Sponsors Link

15 Aplikasi Chat Terbaik Android dan iPhone yang Terlaris

Sponsors Link

Dengan semakin maju dan berkembangnya dunia teknologi, maka memudahkan kita untuk terhubung dengan teman, saudara bahkan teman semasa kecil kita yang sudah lama tidak terdengar keberadaannya. Begitu banyak aplikasi sosial media yang bermunculan sepuluh tahun belakangan ini membuat kita sebagai user sangat dimanjakan dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Mulai dari room chat, telepon, pesan pribadi, bahkan video call sudah banyak diterapkan pada beberapa aplikasi sosial media yang ada.

ads

Sekali lagi kita sebagai user bisa dengan mudah memilih jenis sosial media mana yang akan kita gunakan untuk dijadikan alat komunikasi dengan teman, saudara, bahkan mitra kerja kita. Yang pasti user akan memilih sosial media dengan fitur komplit namun benar-benar berkualitas seperti cepat dalam mengirim pesan, photo, maupun video, jelas ketika kita sedang video call, serta kapasitas dari aplikasi sosial media tersebut tidak memakan kapasitas RAM yang ada pada ponsel kita.

Baca juga: Aplikasi Chat Buatan Indonesia.

Berikut penulis akan membuat daftar aplikasi chat terbaik yang sangat mendukung anda untuk dalam bertukar informasi melalui pesan singkat dengan teman, saudara atau rekan kerja anda:

1. WhatsApp

Bagi anda pengguna ponsel pintar pasti sudah tidak asing dengan aplikasi sosial media satu ini, WhatsApp dengan nama pasarannya WA. WA ini sendiri awalnya sudah bisa digunakan untuk ponsel yang sudah tersedia jaringan internet. Tidak hanya ponsel berbasis Android, WA tetap masih bisa diakses dan diinstal asalkan ponsel tersebut tersedia jaringan internetnya.

Mengingat WA dapat berjalan secara optimal dengan internet maka kita sebagai user harus selalu terkoneksi dengan internet. WA ini sendiri didirikan oleh mantan pegawai Yahoo bernama Brian Acton dan Jan Koum pada tanggal 24 Februari 2009. Di Indonesia sendiri WA mulai digunakan pada awal tahun 2010, mengingat pamor WA tidak sebesar BBM maka saat itu WA hanya digunakan oleh para pengguna Android dan ponsel yang sudah tersedia jaringan Internet semisal Nokia.

Baca juga: Prosesor Android Terbaik.

Seiring berjalannya waktu WA dapat tumbuh menjadi aplikasi sosial media yang banyak diunduh, bahkan Facebook memberikan dana sebesar US$ 19 milliar. Hal ini pula yang membuat WA menduduki urutan pertama untuk aplikasi chatting dengan unduhan terbanyak, terhitung sampai dengan bulan Juni 2017 WA sudah diunduh sebanyak 56.259.829 pengunduh.

Kelebihan :

  • Kita bisa mengirim pesan, bahkan disertai foto dan video.
  • Kita bisa melakukan video call dan panggilan suara.
  • Kita bisa mengirimkan file dalam bentuk doc, ppt, pdf, maupun excel.
  • Tersedia layanan WhatsApp Web dimana memudahkan kita untuk mengambil foto, video atau dokumen yang dikirimkan oleh teman atau rekan kerja kita melalui PC yang terhubung dengan WA kita.
  • Terdapat banyak emosional yang menyesuaikan dengan perasaan dan keadaan kita.
  • Kita juga dapat membuat group untuk melakukan chatting dengan teman-teman kita.
  • Kapasitas hanya 82,98 MB.an

Kekurangan :

  • Pada fitur video call masih sering terputus-putus, selain itu gambarnya tidak begitu jelas, tergantung koneksi internet kita.
  • Pada panggilan suara sering lambat dalam penyampaiannya.
  • Untuk fitur emoticonnya perlu dilakukan pembaharuan dan lebih variatif.

Baca juga: Aplikasi Android Termahal.

2. Instagram

Bagi penulis Instagram merupakan aplikasi sosial media yang memberikan tampilan berbeda dari aplikasi sosial media yang lainnya. Instagram mampu memadankan sebuah status dengan foto yang ada, sehingga apa yang kita tulis pada kolom status harus sinkron dengan foto yang kita unggah. Ide yang sangat simpel namun terkesan memiliki makna yang luas.

Instagram ini sendiri didirikan oleh CEO dari Burbn. Inc mereka bernama Kevin Systrom dan Mike Krieger di tahun 2010. Awal mulanya kedua CEO ini membuat suatu aplikasi dan aplikasi itu sudah dapat digunakan di iPhone, namun dirasa masih banyak fitur yang tidak perlu. Maka mereka berdua memutuskan untuk memikirkan ide baru dan tercetuslah Instagram, yang mana aplikasi sosial media dengan mengandalkan unggahan foto beserta kolom status serta terdapat kolom komentar.

Ternyata aplikasi simpel ini mampu berkembang pesat, sampai akhirnya pada tanggal 9 April 2012, Instagram bernasib serupa dengan WhatsApp diambil alih oleh Facebook dengan saham bernilai US$ 1 milliar. Jika dilihat dari jumlah pengunduhnya, Instagram menduduki urutan ke dua terhitung sampai dengan bulan Juni 2017 Instagram sudah diunduh sebanyak 50.919.271 pengunduh.

Kelebihan :

  • Kita dapat memposting foto dan video.
  • Tersedia fitur edit foto dan video.
  • Terdapat kamera untuk melakukan perekaman momen kegiatan anda.

Kekurangan :

  • Masih berkonsep posting foto dan kolom komentar, mungkin perlu dilakukan pengembangan yang lebih luas.
  • Ukurannya cukup besar yaitu 73,64 MB.

Baca juga: Aplikasi Download Film di Android.

3. Facebook Messenger

Aplikasi ini merupakan pendukung dari sosial media Facebook, seperti yang kita ketahui bahwa pada Facebook terdapat fitur pesan, dimana kita dapat mengirim pesan secara pribadi kepada teman kita. Dengan adanya Facebook Messenger kita dapat dimudahkan dalam berkomunikasi dengan teman kita. Anda tidak perlu membuka Facebook dan mencari profil teman yang akan kita kirimi pesan, dengan Facebook Messenger anda dapat langsung mengirim pesan kepada teman yang anda tuju karena sudah diatur seperti kontak telepon.

Aplikasi ini cukup membantu dan disukai para pengguna Facebook, terbukti Facebook Messenger menduduki urutan ke tiga jika dilihat dari jumlah pengunduhnya, terhitung sampai dengan bulan Juli 2017 Facebook Messenger sudah diunduh sebanyak 45.717.671 pengunduh.

Kelebihan :

  • Anda dapat mengirim pesan berupa tulisan, foto, dan video.
  • Anda juga dapat melakukan panggilan suara dan video call.
  • Terdapat emosional yang lucu sehingga menambah keseruan anda dalam ber-chatting dengan teman anda.

Kekurangan :

  • Pada fitur panggilan suara dan video masih sering mengalami trouble, kadang ketika kita menggunakannya sering tidak terhubung dengan teman yang kita tuju.
  • Ukurannya cukup besar yaitu 172 MB.

Baca juga: Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV.

Sponsors Link

4. Snapchat

Snapchat merupakan aplikasi chatting yang menawarkan fitur menarik dan berbeda, sehingga aplikasi ini banyak disukai oleh anak muda. Namun tidak hanya anak muda saja aplikasi ini bahkan sering digunakan oleh artis-artis dunia. Konsep yang ditawarkan adalah foto yang terdapat efek stiker lucu dan menarik sehingga dapat menghibur kita disaat jenuh dan lelah. Selain itu anda juga dapat membagi foto berstiker lucu tersebut pada teman anda di room chatting.

Meski konsep yang ditawarkan cukup simpel namun aplikasi ini mampu menduduki urutan keempat dari segi jumlah pengunduhnya dimana terhitung sampai dengan bulan Juni 2017 Snapchat sudah diunduh sebanyak 12.557.396 pengunduh.

Kelebihan :

  • Anda dapat mengirim pesan tulisan, foto dan video.
  • Terdapat efek stiker dengan berbagai macam jenis untuk menambah kelucuan pada foto dan video anda.
  • Terdapat fitur panggilan suara dan video call.

Kekurangan :

  • Pada Snapchat foto dan video yang kita posting akan hilang begitu saja sehingga hal ini cukup menjengkelkan bagi sebagian pengguna aplikasi ini.

Baca juga: Cara Menjadikan Android sebagai Modem.

5. BlackBerry Messenger

Aplikasi chat terbaik selanjutnya adalah BlackBerry Messenger atau dikenal dengan nama BBM, menurut penulis BBM adalah sebagai pionir aplikasi chatting untuk ponsel pintar. Diawal kemunculannya BBM sangat menguasai pasar khususnya di Indonesia dimana saat itu ponsel dengan merek BlackBerry menjadi barang yang begitu berharga bagi sebagian masyarakat Indonesia.

BBM dianggap mempunyai banyak kemudahan bila dibandingkan dengan SMS, dimana kita dapat mengirim pesan dan foto dengan tampilan yang lebih menarik. Namun memasuki tahun 2011, BBM mendapat banyak pesaing seperti WA dan Path sehingga aplikasi ini banyak ditinggalkan penggunanya mengingat tampilan dan room chatnya monoton. Sampai akhirnya pada tahun 2013, Google resmi menanam saham senilai IDR 54 Triliun kepada BlackBerry, dengan langkah ini memberikan angin segar bagi BBM, yang mana sebagai produk unggulan dari BlackBerry.

Mengingat Blackberry telah dibeli Google maka BBM dapat diunduh di App Store dan Play Store, hal ini membuat BBM kembali banyak diunduh para pengguna ponsel pintar. Berdasarkan beberapa situs berita teknologi BBM telah dibeli oleh salah satu perusahaan asal Indonesia yang bergerak dibidang teknologi dan komunikasi senilai IDR 2,9 triliun di tahun 2016. Maka dengan adanya perubahan status kepemilikan di awal tahun 2017 BBM memberikan tambahan fitur-fitur baru yang hampir sama dengan Facebook, dimana kita dapat mengunggah foto dan menambahkan status baru kita tanpa merubah profil DP yang kita pasang.

Selain itu terdapat pula layanan berita online, game, lokasi, layanan pulsa dan PLN, stiker lucu dan masih banyak lainnya. Dengan semakin dilakukan perubahan secara drastis tanpa merubah ide awal dari BBM, aplikasi ini menduduki urutan ke lima jika dilihat dari jumlah penggunanya, terhitung sampai dengan bulan Juni 2017 aplikasi ini diunduh sebanyak 12.077.095 pengunduh.

Kelebihan :

  • Anda dapat mengirim pesan tulisan, foto dan video.
  • Terdapat layanan panggilan suara dan video call.
  • Anda dapat mengatur lokasi anda berada.
  • Terdapat fitur waktu pengiriman.
  • Terdapat fitur tambahan seperti situs berita online, stiker, game, layanan pulsa dan PLN, dan lain-lain.

Kekurangan :

  • Pada panggilan suara dan video call sering terjadi trouble, seperti suara tidak jelas dan terputus-putus.
  • Ketika mengirim foto ukurannya menjadi berkurang sehingga mengurangi kualitas foto.
  • Ketika pengiriman video masih sering gagal meski kita terkoneksi dengan internet yang kuat semisal wifi.

Baca juga: Cara Mengatasi Android Restart Sendiri.

6. Twitter

Sosial media satu ini mungkin hampir setara dengan Facebook, namun seiring berjalannya waktu Twitter berkembang menjadi sebuah platform jejaring sosial yang lebih mengedepankan informasi berita baik itu politik, sosial, dan budaya. Selain dijadikan sebagai ajang beberapa perusahaan media terkemuka baik dunia maupun Indonesia, Twitter juga dijadikan fanspage bagi beberapa artis dan petinggi negara.

Hal yang menarik dari Twitter adalah terdapat fitur trending topik yang mana sudah diklasifikasikan di masing-masing negara, wilayah bahkan dunia. Sehingga sudah tidak kaget lagi jika percepatan informasi berita yang ada di Twitter menjadi sorotan utama baik di dunia maupun di Indonesia.

Twitter juga menyediakan direct message yang mana kita bisa melakukan chat dengan teman bahkan orang yang kita follow. Keberadaan Twitter khususnya di Indonesia sangat berkembang secara pesat, beberapa kali Jakarta dijadikan sebagai kota pengguna Twitter terbanyak di dunia, selain itu Indonesia menjadi negara pengguna Twitter terbanyak di dunia. Twitter juga meluncurkan aplikasi untuk ponsel pintar, jika dilihat dari jumlah penggunanya Twitter menduduki urutan ke enam dengan jumlah pengguna sebanyak 9.841.567 pengunduh terhitung sampai dengan bulan Juni 2017.

Kelebihan :

  • Tersedia layanan room chat berupa direct message, dimana anda dapat mengirim pesan, foto dan video.
  • Terdapat emosional yang berbagai macam kebutuhan.
  • Anda dapat melakukan update status.
  • Terdapat fitur trending topik dimana sangat seru untuk dibaca.
  • Terdapat fitur poling sementara sangat cocok untuk mini survei.
  • Terdapat fitur live video.

Kekurangan :

  • Belum tersedia fitur untuk panggilan suara dan video call.
  • Pada kolom status sangat dibatasi untuk penulisannya yaitu hanya 140 karakter.

Baca juga: Aplikasi GPS Android Terbaik.

Sponsors Link

7. Skype

Skype di awal kemunculannya adalah menawarkan aplikasi video call yang terhubung dengan Facebook. Dimana saat itu Facebook belum mempunyai fitur untuk video call,bagi penulis Skype menjadi pionir dalam aplikasi video call. Hasil rekam gambar dan suara yang dilakukan Skype juga cukup bagus.

Skype merupakan bagian dari Microsoft, jargon yang diusung dari Skype adalah memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan teman anda baik dengan ponsel maupun TV dan komputer. Sampai dengan saat ini Skype menduduki urutan ke tujuh sebagai aplikasi chatting untuk pengguna Android, dimana Skype sudah diunduh sebanyak 9.841.567 pengunduh terhitung sampai dengan bulan Juni 2017.

Kelebihan :

  • Terdapat layanan pesan tulis, foto dan video.
  • Fitur video call sangat cukup bagus dan jelas.
  • Terdapat fitur video call yang mana bisa dilakukan lebih dari 2 orang bahkan bisa mencapai 25 orang (group).
  • Dapat dipasang di komputer dan TV pintar.

Kekurangannya :

  • Perlu penyempurnaan untuk fitur video call.
  • Untuk memulai dalam melakukan panggilan waktu deringnya cukup lama kadang sering gagal.

Baca juga: Aplikasi Anti Lemot.

8. LINE

Aplikasi satu ini diawal kemunculannya mungkin dipandang sebelah mata, mengingat mengusung tema remaja dengan berbagai macam emo lucunya. Pengguna LINE ini sendiri lebih banyak didominasi kalangan anak sekolahan dan mahasiswa. Sekali lagi dengan menonjolkan berbagai macam stiker lucu sepertinya LINE lebih bersahaja dengan kawula muda.

LINE merupakan aplikasi pesan singkat besutan dari negara Samurai, di tahun 2011 LINE resmi diluncurkan. Meski di Indonesia LINE lebih banyak digunakan para kawula muda namun keberadaan LINE ini mampu menduduki urutan pertama sebagai aplikasi pesan singkat di 42 negara. Namun untuk junlah pengunduh di Android LINE menduduki peringkat ke delapan dengan jumlah pengunduh sebanyak 9.687.220 pengunduh terhitung sampai dengan bulan Juni 2017.

Kelebihan :

  • Dapat melakukan pengiriman pesan tulis, foto, video.
  • Terdapat stiker lucu yang menambah keceriaan dalam berchatting.
  • Terdapat panggilan suara dan video call.
  • Anda dapat menggabungkan LINE dengan komputer.

Kekurangan :

  • Untuk panggilan suara dan video call masih sering mengalami trouble.

Baca juga: Aplikasi iPhone Penghasil Uang.

9. WeChat

Setelah LINE diluncurkan masih di tahun yang sama aplikasi pesan singkat untuk ponsel pintar besutan dari negeri tirai bambu dengan nama WeChat dipromosikan ke pasar internasional. Aplikasi ini juga hampir sama dengan aplikasi pesan singkat yang lainnya, dimana terdapat fitur pesan tulisan, foto, video panggilan suara dan video call. Terhitung sampai dengan bulan Juni 2017 We Chat menduduki peringkat ke sembilan untuk jumlah pengunduhnya dimana terhitung sebanyak 5.061.060 pengunduh.

Kelebihan :

  • Terdapat pesan tulisan, foto, video.
  • Terdapat panggilan suara dan video call.
  • Anda dapat melakukan video call lebih dari 2 orang bahkan sampai 9 orang.
  • Terdapat stiker lucu.
  • Terdapat lokasi dimana anda melakukan chatting atau panggilan suara.
  • Terdapat translate bahasa.

Kekurangan :

  • Hampir sama dengan aplikasi yang sering terjadi trouble saat melakukan panggilan suara dan video call.

Baca juga: Aplikasi Internet Gratis Android.

ads

10. Imo

Aplikasi pesan singkat satu ini memberikan kemudahan ketika kita mendapatkan notifikasi dari beberapa sosial media yang kita miliki, dimana hanya dengan Imo anda dapat melihat notifikasi tersebut. Prinsipnya hampir sama dengan aplikasi yang lainnya, dimana anda dapat mengirim pesan, foto, video dan melakukan panggilan suara dan video call. Berdasarkan dari jumlah pengunduhnya, Imo menduduki urutan ke sepuluh dengan jumlah pengunduh sebanyak 3.779.648 pengunduh terhitung sampai dengan bulan Juni 2017.

Kelebihan :

  • Bisa melakukan kirim pesan, foto, dan video.
  • Terdapat panggilan suara, dan video call.
  • Terdapat stiker lucu
  • Terkoneksi dengan sosila media yang lainnya sehingga cukup dengan Imo anda dapat melihat sosial media anda.

Kekurangan :

  • Masih sering terjadi trobel pada panggilan suara dan video call.

Baca juga: Aplikasi Pemutar Musik iPhone.

11. Google Hangouts

Tidak mau kalah  dengan perusahaan start up yang lainnya Google juga meluncurkan aplikasi serupa dengan nama Google Hangouts. Pada aplikasi ini juga hampir sama dengan aplikasi pesan singkat lainnya. Terdapat layanan pesan tertulis, foto, dan video, selain itu anda juga dapat melakukan video call group sama seperti Skype. Berdasarkan jumlah pengunduhnya, aplikasi ini menduduki perangkat ke 11 dengan jumlah pengunduh sebanyak 2.882.038 pengunduh terhitung sampai dengan bulan Juni 2017.

Kelebihan :

  • Terdapat layanan pesan singkat, foto, dan video.
  • Terdapat fitur panggilan suara dan video call.
  • Terdapat fitur video call group dimana lebih dari 10 orang.
  • Anda juga dapat membagikan lokasi anda.
  • Anda juga dapat membagikan status anda.

Kekurangan :

  • Hampir sama dengan aplikasi yang lain sering terjadi trobel pada panggilan suara dan video call.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android.

12. Telegram

Aplikasi satu ini mungkin sepintas hampir sama dengan whatsApp dimana mulai dari tampilan room chattingnya sampai dengan tampilan profilnya. Selain tersedia untuk Android dan iOS, telegram messenger juga sudah tersedia di Windows Phone dan komputer atau PC.

Jika dilihat dari umurnya telegram patut diapresiasi, dimana di usianya yang baru 4 tahun sudah mampu mengimbangi beberapa aplikasi serupa yang lebih dahulu rilis. Terhitung sampai dengan bulan Juni 2017, Telegram Messenger sudah diunduh sebanyak 2.480.149 pengunduh, dan angka ini membawa telegram messenger menduduki peringkat ke 12.

Kelebihan :

  • Anda dapat mengirim pesan dan mengirim foto maupun video.
  • Anda dapat melakukan panggilan suara.
  • Di awal tahun 2017 Telegram menambah fitur baru yaitu voice call.
  • Dilihat dari segi keamanan dalam melakukan chatting, telegram sangat aman bila dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.
  • Terdapat stiker lucu.

Kekurangan :

  • Karena masih baru maka perlu penambahan fitur yang lebih menarik.

Baca juga: Aplikasi untuk Membuat Video Animasi.

13. KakaoTalk

Setelah Jepang dan Cina, Korea juga tidak mau kalah didunia aplikasi pesan singkat, dimana pada tahun 2010 Korea meluncurkan KakaoTalk, sebuah aplikasi pesan singkat yang hampir sama dengan aplikasi pesan singkat lainnya. Awalnya aplikasi ini ditujukan untuk pengguna Android dan iOS namun pada tahun 2011 KakaoTalk meluncurkan versi beta dimana dapat digunakan bagi pengguna BlackBerry.

Sampai dengan bulan Juni 2017 KakaoTalk sudah diunduh sebanya 2.418.678 pengunduh dan hal ini membawa KakaoTalk menduduki urutan ke tiga belas.

Kelebihan :

  • Anda dapat mengirim pesan singkat, foto dan video
  • Anda dapat melakukan panggilan suara
  • Jika anda bosan dengan suara asli anda maka anda dapat mengganti suara yang lainnya dengan efek yang ada
  • Stiker yang lucu sehingga menambah keseruan anda dalam berchatting
  • Dapat dioprasionalkan pada PC atau Komputer
  • Terdapat fitur lokasi.
  • Terdapat game seru.

Kekurangan :

  • Perlu dilakukan tambahan fitur baru.

Baca juga: Aplikasi Android Penghasil Uang.

14. Path

Sosial media satu ini mungkin pantas jika dijadikan pesaing dari Instagram dimana konsep yang ditawarkan hampir sama dengan Instagram. Namun bagi penulis Path lebih juara mengingat penulis penggemar film dan penikmat musik Path bisa kita andalkan untuk membagi film dan musik kesukaan kita kepada teman-teman kita.

Path didirikan pada tahun 2011 dan sampai dengan bulan Juni 2017 aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 1.483,135 pengunduh. Jika dibandingkan dengan Instagram memang Path kalah telak, namun hal itu tidak menyurutkan Path untuk berkembang dan berinovasi.

Kelebihan :

  • Anda dapat menggunggah foto dan video kesukaan anda.
  • Terdapat kolom komentar.
  • Anda dapat membagikan film dan musik kesukaan anda.
  • Terkoneksi dengan Facebook dan Twitter anda.

Kekurangan :

  • Belum tersedia panggilan suara dan video call, masih sekedar sosial media saja.

Baca juga: Aplikasi Android Berbayar Tercanggih, Aplikasi Edit Foto Terbaik iPhone.

15. Google Duo

Kembali lagi Google meluncurkan aplikasi yang dikhususkan untuk video call, Google menjanjikan video dengan kualitas bagus. Terhitung sampai dengan bulan Juni 2017, Google Duo sudah diunduh sebanyak 541.532 pengunduh, dan hal ini menjadikan aplikasi chat terbaik ini menduduki urutan ke 15. Kembali pada konsep awal Google Duo ditujukan bagi anda yang senang melakukan video call.

Kelebihan :

  • Menyediakan fitur video call.
  • Menyediakan panggilan suara.
  • Kualitas video bagus.

Kekurangan :

  • Perlu dilakukan penambahan fitur pendukung lainnya.

Baca juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik.

Diatas merupakan daftar aplikasi sosial media dan aplikasi pesan singkat yang banyak diunduh para pengguna Android. Silahkan untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan dan pendukung kegiatan anda, yang pasti pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kemampuan ponsel anda, ingat jangan terlalu banyak mengunduh dan menginstall aplikasi lebih dari tiga aplikasi. Selain kepentingan kapasitas RAM kita juga harus waspada akan virus serta penyadapan yang akhir-akhir ini semakin marak. Sehingga pilihlah aplikasi yang benar-benar bermanfaat tanpa mengganggu kinerja dari ponsel anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi