kemudian tak absen di Vivo S1 dimana ia punya tiga kamera belakang sebesar 16 MP + 8 MP + 5 MP dan kamera depan sebesar 32 MP. Sementara Oppo F11, harus berpuas diri dengan dua buah kamera belakang sebesar 48 MP + 5 MP dan kamera depan 16 MP. Dari segi kamera, Vivo S1 tampil lebih unggul ketimbang Oppo F11.

Baterai

Sebaik-baiknya hp android dengan fitur dan dapur pacu yang wah, tentu keduanya akan percuma jika tidak didukung dengan daya tahan baterai yang mumpuni. Untuk mendukung berbagai aktivitas yang membutuhkan penggunaan hp,  baik Vivo S1 maupun Oppo F11 sama-sama sudah menyematkan baterai berkapasitas besar di dalamnya.

Vivo S1 punya baterai berkapasitas 4.500 mAh yang ternyata lebih besar ketimbang Oppo F11 yang kapasitas baterainya sedikit di bawah Vivo S1 yakni 4.020 mAh. Dari segi kapasitas baterai, Vivo S1 jelas lebih unggul karena menyematkan baterai yang kapasitasnya lebih besar ketimbang sang rival

Fitur Pendukung

Perbandingan Vivo S1 dan Oppo F11 lainnya adalah dari segi fitur pendukung. Baik Vivo S1 maupun Oppo F11 sama-sama sudah berjalan di versi android yang paling baru, yakni Android Pie. Yang menarik, Vivo S1 menyematkan fingerprint di dalam layar yang terbilang sebagai teknologi baru. Sedangkan, Oppo F11 masih menggunakan fingerprint yang konvensional yakni di belakang bodi hp.

Harga

Dari segi harga, Vivo S1 dan Oppo F11 dibanderol dengan harga yang sama-sama beda tipis sehingga ini lah yang kemudian menjadi dilema bagi para calon konsumen yang ingin membeli satu di antara Vivo S1 dan Oppo F11. Vivo S1 dibanderol dengan harga Rp 3.599.000 sedangkan Oppo F11 dibanderol dengan harga yang 100 ribu lebih mahal ketimbang Vivo S1, yaitu Rp 3.6999.00. Harga keduanya adalah harga yang ditawarkan untuk varian RAM 4 GB dengan storage 128 GB.

Kesimpulan

Jika anda mencari hp yang unggul dari segi layar, kamera, teknologi fingerprint, dan daya tahan baterai, anda bisa membeli Vivo S1 yang dihargai dengan banderol lebih murah ketimbang sang kompetitor, Oppo F11.

Demikian artikel mengenai perbandingan Vivo S1 dan Oppo F11 ini kami sajikan. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Review