Sponsors Link

Perbedaan Paket Internet iPhone dan Android, Mahal yang Mana?

Sponsors Link

Dewasa ini semakin banyak aktivitas dunia maya yang membuat paket internet menjadi salah satu kebutuhan utama bagi sebagian besar diantara kita. Penggunaan paket internet ini bisa berbagai macam bentuknya, mulai dari menjadi pekerja freelance di dunia maya, mengakses media sosial Facebook, Twitter, Instagram, menonton video di Youtube, membeli keperluan sehari-hari, hingga mengakses daftar Hp terbaru.

ads

Bukan itu saja, paket internet juga dibutuhkan untuk melakukan chatting tanpa pulsa, misalnya WhattsApp, Line, dan BBM yang sudah banyak digunakan sekarang-sekarang ini. Maka itu kebutuhan paket internet menjadi sangat penting, apalagi koneksi internet berkecepatan tinggi menjadi hal yang di idam-idamkan.

Ngomong-ngomong tentang paket internet bagi kamu pengguna iPhone dan juga android paket internet merupakan kebutuhan yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, ini karena tanpa adanya paket internet semua aplikasi yang ada di aplikasi ponsel Apple iPhone dan Android yang memerlukan koneksi internet tak akan bisa di jalankan.

Paket internet bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu paket data dan juga paket kuota. Paket data merupakan paket yang dapat digunakan untuk mengakses internet seluler baik itu iPhone maupun Android. Sedangkan kuota merupakan batas jumlah paket data yang sudah ditentukan besarannya oleh provider yang juga bisa digunakan untuk koneksi pada ponsel iPhone maupun Android.

Jangan bingung, berikut merupakan contohnya. Bila kamu berlangganan paket data 4G/LTE 2 GB setiap bulannya itu berarti kamu hanya diberikan jatah untuk mengakses internet  dengan jaringan 4G/LTE hanya 2 GB saja. Ingat ya, jaringan 4G tak bisa digunakan pada ponsel yang masih memiliki jaringan 3G dan hanya dapat digunakan pada ponsel yang support dengan jaringan 4G.

Bagi kamu pengguna kedua ponsel tersebut pasti ada yang bertanya-tanya apa ada perbedaan paket internet iPhone dan Android? Sebenarnya tak ada perbedaan antara paket internet diantara iPhone dan Android, hal ini dikarenakan kedua ponsel itu membutuhkan paket data untuk mengakses internet tanpa harus memotong saldo pulsa secara langsung. Bila kamu berlangganan paket data, itu berarti kamu sedang berlangganan paket internet, hanya berbeda istilahnya saja.

Akan tetapi, terdapat beberapa provider besar di Indonesia memberikan paket khusus yang hanya dapat digunakan oleh ponsel iPhone dan tak bisa digunakan pada smartphone berbasis Android. Berikut merupakan penjelasannya :

  1. Paket XmartPlan

Ini merupakan paket khusus untuk ponsel iPhone yang disediakan oleh operator XL. Paket ini diluncurkan sebagai salah satu pelayanan terbaik bagi pelanggan melalui gratis SMS, gratis telpon, dan internet dengan kualitas yang disebut oleh operator penyedia sebagai paket selangkah lebih maju.

Saat awal kemunculannya, operator XL mengeluarkan kartu perdana khusus untuk iPhone dan juga BlackBerry, akan tetapi saat ini sudah tidak ditemukan lagi paketan internet tersebut. Pada dasarnya tak ada perbedaan khusus untuk paket internet, baik iPhone maupun smartpone Android, perbedaanya biasanya hanya terdapat dari kombinasi antara paket telepon, SMS yang sudah ditentukan oleh pihak provider. Sekali lagi, secara fungsinya paket internet tidak memiliki perbedaan.

  1. Paket Internet iPhone Plan Telkomsel

Salah satu provider terbesar di Indonesia, Telkomsel memiliki paket khusus bagi pengguna iPhone untuk memenuhi kebutuhan akan akses internet. Paket ini tak bisa digunakan untuk smartphone Android hanya dapat digunakan khusus untuk iPhone, selain paket khusus tersebut kamu juga masih bisa menggunakan paket internet lain di ponsel iPhone kamu. Umumnya paket internet khusus iPhone yang disediakan provider Telkomsel terbilang memiliki harga yang cukup tinggi contohnya :


  • iPhone Plan Monthly : data 2 GB, data 3G 2 GB, telpon 100 menit + 3more quotas, durasi waktu 30 hari kamu harus mengeluarkan kocek kurang lebih sebesar Rp 130.000,-
  • iPhone Plan Montly + 2 GB 4G : data 2 GB, data 3G 2 GB, telpon 100 menit + 2more quotas, durasi waktu 30 hari kamu harus mengeluarkan kocek kurang lebih sebesar Rp 130.000,-
  • iPhone Plan Montly : data 2 GB, data 3G 2 GB, telpon 100 menit +3 more quotas, durasi waktu 30 hari kamu harus mengeluarkan kocek kurang lebih sebesar Rp 130.000,-
  • iPhone (60 MB+5Min+5SMS) : data 60 MB, telpon 5 menit, durasi waktu 1 hari kamu harus mengeluarkan kocek kurang lebih sebesar Rp 8.000,-

Untuk syarat-syarat yang harus dipenuhi saat kamu hendak mengaktifkan paket khusus iPhone dari provider Telkomsel yaitu smartphone kamu wajib iPhone, lalu paketan akan diperpanjang secara otomatis bila pulsa kamu mencukupi setiap bulannya. Paket data Telkomsel ini bersifat volume based, artinya bila kuota yang kamu miliki sudah habis sebelum diperpanjang maka setiap kilo byte data yang digunakan akan dikenakan biaya sebesar Rp 5, kuota ini hanya bisa digunakan untuk jaringan 4G saja.

Paket khusus untuk iPhone dengan jaringan 4G masa aktifnya berlaku selama 15 hari setelah aktivasi paket. Kuota video yang terdapat pada paket internet khusus hanya bisa digunakan untuk mengakses Hooq dan juga VIU. Terakhir, bagi para pelanggan paket internet khusus ini yang mengaktifkan paket bulanan akan memperoleh gratis berlangganan Hooq dan juga VIU selama 30 hari.

Dari ulasan pertama dan kedua, perbedaan paket internet iPhone dan Android hanya terletak pada kombinasi antara telepon, SMS, dan paket internet 3G dan 4G. Namun, untuk fungsinya sebenarnya paket internet iPhone tidak harus menggunakan paket khusus, kamu juga bisa menggunakan paket internet yang biasa digunakan untuk ponsel Android, yang terpenting ialah paket internet harus sudah support jaringan ponsel yang kamu miliki, baik 3G maupun 4G.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Review