Categories: Tips & Trick

Cara Membuka File di Line yang Sudah Kadaluarsa

Maraknya aplikasi messenger yang tersebar di Google Play Store dan App Store milik Apple sungguh menguntungkan kita sebagai penikmat teknologi. Aplikasi-aplikasi messenger tersebut memberikan kemudahan bagi kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita maupun orang-orang yang jauh dari kita. Mustahil rasanya jika tidak menggunakan aplikasi messenger saat ini.

Mundur beberapa tahun ke belakang sebelum aplikasi messenger jumlahnya membludak seperti saat ini, masih jelas di ingatan kita bagaimana dulu diperlukan pulsa SMS untuk mengirimkan pesan singkat. Kini, SMS mulai ditinggalkan dan digantikan fungsinya oleh platform-platform instant messaging yang bisa diunduh secara gratis.

Berbagai aplikasi messenger pun saling berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Sebut saja Whatsapp yang merupakan satu dari sekian banyak aplikasi chat terbaik dengan jutaan unduhan di seluruh dunia. Saat ini, pengguna Whatsapp sudah menyentuh angka ratusan juta. Tak terbayang seberapa tenar aplikasi messenger yang satu ini bukan? Tak hanya Whatsapp, kompetitor-kompetitor lainnya seperti Line pun tak mau kalah mengejar popularitas Line. Line merupakan nomor berikutnya dari aplikasi chat terbaik yang tentu banyak dari anda yang sudah tahu aplikasi asal Korea Selatan yang satu ini.

Line menawarkan kemudahan berkomunikasi seperti layaknya aplikasi messenger lainnya. Satu yang menarik dari Line adalah banyaknya katalog sticker maupun tema yang bisa anda gunakan sepenuhnya di aplikasi Line dengan membelinya menggunakan koin terlebih dahulu. Tak heran berbekal penawaran ini, Line bisa mengumpulkan jutaan pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Line saat ini sudah bisa diunduh di semua tipe hp android dari vendor-vendor besar seperti Samsung, Oppo, Vivo, Lenovo, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, Line juga bisa digunakan di perangkat-perangkat Apple khususnya iPhone seperti iPhone X dan iPhone XR. Jangan lupa juga kalau anda juga bisa mengakses Line versi dekstop via PC atau komputer. Tentu saja dengan mengunduh software-nya terlebih dahulu, ya.

Lewat Line anda bisa melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan chatting. Aktivitas seperti mengirim file berupa foto, video, maupun dokumen melalui Line tentu sudah cukup sering anda gunakan. Fitur ini sungguh menarik untuk digunakan. Hanya dengan memanfaatkan jaringan internet, file-file berukuran besar bisa anda kirim menggunakan Line.

Namun, sebagus-bagusnya sebuah aplikasi, tetap saja akan ditemui sebuah bug atau lag di dalamnya. Line pun tak luput dari bug dan semacamnya yang tentu saja terkadang cukup merepotkan penggunanya. Selain masalah dimana Line tidak bisa mengirimkan pesan, para pengguna Line mengaku sering menemui kendala dimana mereka tidak bisa mengakses file yang sudah expired atau kadaluarsa padahal file tersebut sangat penting. Memang, Line memberikan jangka waktu tentu bagi file-file yang sudah tersimpan sebelum akhirnya terhapus secara permanen. Cara ini dinilai efektif untuk menjaga ukuran aplikasi serta cache dari Line itu sendiri. Lantas, bagaimana jika file yang sudah terhapus permanen tersebut sangat penting untuk anda? Mampukah kita mengembalikan file yang sudah expired tersebut? Jawabannya bisa.

Di bawah ini kami akan memberikan cara membuka file di Line yang sudah kadaluarsa yang dapat anda lakukan sendiri dengan mudah sehingga nantinya file yang sudah expired atau kadaluarsa dapat anda akses kembali. Dengan melakukan trik sederhana, anda bisa mengembalikan file yang sebelumnya tidak bisa dibaca lagi. Cara ini bisa digunakan di berbagai hp android seperti Samsung Galaxy A50.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu spesifikasi memori penyimpanan hp android anda. Umumnya, setiap hp android memiliki aplikasi penyimpanan berbagai macam file yang sudah ter-install secara default sejak hp pertama kali diaktfnya. Aplikasi ini biasanya bernama File Manager atau semacamnya. Silakan cari aplikasi serupa di hp android anda.
  2. Jika sudah menemukan aplikasi penyimpanan file yang berisikan berkas-berkas file anda, buka dan jalankan aplikasi tersebut. Untuk tahap ini, anda tidak memerlukan jaringan internet untuk mengaksesnya sehingga langkah kedua ini bisa anda jalankan secara offline.
  3. Di halaman pertama aplikasi penyimpanan file ini anda akan disuguhkan dengan dua opsi yang masing-masing menunjukkan direktori dimana anda menyimpan file-file anda. Opsi tersebut adalah Memori Internal dan Memori Eksternal. Jika anda menyematkan SD Card ke hp android anda, maka silakan pilih Memori Eksternal karena umumnya file Line akan tersimpan di sana. Namun, jika anda tidak menyematkan SD Card ke hp android anda, silakan pilih Memori Internal.
  4. Ketika salah satu direktori terbuka, anda akan disuguhkan kembali dengan beberapa folder yang menandakan letak dimana anda menyimpan file-file di hp android anda. Jumlahnya cukup banyak. Silakan pilih folder bertuliskan Android yang dapat dengan mudah anda temukan.
  5. Saat folder Android sudah terbuka, anda bisa memilih folder selanjutnya yang bertuliskan Data. Perlu diingat, langkah nomor 4 dan 5 ini mutlak dimana anda harus membuka folder yang bertuliskan Android kemudian Data.
  6. Di tahap ini anda akan kembali disuguhkan dengan beberapa folder lagi namun kini dengan nama-nama folder yang lebih variatif dan cenderung susah untuk dibaca. Silakan cari dan temukan file bernama “jp.naver.line.android”. Folder ini berisikan file-file yang sebelumnya sudah pernah diakses dan tersimpan di aplikasi Line.
  7. Setelah berhasil menemukan folder bernama “jp.naver.line.android”, anda bisa membuka folder tersebut kemudian cari dan temukan lagi folder dengan nama Storage yang dapat dengan mudah anda temukan.
  8. Sukses membuka folder Storage, buka lagi folder dengan nama Mo
  9. Sampai di sini, anda akan disuguhkan dengan berbagai file yang tersimpan di direktori Line. Jangan bingung dengan banyaknya folder yang disuguhkan. Anda bisa membukanya satu persatu untuk menemukan file dari Line mana yang ingin anda akses.
  10. Langkah terakhir, silakan cari folder “f” untuk menemukan file yang sebelumnya sudah pernah diunduh di Line.
  11. File dari Line pun kini bisa kembali anda akses.

Demikian artikel mengenai cara membuka file di Line yang sudah kadaluarsa ini sajikan untuk anda. Semoga cara membuka file di Line yang sudah kadaluarsa ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

 

Dio Pratama

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Sinyal 4G Tiba-tiba Hilang Paling Ampuh

Cara mengatasi sinyal 4G tiba-tiba hilang menjadi topik yang paling sering ditanyakan pengguna smartphone yang mengalami masalah konektivitas ini. Ya,…

2 years ago

Content Creator Wajib Tahu, Ini 5 Perbedaan TikTok dan Snack Video

Seiring berkembangnya jaman, ragam platform media sosial baru pun kian bermunculan. Jika satu dekade lalu Facebook, Twitter, dan Instagram mendominasi,…

2 years ago

6 Cara Mengatasi Kamera Terbalik saat Video Call

Cara mengatasi kamera terbalik saat video call seringkali membuat banyak pengguna kebingungan. Padahal, permasalahan seperti ini bisa diperbaiki dengan mudah.…

2 years ago

6 Penyebab Kamera WhatsApp Ngezoom Saat Video Call

Penyebab kamera WhatsApp ngezoom menjadi pertanyaan banyak orang yang mengalami error pada aplikasi chatting satu ini. Ya, selama ini WhatsApp…

2 years ago

Perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A, Pilih Mana?

Penasaran apa saja perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A? Ketiganya merupakan seri entry-level besutan Xiaomi yang cukup laris manis di…

2 years ago

7 Aplikasi Jual Beli NFT Paling Untung dan Terpercaya

Aplikasi jual beli NFT menjadi opsi yang menggiurkan untuk menghasilkan uang di interner. Tren NFT yang berkembang membuat beberapa aplikasi…

2 years ago