Sponsors Link

6 Cara Mengatasi SIM Card Terbaca Tapi Tidak Ada Sinyal

Sponsors Link

Bagi para pengguna ponsel pintar, pasti diantara kita ada yang mengalami situasi yang tak mengenakkan,  yaitu SIM Card terbaca tapi tidak ada sinyal. Hal tersebut pastinya membuat kita menjadi jengkel, bagaimana tidak, sinyal ponsel merupakan hal tak terpisahkan dari smartphone. Ibarat kata, sayur tanpa garam alias tidak akan lengkap.

Penggunaan sinyal didalam smartphone memiliki peran fital, mulai digunakan untuk panggilan telpon maupun untuk berselancar didunia maya, dan juga menikmati berbagai fasilitas media sosial yang kini banyak digunakan oleh para pengguna handphone masa kini.

Bila situasi SIM Card terbaca tapi tidak ada sinyal, kamu tak perlu cemas, sebab pada umumnya hal ini terjadi pada saat kamu berada ditempat terpencil yang masih sulit dijangkau oleh jaringan seluler. Tak hanya itu, faktor cuaca juga menjadi penyebab lain sinyal sering naik turun atau bahkan sinyal tiba-tiba menghilang.

Sebelum mengetahui cara mengatasi persoalan diatas, hal yang pertama perlu dilakukan bila mana terjadi masalah no signal alias tidak ada sinyal yaitu memeriksa kartu SIM. Cara tersebut hanya untuk memastikan apakah ponsel bisa mendeteksi jaringan bukan dikarenakan adanya kesalahan pada waktu pemasangan kartu SIM. Akan tetapi ada baiknya untuk tak cepat menyimpulkan penyebab pasti terkait masalah tadi, sebab banyak faktor yang menjadi sumber masalah utama sinyal pada ponsel tak muncul dibagian layar.

Dikesempatan kali ini kamu akan diberikan penjelasan serta informasi tentang mengatasi persoalan diatas. Jadi kamu tak perlu paniK bila SIM Card ponsel kamu terbaca tapi tidak ada sinyal, cara-caranya sangat sederhana, dan berikut merupakan langkah-langkahnya, diantaranya :

  1. Masuk Ke Mode Pesawat atau Airplane Mode

Selain mengetahui trik dan cara mengatasi baterai Hp yang tidak bisa penuh, langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu masuk ke mode pesawat atau airplane mode. Langkah ini sangat mudah dilakukan sebab hanya butuh melakukan klik beberapa kali saja. Berikut merupakan cara mengatasi sinyal ponsel tak terbaca menggunakan mode pesawat, antara lain :

  • Cari mode pesawat pada ponsel kamu , lalu aktifkan.
  • Tunggu hingga beberapa menit dengan masih menggunakan mode pesawat.
  • Jika sudah, matikan mode pesawat pada ponsel kamu.
  • Pada saat mengaktifkan, secara otomatis sistem smartphone akan melakukan pencarian ulang jaringan dan menangkap sinyal disekitar lokasi kamu berada.
  1. Restart Hp Kamu

Berbeda dengan jenis Hp yang cocok untuk game berat, langkah berikutnya agar hp kamu tak bermasalah dengan sinyal selanjutnya adalah dengan cara merestart atau dalam bahasa teknisnya disebut dengan reboot, lalu hidupkan kembali. Melalui cara tersebut pada ponsel yang kamu miliki akan secara otomatis melakukan pencarian ulang sinyal yang sempat hilang atau tidak muncul. Bila kamu belum tahu cara melakukan restart hp, berikut merupakan langkah-langkahnya, antara lain :

  • Matikan ponsel dengan cara menekan tombol power pada smartphone
  • Jangan langsung di nyalakan, tunggu beberapa saat hingga ponsel benar-benar mati.
  • Lepaskan kartu sim, atau bisa juga kartu memori.
  • Jika sudah, pasang kembali kartu sim atau kartu memori yang sudah kamu lepas tadi.
  • Lalu hidupkan kembali hp yang kamu miliki.
  1. Atur Ponsel Kamu Otomatis Memilih Jaringan

Masalah sinyal tak muncul kerapkali disebabkan oleh pengaturan jaringan yang kamu gunakan, bila kamu mengatur hp kamu pada jaringan 3G atau 4G only (saja) akan tetapi kenyataannya jaringan ditempat kamu berada tak memiliki jaringan tersebut maka bisa dipastikan sinyal akan menghilang dari smartphone. Maka itu, wajib hukumnya memastikan bahwa pengaturan jaringan diponsel pintar yang kamu gunakan sudah berada pada pengaturan jaringan otomatis. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya, diantaranya :

  • Buka menu setelan lalu cari menu pengaturan jaringan atau networks pada ponsel yang kamu gunakan.
  • Kemudian pilih mobile network atau jaringan seluler.
  • Selanjutnya, aktifkan otomatis jenis jaringan yang hendak dipilih. Lalu, pada menu operator jaringan aktifkan mode pilihan jaringan otomatis, bukan manual ya.
  1. Lepas dan Periksa SIM Card

Bila ketiga cara diatas masih belum mampu mengatasi SIM Card terbaca namun tidak ada sinyal, maka kamu perlu mencoba memeriksa kondisi kartu SIM atau SIM Card yang kamu gunakan. Tak jarang faktor tak ada sinyal tersebut disebabkan karena kartu sim itu sendiri, maka itu coba lakukan cara dibawah ini agar sinyal ponsel kembali normal pada android, antara lain :

  • Langsung saja matikan hp yang kamu miliki.
  • Kemudian lepaskan kartu SIM.
  • Selanjutnya, bersihkan bagian kuningan SIM Card menggunakan kain lembut dengan perlahan.
  • Jika kuningan pada sim card kamu sudah dibersihkan, proses berikutnya yaitu memasang kembali sim card dan hidupkan kembali smartphone milik mu.
  1. Periksa IMEI Pada Ponsel

Hilangnya jaringan pada ponsel bisa juga bisa disebabkan setelah smartphone di oprek, sinyal yang hilang tersebut bisa saja dikarenakan nomer IMEI telah hilang, maka itu tak ada salahnya jika terjadi masalah sinyal hilang atau tiba-tiba tidak ada diponsel kamu, pastikan nomer IMEI ponsel masih tersedia. Berikut cara mengecek nomer IMEI pada android :

  • Langkah pertama yaitu dengan cara mengecek dos book, biasanya tertera dibagian belakang.
  • Kemudian buka menu panggilan, selanjutnya ketik kode rahasia *#06#
  • Berikutnya, periksa nomer IMEI yang muncul apakah sudah sama dengan dos book. Bila mucul berarti ponselmu masih memiliki nomer IMEI, jika nomer IMEI yang muncul tak sama maka segera hubungi tukang servise hp kepercayaan anda.
  1. Kembali Ke Setelan Pabrik

Jika semua cara diatas belum mapu mengatasi masalah sinyal pada hp kamu, langkah terakhir yang bisa dilakukan sendiri adalah melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik. Ada baiknya sebelum melakukan langkah ini backup data-data yang dimiliki.

Nah, diatas merupakan cara mengatasi SIM Card terbaca tapi tidak ada sinyal, perlu diingat bila ingin mengatasi persolan sinyal seperti diatas pastikan perangkat ponsel pintar kamu tak mengalami kerusakan hardware misalnya kerusakan IC antena. Bila tak ada kerusakan pada IC antenna maka kamu bisa melakukan langkah-langkah sederhana seperti diatas tanpa harus melakukan factory reset. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick