Sponsors Link

20 Aplikasi Buatan Indonesia Terpopuler yang Mendunia

Sponsors Link

Berkembangnya smartphone berplatform Android menyebabkan munculnya berbagai aplikasi yang bukan hanya bermanfaat, tetapi juga keren dan variatif. Pengembang atau developer aplikasi-aplikasi keren ini bukan hanya developer dari luar negeri saja lho. Banyak juga aplikasi keren yang merupakan hasil karya anak bangsa dan pastinya sangat bermanfaat. Apa saja aplikasi karya anak bangsa tersebut? Yuk, simak 20 aplikasi buatan Indonesia berikut:

ads

20. Qlue – Smart City App

Qlue merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Qlue performa sebagai media informasi untuk membangun smart city. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat melaporkan masalah secara langsung kepada pemerintah kota. Pada awalnya, aplikasi ini dibuat untuk DKI Jakarta, namun kemudian dikembangkan pada beberapa kota lainnya seperti Pekanbaru, Probolinggo, Bima, serta Menado.

Selain dengan pemerintah kota, aplikasi ini juga bekerja sama dengan partner bisnis. Qlue telah menerima banyak penghargaan sejak tahun 2015. Pada tahun 2017, aplikasi ini mendapat penghargaan Google Launchpad Accelerator Program serta Indonesian Pavilion-Archipelageek di SXSW. Mekipun cukup baik dan inovatif, aplikasi yang memiliki ukuran download 17.82 MB ini masih sering mengalami sejumlah permasalahan teknis.

Baca juga: Hp Unik di Indonesia.

19. KAI Access

KAI Access merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh PT Kereta Api Indonesia untuk memberi info bagi pengguna yang ingin bepergian dengan kereta api. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna memesan tiket kereta api sendiri kapan saja dan dimana saja. KAI Access memiliki berbagai fitur yang mempermudah pengguna dalam membeli tiket secara online sehingga tidak perlu mengantri di stasiun kereta api untuk membeli tiket. Aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 2.22 MB ini, masih memiliki sejumlah kekurangan teknis yang sering terjadi, seperti bermasalah saat proses pendaftaran hingga server yang tidak merespon.

Baca juga: Hp Buatan Indonesia.

18. Catfiz Messenger

Pernah menggunakan aplikasi chat buatan anak bangsa? Indonesia juga punya aplikasi chat buatan sendiri loh, walaupun belum se-terkenal aplikasi chat raksasa seperti Line atau BBM. Aplikasi ini dibuat oleh PT Dunia Catfish Kreatif Media. Aplikasi yang telah dikembangkan sejak tahun 2012 ini, telah banyak digunakan di luar negeri seperti Arab Saudi, India, Jordania, Kuwait serta Venezuela.

Aplikasi yang memiliki tagline “The Ultimate Android Messenger” ini, mempunyai berbagai kelebihan seperti tidak membutuhkan biaya tambahan, penggunaannya yang mudah, ringan dan membutuhkan sedikit kuota, serta tidak adanya iklan bertebaran. Selain beberapa kelebihan tersebut, Catfiz juga memiliki fitur-fitur yang keren. Mulai dari fitur voice call dan video call, transfer file dengan fizzlink hingga 500 MB, streaming multimedia, hingga fitur jumlah anggota grup yang bisa mencapai 2000 pengguna. Namun, aplikasi asal Surabaya ini masih memiliki kekurangan yaitu belum dapat digunakan untuk mengirim maps atau lokasi, serta belum bisa menjangkau semua platform.

Baca juga: Aplikasi Chat Buatan Indonesia.

17. Liputan 6

Liputan 6 merupakan sebuah aplikasi besutan PT Kreatif Media Kara yang menghadirkan berbagai berita terkini. Mulai dari politik, peristiwa, berita selebritis, olahraga hingga gaya hidup. Aplikasi yang memiliki ukuran file download sebesar 10.9 MB ini, didukung oleh berbagai fitur seperti notifikasi berita terbaru, serta kolom komentar oleh pembaca. Salah satu fitur unggul yang dimiliki Liputan 6 adalah adanya berita yang disajikan dalam format audio visual. Fitur ini memungkinkan pengguna menikmati membaca berita dengan cara yang baru dan juga menyenangkan. Memiliki kualitas yang mumpuni, Liputan 6 mendapat penghargaan dalam Digital Marketing Award (DMA) sebagai produk digital terbaik untuk kategori News & Magazine App pada tahun 2016.

Baca juga: Hp Terlaris di Indonesia.

16. TTS Lontong

Pernah menonton acara kuis Waktu Indonesia Bercanda yang dibawakan oleh Cak Lontong? Sebuah aplikasi game dibuat berdasarkan kuis yang disiarkan di TV NET tersebut. Aplikasi game ini mengikuti konsep kuis Teka Teki Sulit (TTS) yang dimiliki oleh Waktu Indonesia Bercanda, dimana jawaban dari pertanyaan kuis cenderung diluar perkiraan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Gambir Game Studio ini memang bukan versi resmi yang dikeluarkan oleh WIB NET TV, tetapi aplikasi ini cukup populer dan telah didownload oleh lebih dari 1 juta pengguna. Pada versi beru yang dirilisnya, aplikasi berukuran 16.14 MB ini, dilengkapi dengan fitur kiri tebakan yang memungkinkan pengguna ikut berpartisipasi dan mengirim tebakan yang nantinya akan direview dan dijadikan tebakan pada aplikasi ini.

Baca juga: Game Android Terbaik Gratis.

Sponsors Link

15. Babe

Babe merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh sebuah developer Indonesia bernama Mainspring. Aplikasi ini akan menyajikan berita baru dan populer yang sesuai dengan minat pembaca. Ada berbagai pilihan kategori berita yang bisa dipilih dan dibaca, baik pada berita lokal maupun internasional. Selain berita yang melimpah, aplikasi ini juga menyediakan video hiburan yang menarik dan bisa disaksikan oleh pengguna. Babe juga dilengkapi dengan pilihan share dan kolom komentar. Sayangnya, aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 9.6 MB ini belum memiliki filter pada kolom komentar sehingga memungkinkan munculnya komentar-komentar spam yang cukup mengganggu.

Baca juga: Hp Termahal di Indonesia.

14. ICON POP Quiz

Merupakan sebuah aplikasi game unik yang dikembangkan oleh developer bernama Alegrium. Seperti namanya, pada aplikasi ini, pengguna perlu menebak icon atau petunjuk yang muncul. Jawaban dari pertanyaan ini dapat berupa orang, karakter, film, maupun acara TV yang terkenal. Semakin cepat dan akurat jawaban yang diberikan, maka semakin tinggi pula nilai atau score yang didapatkan oleh pengguna. Aplikasi dengan ukuran download sebesar 15.57 MB ini telah didownload oleh lebih dari 5 juta pengguna Google Play Store. Icon Pop Quiz telah mendapat penilaian sebesar 4.5 dari 5 poin. Kekurangan dari aplikasi Icon Pop Quiz ini adalah masih terlalu banyak iklan yang muncul ditengah permainan.

Baca juga: Game iPhone Gratis Terbaik.

13. Mivo

Tidak sempat menonton TV di rumah? Atau sedang bepergian ke luar kota dan tidak memiliki akses untuk menonton TV? Padahal sedang menantikan acara favorit yang sayang untuk dilewatkan. Jangan khawatir, karena saat ini Anda bisa menonton acara TV kesayangan Anda kapan saja dan dimana saja. Cukup mengandalkan smartphone Android, kuota internet yang Anda miliki dan aplikasi Android bernama Mivo TV. Mivo merupakan sebuah aplikasi yang akan menyediakan sejumlah acara siaran TV.

Pada aplikasi ini, Anda dapat langsung menonton acara TV favorit secara streaming. Saluran TV yang disediakan mencapai 50 saluran, mulai dari saluran TV lokal, nasional, hingga internasional. Penggunaannya juga praktis dan tidak memerlukan program pemutar video. Aplikasi TV Android ini memiliki kekurangan berupa banyaknya iklan yang bertebaran sehingga mengurangi kenyamanan menonton.

Baca juga: Cara Menghubungkan Android ke Layar TV.

12. Tahu Bulat

Tahu Bulat merupakan sebuah aplikasi game besutan Own Games yang terinspirasi oleh penjual gorengan tahu bulat dengan mobil keliling. Pada game ini, pengguna harus memainkan game dan berperan menjadi penjual tahu bulat. Pemain harus mengelola usaha tahu bulat dan mengembangkannya hingga menjadi sukses. Setelah mendapatkan cukup banyak uang, pemain dapat membeli bahan baku ataupun mobil dan sejumlah peralatan baru. Salah satu kelebihan dari aplikasi game ini adalah cara memainkannya yang cukup mudah.

Pemain hanya perlu men-tap layar ponsel agar tahu bulat yang dibuat terjual. Aplikasi ini memenangkan penghargaan Guilty Plesure dari 1st International Mobile Gaming Awards. Kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi berukuran 26.57 MB ini, adalah sering mengalami masalah teknis sehingga permainan yang telah dicapai hilang sebagian.

Baca juga: Hp Android Khusus Game.

Sponsors Link

11. Al Quran Indonesia

Merupakan sebuah aplikasi keagamaan yang diperuntukkan bagi umat muslim. Aplikasi yang dibuat oleh developer bernama Andi Unpam ini memiliki fitur penerjemah Alquran ke dalam bahasa Indonesia, didengarkan melalui audio mp3, dan ada juga fitur copy, bookmark, serta mark yang terakhir dibaca. Selain Alquran, aplikasi ini juga dilengkapi arah kiblat, jadwal waktu sholat, serta kalender hijriyah. Aplikasi yang memiliki ukuran file download sebesar 14.72 MB ini, memiliki kelebihan yaitu dapat dibaca secara offline atau tidak terhubung ke internet, serta memiliki desain tampilan pengguna yang ramah dan baik. Kualitas aplikasi ini telah dinilai oleh pengguna dan mendapat 4.7 poin.

Baca juga: Hp Termurah di Indonesia.

10. My Telkomsel

Merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Telkomsel khusus digunakan oleh pengguna KartuHalo, simPATI, Kartu AS dan pelanggan LOOP. Aplikasi ini mempermudah pengguna mengaktivasi paket data hingga top up credit. Pengguna juga dapat membuat akun dan akan memperoleh notifikasi dan promosi diskon. Aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 10.32 MB ini, memiliki kelebihan berupa mudah untuk dioperasikan serta memiliki tampilan pengguna yang sudah baik.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota.

9. PicMix

PicMix merupakan foto editor buatan anak bangsa yang cukup populer. PicMix merupakan buatan sebuah developer bernama Inovidea Magna Global yang berasal dari Jakarta. Aplikasi yang memiliki slogan “Foto Editor Keren” ini, mewujudkannya dengan mengusung berbagai efek dan filter yang kekinian dan juga keren. Ada juga fitur stiker dan frame yang akan mempercantik foto yang tengah diedit.

Selain fitur berupa efek maupun stiker, PicMix juga menyediakan fitur kolase foto dan video. Apalagi, pengguna bisa mengkustom kolase sesuai dengan keinginan. Aplikasi yang telah didownload lebih dari 10 juta pengguna ini, sering mengadakan kontes foto berhadiah secara berkala yang bisa diikuti oleh para pengguna aplikasi.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android.

8. Kamus Inggris (Kamusku)

Kamusku merupakan sebuah aplikasi kamus yang dikembangkan oleh Kedelokus Cipta Aplikasi. Kamusku menyediakan kosakata dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Mulai dari kata yang populer hingga kata – kata yang kurang populer, sehingga pengguna akan mudah dalam menemukan kata yang ingin dialihbahasakan.

Aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 7.78 MB ini, juga dilengkapi dengan fitur pelafalan kata, sinonim, serta penerjemahan kata. Kamus Inggris yang dapat didownload di Google Play Store ini, dapat diakses tanpa menggunakan kuota internet. Kamus Inggris telah didownload oleh lebih dari 10 juta pengguna, dan telah mendapat penilaian sebesar 4.3 poin.

Baca juga: Aplikasi Internet Gratis Android.

7. Tebak Gambar

Tebak gambar merupakan aplikasi permainan  yang dikembangkan untuk menguji imajinasi yang dimiliki oleh pengguna. Permainan ini akan menyediakan setiap level yang harus diselesaikan dengan menebak dan menggabungkannya menjadi kosakata maupun kalimat baru. Setiap pemain berhasil menyelesaikan sebuah level, pemain dapat menyelesaikan level selanjutnya yang memiliki lebih banyak jumlah kata. Aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 20.38 MB ini, telah mendapat penilaian sebesar 4.3 dari 5 poin.

Baca juga: Merk Hp Terbaik.

ads

6. Olx

Adalah Olx, sebuah aplikasi jual beli online terpercaya di Indonesia. Aplikasi yang dikembangkan oleh OLX Indonesia ini, memberikan fasilitas bagi para pengguna untuk dapat memasang iklan penjualan secara gratis dan cepat pada aplikasi ini. Olx memungkinkan pengguna menemukan tawaran penjualan barang unik yang ada di lokasi terdekat. Olx memiliki tampilan pengguna yang simpel namun bagus. Selain itu, aplikasi yang informatif ini juga memungkinkan penjualan pembeli berkomunikasi melalui aplikasi dan tidak perlu melalui nomor telepon.

Baca juga: Aplikasi Android Penghasil Uang.

5. Bukalapak

Bukalapak merupakan aplikasi bisnis online lainnya yang tengah berkembang di Indonesia. Sama seperti aplikasi jual beli online lainnya, aplikasi ini juga menghubungkan penjual barang dari berbagai wilayah di Indonesia dengan pembeli. Aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 10.35 MB ini, aman, cepat dan mudah untuk dioperasikan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Bukalapak adalah tampilan penggunanya yang cukup baik dan ramah bagi pengguna. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Bukalapak.com ini masih memiliki kekurangan, salah satu diantaranya adalah tidak terteranya tanggal kapan penjual terakhir kali memperbaharui informasi barang yang dijualnya.

Baca juga: Aplikasi iPhone Penghasil Uang.

4. Tokopedia

Satu lagi toko online yang populer di Indonesia. Tokopedia. Aplikasi ini mempertemukan penjual dengan pembeli di seluruh Indonesia. Pembeli dapat mencari barang dengan mudah pada berbagai kategori yang disediakan seperti pakaian, buku, hingga peralatan elektronik. Selain lebih mudah dan murah, kelebihan Tokopedia adalah lebih terpercaya karena Tokopedia akan melakukan verifikasi apakah uang sudah ditransfer oleh pembeli dan barang sudah dikirim oleh penjual. Verifikasi ini menghindarkan penipuan yang kerap terjadi ketika berbelanja online. Tampilan pengguna yang simpel juga membuat pengguna nyaman dalam menggunakannya. Meskipun begitu, Tokopedia masih memiliki kekurangan teknis yang sering terjadi, seperti error maupun notifikasi yang lambat.

Baca juga: Tips Membeli HP Online.

3. Traveloka

Sering bepergian ke luar kota atau luar negeri dengan pesawat terbang? Atau sering menginap di hotel saat keluar kota? Pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini bukan? Traveloka merupakan aplikasi buatan Indonesia untuk memesan tiket pesawat dan hotel. Aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan harga penerbangan dan hotel dengan harga termurah, tanpa adanya biaya pemesanan maupun biaya tersembunyi.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengombinasikan maskapai penerbangan untuk mendapat harga termurah. Aplikasi Traveloka bukan hanya mudah digunakan, tetapi juga memiliki tampilan pengguna yang baik dan nyaman digunakan. Dengan kualitas yang baik, tak heran apabila Traveloka telah mendapat sejumlah penghargaan, seperti misalnya sebagai juara pertama penghargaan brand terbaik untuk pemesanan tiket penerbangan dan hotel pada tahun 2015 dan 2016.

Baca juga: Cara Mengatasi Lag pada Android.

2. Detikcom

Detikcom merupakan salah satu aplikasi buatan Indonesia yang populer dan banyak di download. Aplikasi buatan PT Agranet Multicitra Siberkom. ini adalah bentuk lain dari situs berita online terbesar yang menyajikan berita – berita terhangat dan terpercaya (detik.com). Aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 8.52 MB ini, didukung oleh berbagai channel yang informatif, mulai dari detikNews, detikSport, detikFinance, detikHot, detikInet, detikHealth, detikFood, detikTravel , detikOto, hingga detikFoto. Bukan informatif, aplikasi detikcom ini juga sangat mudah diakses. Namun sayangnya, aplikasi berita ini mengandung iklan yang terlalu banyak dan mengganggu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Android.

1. Go-jek

Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone. Dikembangkan oleh developer PT Go-jek Indonesia, aplikasi ini merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai layanan online. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memudahkan semua aktivitas manusia agar bisa lebih cepat dan praktis. Awalnya Go-jek didirikan untuk mengurangi kemacetan yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Namun seiring waktu mulai merambah ke layanan lainnya, mulai dari ojek online, delivery makanan, beli pulsa, hingga cuci mobil. Aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 31.02 MB ini, memiliki tampilan pengguna yang baik dan mudah untuk digunakan. Jadi tidak heran bila Go-jek menjadi aplikasi buatan Indonesia terpopuler dan terbaik yang wajib Anda download.

Baca juga: Cara agar Smartphone Awet.

Demikian, sekilas informasi mengenai 20 aplikasi karya anak bangsa yang banyak digunakan oleh masyarakat. Yuk, ikut install dan dukung produk karya anak bangsa! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi